Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

10 Orang Terkaya di Indonesia

by hanna on 8 Desember, 2014

Siapa yang tak kenal BCA, Gudang Garam, dan Indofood? Para pemilik perusahaan ini dan tujuh pengusaha lainnya baru saja dinobatkan menjadi orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes pada Desember 2014. Update Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes 2015

 

Dikutip dari Forbes.com, dengan total kekayaan US$ 55,5 miliar atau sekitar Rp 666 triliun, menunjukkan penghasilan dari bisnis rokok dan perbankan menjadi sumber pemasukan terbesar bagi orang kaya nomor satu di Indonesia. Berikut adalah 10 orang teratas yang masuk dalam daftar tersebut; (Baca juga: 10 Kunci Kebebasan Finansial ala Robert Kiyosaki)

Berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia 2014:

1. Robert Budi & Michael Hartono (USD 16,5 miliar atau Rp 198 triliun)

Kekayaan dua bersaudara ini berasal dari pemasukan Grup Djarum senilai US$ 1 miliar (Rp 12 triliun) serta kenaikan harga saham PT Bank Central Asia Tbk hingga 50% dalam setahun terakhir ini. Optimisme pasar terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo menjadi faktor kenaikan saham tersebut.

2. Susilo Wonowidjojo (USD 8 miliar atau Rp 96 triliun)

Meski hanya setengah dari harta peringkat satu, penerus bisnis Gudang Garam ini berhasil menempati urutan kedua. Susilo bisa menambah pemasukan perusahaan rokok asal Jawa Timur ini setelah panen tembakau tahun lalu mengalami penurunan.

3. Anthoni Salim (USD 5,9 miliar atau Rp 70,8 triliun)

Terkenal dengan perusahaan Indofood, Grup Salim berhasil meraup untung dan merambah industri lain seperti telekomunikasi, ritel, properti, hingga perbankan.

4. Eka Tjipta (USD 5,8 miliar atau Rp 69,6 triliun)

Setelah harga komoditas perkebunan turun, bos Sinarmas ini beralih dari bisnis sawit ke usaha baja. Pria berumur 91 tahun ini mencoba kerja sama dengan Wuhan Iron & Steel asal Tiongkok, melalui Golden Agri-Resources, untuk membangun bisnis baja di Indonesia.

5. Sri Prakash Lohia (USD 4,4 miliar atau Rp 52,8 triliun)

Kekayaan produsen aneka bahan kimia ini berasal dari perusahaan Indorama miliknya, ditambah lagi dengan 66% saham Industries Chimiques du Sénégal yang baru saja dibeli, yakni salah satu produsen bahan kimia terbesar di Afrika Selatan.

(Baca juga: Daftar Orang Terkaya di Indonesia 2016 Terbaru yang Masuk The Panama Papers)

6. Chairul Tanjung (USD 4,3 miliar atau Rp 51,6 triliun)

Harta mantan Menko Perekonomian ini berasal dari konglomerasi CT Corp, mulai dari bisnis media, taman hiburan, perbankan, serta ritel. Kekayaan pria berumur 52 tahun ini pun bertambah dengan hadirnya CNN Indonesia akhir tahun ini, hasil kerja sama dengan Turner Broadcasting.

7. Boenjamin Setiawan (USD 3,5 miliar atau Rp 42 triliun)

Pria yang sering disapa dokter Boen ini adalah pemilik Rumah Sakit Mitra Keluarga sekaligus pendiri perusahaan Kalbe Farma yang dibentuk bersama saudaranya pada 1966 dan kini termasuk dalam perusahaan obat terkemuka di Indonesia.

8. Mochtar Riady (USD 2,7 miliar atau Rp 28,8 triliun)

Grup Lippo bentukan pria berumur 85 tahun ini berhasil membuatnya masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia. Sekarang, komisaris Grup Lippo ini menyerahkan perusahaan untuk dijalankan oleh dua anaknya, Stephen di Singapura dan James di Indonesia.

9. Peter Sondakh (USD 2,3 miliar atau Rp 27,6 triliun)

Pria yang memulai bisnis ayahnya pada 1984 ini sekarang berhasil mengembangkan usaha investasi dalam naungan Grup Rajawali dan menjadikan perusahaan ini sebagai induk beberapa perusahaan di berbagai industri.

10. Sukanto Tanoto (USD 2,1 miliar atau Rp 25,2 triliun)

Urutan terakhir ditempati oleh pemimpin usaha the Royal Golden Eagle International (RGEI), yang dulu dikenal dengan Raja Garuda Mas. Sukanto berhasil menjalankan industri pengolahan kayu dan kehutanan yang dimulai sejak 1972.

Dari keseluruhan daftar yang ada, menariknya dari 50 orang yang masuk dalam daftar orang Indonesia ada empat pengusaha menjadi pendatang baru jajaran orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Mereka adalah pemilik taksi Blue Bird, Purnomo Prawiro; Presiden Direktur Gunung Sewu Kencana Husodo Angkosubroto; pemilik perusahaan PT Sawit Sumbermas Sarana, Abdul Rasyid; dan pengusaha jamu pemilik PT Sido Muncul, Irwan Hidayat.

Ingin tetap kaya dengan cara selalu berhemat dengan membandingkan berbagai produk finansial? anda bisa mencoba memulai dengan investasi deposito atau Logam Mulia.

Tentang Penulis

Social media writer, coffee lover, twenty-something.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami