Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

3 Fakta Anda Wajib Punya Asuransi Perjalanan

by JTO on 11 November, 2014

Dari perlindungan yang berbeda hingga syarat wajib untuk mengunjungi negara tertentu, menjadi fakta asuransi perjalanan sangat penting. Berikut adalah penjelasannya.

Karena manfaatnya, asuransi perjalanan memiliki peranan yang sangat penting bagi masyarakat, baik yang melakukan perjalanan domestik maupun perjalanan internasional. Sayangnya, banyak orang yang masih belum tahu tentang manfaat asuransi perjalanan. Bahkan, ada data dari World Tourism Organization yang menyatakan bahwa 95% pelancong asal Indonesia tidak terlindungi asuransi perjalanan.

Berikut, adalah 3 fakta yang wajib Anda ketahui bahwa Anda sangat membutuhkan asuransi perjalanan. Dengan membaca 3 fakta ini, Anda mungkin tidak akan berpikir 2 kali untuk memiliki asuransi perjalanan.

Beda Perlindungan Dibanding Asuransi yang Sudah Anda Miliki

Walau mencakup perlindungan kesehatan dan jiwa, asuransi perjalanan memiliki perlindungan yang berbeda dibanding asuransi lainnya.

Umumnya, risiko yang dicakup oleh manfaat asuransi perjalanan terdiri dari kondisi darurat dan non-darurat. Risiko darurat adalah ketika Anda mengalami sakit atau kecelakaan dalam periode perjalanan, dan Anda pun akan memperoleh manfaat penggantian biaya pengobatan.

(Baca: 5 Alasan Anda Harus MIliki Asuransi Perjalanan)

Sedangkan untuk risiko non-darurat adalah hal terkait perjalanan yang biasanya terkait ketidaknyamanan perjalanan. Manfaat yang diperoleh adalah berupa santunan untuk keterlambatan penerbangan dan bagasi, biaya penggantian bagasi yang rusak atau hilang, penggantian hilangnya dokumen perjalanan, dan penggantian untuk pembatalan perjalanan.

Perlindungan dan manfaat itulah yang tidak dijamin dalam asuransi jiwa, asuransi kecelakaan diri atau kesehatan yang mungkin sudah Anda miliki. Sebab, manfaat-manfaat tersebut hanya bisa didapat dari asuransi perjalanan.

Jadi Syarat Wajib Jika Berkunjung Negara Visa Schengen

Karena menganggap asuransi travel atau asuransi perjalanan menjadi hal yang penting, beberapa negara sampai menjadikan salah satu syarat untuk mengajukan visa ke negaranya adalah dengan memiliki asuransi perjalanan ke luar negeri yang dapat menanggung jumlah minimal tertentu.

Salah satunya adalah ketika Anda ingin berkunjung atau melakukan perjalanan ke negara-negara yang memiliki Visa Schengen, yaitu visa yang dimiliki untuk beberapa negara Eropa seperti Norwegia, Belanda, Jerman, Spanyol, Portugis, dan lainnya.

Jadi, Jika Anda berencana mengunjungi salah satu dari negara-negara tersebut, sudah pasti Anda diwajibkan untuk melamar Visa Schengen. Sekitar 25 negara tergabung dalam negara yang memakai Visa Schengen ini. Diantaranya adalah Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxembourg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss.

Jadi, bila Anda mendapatkan visa, selanjutnya Anda dapat melakukan perjalanan ke berbagai negara yang tergabung tanpa harus mengajukan permohonan visa ke masing-masing kedutaan negara. Nantinya, bersama dengan formulir aplikasi Visa Schengen, Anda akan menyerahkan polis asuransi perjalanan dan sertifikat yang memenuhi persyaratan asuransi perjalanan Visa Schengen kepada Konsulat negara yang dituju.

Cukup 5 Dolar, Harta Benda yang Anda Tinggalkan di Rumah Juga Dapat Perlindungan

Asuransi perjalanan tidak hanya bermanfaat bagi diri Anda secara pribadi, tapi juga orang-orang di sekitar. Terkait perlindungan harta benda, tidak hanya barang yang Anda bawa selama perjalanan saja yang akan dilindungi, namun juga harta benda yang Anda tinggalkan di rumah. Bahkan, bila terjadi risiko sakit, kecelakaan, hingga meninggal dunia, ada pula pertanggungan pemulangan seorang nasabahnya ke negara asal atau tempat tinggal.

Berapa premi yang harus dibayar? Dari beberapa asuransi perjalanan yang kami bandingkan, rata-rata perusahaan asuransi hanya menetapkan premi 5 dolar per individu untuk perjalanan selama 4 hari ke negara ASEAN dan 16 dolar untuk kunjungan ke seluruh dunia. Dengan perlindungan luas yang diberikan, artinya premi yang harus Anda bayar cukup murah bukan?

Jadi, apakah Anda punya rencana liburan untuk akhir tahun ini? Segera sertakan asuransi perjalanan untuk liburan Anda sekarang juga, dan bandingkan premi menguntungkan di CekAja!

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.