Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

5 Cara Bisa Dapat Uang Banyak Walau Hanya Kerja Freelance

by Rafly Aditia on 23 November, 2015

kerja freelance - CekAja.com

Bekerja dengan status freelancer memang merupakan pilihan yang tidak mudah bagi kebanyakan orang. Status sebagai pekerja lepas dimana tidak ada keterikatan kontrak membuat pendapatan para freelancer ini bergerak naik turun setiap bulanannya.

Kebanyakan para pekerja freelance menginginkan untuk bekerja lepas karena alasan kebebasan. Mereka menginginkan kebebasan untuk bekerja dimana saja dan kapan saja sesuai keinginan mereka, dan tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa pekerjaan freelance menghasilkan pendapatan yang lebih besar.

Untuk itu, walau adanya ketidakpastian pendapatan bulanan namun para pekerja freelance dapat melakukan hal-hal yang dapat membuat keuangannya menjadi lebih sehat. Berikut 5 cara jadi lebih kaya dengan kerja freelance;

Lakukan pencatatan keuangan

Sebagai pekerja freelance yang memiliki pendapatan tidak menentu, maka kamu harus melakukan pencatatan keuangan mulai mandiri mulai dari pengeluaran harian serta setiap pendapatan yang kamu dapatkan.

Saat ini, banyak sekali aplikasi smartphone yang dapat membantu kamu untuk melakukan pencatatan keuangan salah satunya aplikasi bernama expense manager yang membantu kamu melakukan pencatatan keuangan di smartphone kesayanganmu.

(Baca juga: 4 Hobi Ini Bisa Mendukung Karir Kamu Dalam Bekerja)

Jangan konsumtif

Apabila kamu berstatus sebagai pekerja lepas dimana bulan depan, atau dua bulan yang akan datang berarti kamu belum tentu memiliki pekerjaan lagi maka ada baiknya kamu untuk tetap menahan diri agar tidak konsumtif.

Mulai dari hal simpel, kamu bisa masak sendiri untuk konsumsi harian kamu dibanding harus makan ke cafe atau restoran.

Sisihkan penghasilanmu untuk investasi

Kamu tetap harus menyisihkan sebagian dari pendapatanmu untuk berinvestasi agar uang yang kamu miliki dapat berkembang, tidak segitu-gitu saja maksudnya.

Kamu bisa memilih berinvestasi di pasar saham, emas, atau bahkan investasi di reksadana bagi kamu yang baru memiliki modal kecil untuk berinvestasi.

(Baca juga: 4 Obat Anti-Malas Ketika Bekerja di Hari Senin)

Tetapkan target pendapatan bulanan

Walau bekerja freelance kamu harus menetapkan target pendapatan bulanan kamu. Hal ini berguna agar kamu dapat terus mendapatkan penghasilan setiap bulannya.

Misalnya, kamu seorang freelance writer bisa menetapkan pendapatan bulanan minimal 2 juta rupiah, maka setidaknya sebagai seorang penulis lepas kamu minimal menjalankan 1 pekerjaan di dunia content writing untuk setiap bulannya.

Pilihlah order pekerjaan yang sesuai

Kamu harus memilah-milah dalam menentukan apa projek atau order pekerjaan yang akan kamu ambil. Semuanya sudah harus kamu perhitungkan, mulai dari biaya dan waktu yang kamu korbankan hingga berapa penghasilan yang akan kamu dapatkan.

Jangan pernah menerima pekerjaan lepas dengan gaji rendah sementara dibebani dengan tugas dan pekerjaan yang banyak.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.