Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

4 Hal Ini Jadi Mahal Karena Dianggap Membawa Hoki

by Surtan Siahaan on 2 Februari, 2016

Orang Tionghoa adalah kaum yang percaya setiap segi dalam kehidupan manusia memiliki arti sendiri dan bisa membawa keberuntungan.

Tidak heran jika mereka berani membeli atau menebus sesuatu yang dianggap membawa hoki dengan harga mahal. Sebab, uang yang digunakan untuk membeli barang tersebut diyakini akan kembali berlipat-lipat karena efek positif yang dipancarkan oleh barang-barang tersebut.

Apa saja sih hal yang jadi mahal lantaran dianggap hoki? Berikut ini jawabannya:

Rumah bernomor 8

Bagi orang Tionghoa, rumah adalah tempat yang paling penting. Posisi dan penataan rumah yang salah dianggap akan membawa dampak negatif bagi penghuninya.

Orang-orang Tionghoa pun meyakini nomor rumah punya arti penting bagi peruntungan penghuninya. Rumah bernomor 8 adalah salah satu yang paling diincar orang Tionghoa karena diyakini membawa keberuntungan dan kemakmuran.

Tidak heran, orang-orang Tionghoa yang menjadi investor properti berani membeli rumah bernomor 8. Sejumlah developer pun membanderol rumah bernomor 8 dengan harga yang lebih mahal dibanding yang lainnya.

(Baca juga: 5 Cara Mencegah Kantong Jebol Selama Imlek)

Nomor telepon 8888 8888

Masih berkaitan dengan angka, nomor telepon yang bagi kebanyakan orang bukan hal istimewa justru dipandang sebaliknya oleh orang Tionghoa.

Bahkan, bagi pebisnis Tionghoa, nomor yang cantik dianggap akan membawa hoki bagi usahanya sehingga bisa sukses dalam berbisnis.

Salah satu bukti dari keyakinan ini terjadi saat Sichuan Airlines, salah satu maskapai asal China, membeli nomor telepon cantik dengan nomor 8888 8888 seharga US$ 300.000 atau setara Rp 3,6 miliar pada tahun 2003 lalu.

Ikan arwana

Sejumlah hewan juga dianggap membawa peruntungan apabila dipelihara. Salah satu yang bernilai jual fantastis lantaran dianggap membawa hoki adalah ikan arwana.

Bagi orang Tionghoa yang fanatik, seekor arwana yang membawa hoki bisa dibanderol hingga puluhan juta rupiah. Di antara ikan cantik ini, jenis super red yang memiliki warna merah keemasan dianggap paling membawa hoki.

Tidak heran, harga seekor arwana super red berukuran 60 cm bisa mencapai Rp 80 juta.

(Baca juga: 5 Makanan Ini Bisa Bawa Hoki Jika Disantap Saat Imlek)

Giok

Bagi orang Tionghoa, giok adalah perhiasan yang paling membawa keberuntungan. Bahkan, untuk urusan hoki, pamor berlian sebagai permata termahal kalah dibandingkan giok.

Selain dipercaya membawa keberuntungan bagi pemakainya, giok juga diyakini dapat mengusir hal jahat yang ingin mengganggu penggunanya.

Tidak heran harga permata satu ini cukup mahal. Giok yang sudah digunakan oleh orang-orang Tionghoa sejak ratusan tahun lalu terdiri dari dua jenis yakni nephrite dan jadeit.

Sebuah rekor penjualan pernah tercipta saat kalung berhiaskan 27 jadeit dibeli dengan harga US$ 24,7 juta.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami