Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

4 Jenis Perumahan KPR Pilihan dari BTN

by lhmdi on 14 Agustus, 2017

biaya kredit rumah _ KPR - CekAja.com

Memiliki rumah tinggal sendiri tentunya adalah impian yang diinginkan oleh hampir semua masayrakat.

Berbagai layanan KPR pun semakin banyak disediakan oleh bank. Namun, tetap saja memilih perumahan KPR BTN adalah pilihan yang paling banyak dicari oleh masyarakat.

BTN atau Bank Tabungan Negara selama ini memang sudah dikenal sebagai penyedia layanan KPR memiliki kredibiltas baik di mata masyarakat. Selain itu, tidak jarang pula BTN bekerjasama dengan pemerintah untuk menghadirkan rumah yang harganya terjangkau.

Bahkan beberapa developer atau pengembang pun mulai rajin bekerjasama dengan BTN untuk menyediakan rumah bagi masyarakat.

Beragam Jenis Kredit Rumah BTN

cara ajukan KPR _ KPR - CekAja.com

Dilansir dari situs KPR BTN saat ini terdapat berbagai macam variasi perumahan yang bekerjasama dengan bank milik pemerintah ini. BTN bahkan bekerjasama dengan beberapa pengembang-pengembang yang juga sudah memiliki reputasi bagus di mata masyarakat.

Beberapa nama diantaranya adalah Podomoro hingga Gardena City. Tidak hanya berhenti disitu, perumahan yang ditawarkan pun tidak hanya terpusat di pulau Jawa saja, akan tetapi sudah merambah menuju kota-kota lain di luar pulau Jawa.

Setidaknya saat ini terdapat tiga jenis prumahan KPR BTN yang disedaiakan melalui laman resmi khusus BTN Properti. Mulai dari perumahan terbaru, perumahan terpopuler dan perumahan bersubsidi adalah tiga layanan yang disediakan oleh BTN.

Seperti apa gambaran daftar perumahan yang disediakan BTN?

  1. Perumahan BTN Terbaru

Dalam daftar perumahan terbaru yang disediakan oleh BTN, terdapat perumahan Kirana Cikarang, Taman Kopo Katapang, Podomoro Golf View, Jkt Living Star, dan Gardena City 2.

Masing-masing perumahan dalam daftar KPR BTN ini akan menampilkan harga terendah hingga harga tertinggi. Selain itu, di masing-masing perumahan juga akan disebutkan detil tipe rumahnya.

Misalnya perumahan “JKT Living Star” akan menampilan detil tipe rumah studio di setiap perumahan yang akan ditampilkan.

Begitu juga dengan perumahan Taman Kopo Katapang juga akan disebutkan tipe rumahnya. Sebagai contoh, akan dituliskan jenis properti, luas bangunan, luas tanah, daya listrik yang disediakan oleh perumahan tersebut.

PROMO KPR BTN 2017 - CekAja.com

  1. Perumahan BTN Terpopuler

Perumahan yang ditampilkan oleh BTN pada layanan ini adalah perumahan yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Beberapa perumahan yang ditampilkan adalah Prum Fajar Regency, Cluster Agung Indah, Perumahan Teras Bukit, Pesona Asri, Intermark, Griya Fajar Pesona, Puri Mega Citra dan masih banyak perumahan-perumahan lainnya.

Hampir sama dengan perumahan terbaru yang ditampilkan oleh BTN perumahan terpopuler juga menampilkan detil lengkap dari masing-masing rumah yang ditawarkan.

Misalnya, perumahan pesona asri akan menampilkan kondisi lengkap dan detil dari rumah yang ditawarkan seperti jenis properti, luas bangunan, luas tanah, dan juga daya listrik.

Harganya pun bervariasi mulai dari Rp100 juta hingga Rp400 juta.

(Baca Juga : Beda Simulasi KPR BTN Konvensional dan Syariah)

  1. Perumahan bersubsidi

Perumahan KPR BTN berikutnya  yang disediakan adalah perumahan bersubsidi. Perumahan yang satu ini tentunya cukup banyak dicari masyarakat. Selain harganya yang murah, DP atau uang muka beserta bunganya pun tidak terlalu besar.

Daftar perumahan yang disediakan dalam perumahan KPR BTN ini pun berlokasi di berbagai tempat yang ada di indonesia. Mulai dari Palembang hingga Kendari. Sulawesi Tenggara dihadirkan.

Informasi yang diberikan pun sangat lengkap dan detil untuk masing-masing perumahan. Mulai dari harga hingga tipe rumahnya. Tujuannya tentu saja jelas, agar masyarakat bisa melihat dan kemudian memilih sesuai dengan kebutuhannya. (Baca juga: Ingin Punya Rumah Sendiri? Ini Pilihan KPR Syariah Terbaik di Indonesia)

  1. Rumah lelang

Berikutnya, pilihan rumah yang bisa kamu lakukan bersama BTN adalah membeli rumah lelang. Harga yang ditawarkan pun cukup bervariasi mulai dari yang mahal hingga yang terjangkau.

Kehadiran rumah lelang ini tentunya menjadi pilihan baru bagi masyarakat yang ingin membeli rumah dengan cara KPR. Tidak hanya sampai disitu, BTN juga menghadirkan layanan yang lebih luas dari sekedar hanya perumahan. Bekerjasama dengan ArsiHome, pemilik rumah nantinya dapat mendesain ulang interior menjadi lebih indah dan cantik.

Jika kamu merasa mendesain ulang interior rumah terlalu mahal, maka BTN pun menyediakan proses pembiayaannya.

Dua Pilihan Simulasi KPR BTN

rumah pertama _ KPR - CekAja.com

Karrena rumah yang akan dibeli merupakan hasil kerjasama BTN dengan pengembang, maka tentu saja untuk melakukan proses kreditnya dilakukan bersama BTN.

Untuk perumahan yang ditawarkan BTN, terdapat dua jenis layanan yang diberikan yaitu konvensional dan Syariah. Dua konsep ini juga dtawarkan dalam bentuk simulasi, sehingga masyarakat umum bisa menghitung sendiri perkiraan biaya yang sekiranya akan dikeluarkan saat kredit diajukan.

Untuk layanan konvensional BTN memiliki beberapa kolom yang terdiri dari pilihan jenis suku bunga anuitas atau flat. Kemudian, jenis rumah juga disediakan apakah masyarakat nantinya akan membeli rumah bersubsidi atau non-subsidi.

Selanjutnya calon pembeli bisa memasukkan angka pembelian rumah dan perkiraan uang muka kredit rumah atau DP. Sementara itu, untuk suku bunga sudah ditetapkan oleh BTN, yaitu sebesar 8.75%.

Terakhir, secara berurutan, masyarakat bisa memilh lama waktu pinjaman (maksimal 25 tahun), masa kredit fix, dan suku bunga floating yang ditetapkan oleh BTN.

Sementara itu, untuk layanan Syariah, simulasi perumahan KPR BTN jauh lebih singkat. Masyarakat diberikan kesempatan untuk membeli rumah subsidi atau non-subsidi. Kemudian, diminta untuk mengisi kolom harga rumah, dan dana untuk uang muka sebesar 15 dari harga rumah. (Baca juga: Mau Tahu Jenis Kredit yang Cocok untuk Karyawan? Cek di Sini)

Untuk margin pinjaman, BTN menetapkannya di angka 14% pr tahun, dan lama masa pinjaman adalah maksimal 25 tahun.

Sebagai tambahan, untuk mendapatkan akses informasi perumahan KPR BTN juga menyediakan layanan ini bagi kamu yang lebih memilih menggunakan smartphone atau ponsel pintar. Melalui aplikasi BTN Properti, kamu bisa menemukan, menghitung, dan memilih rumah yang sesuai dengan kebutuhan hanya melalui sebuah ponsel pintar.

Aplikasi ini sendiri gratis, dan dapat diunduh langsung bagi pengguna Apple dan juga Android. Tertarik untuk membeli rumah menggunakan layanan BTN?

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami