Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Alasan Kenapa Olahraga di Rumah Lebih Irit

by Rafly Aditia on 11 Desember, 2015

Ketika kamu melihat seseorang memiliki badan bagus, proporsional, dan atletis kamu passti berpikir bahwa orang tersebut rajin pergi ke gym atau tempat fitness untuk mendapatkan tubuh yang ideal tersebut.

Belum lagi suplemen-suplemen yang mungkin dia gunakan, kamu juga akan berpikiran bahwa untuk mendapatkan badan seperti itu sulit dan mengeluarkan uang yang cukup banyak. Tetapi, ternyata untuk membentuk badan yang bagus dan atletis tidak perlu mengeluarkan uang banyak loh.

Kamu bisa membentuk badan yang atletis hanya dengan berolahraga di rumah. Yup, benar sekali berolahraga di rumah! Bukan tempat fitness, gym ataupun yoga. Kamu juga perlu mengetahui bahwa berolahraga di rumah bisa membuat pengeluaran kamu lebih irit dibandingkan kamu pergi ke tempat-tempat fitness.

Apa saja sih pengeluaran yang dapat kamu irit kalau kamu memilih berolahraga di rumah dibanding di tempat fitness? Berikut 5 hal yang bisa kamu irit kalau kamu memilih olahraga di rumah yang murah meriah di banding tempat fitness;

Biaya pendaftaran member

Ketika kamu ingin mendaftarkan diri sebagai anggota atau member di sebuah tempat fitness kamu setidaknya perlu mengeluarkan uang tidak kurang dari 100 ribu rupiah. Ini merupakan proses administrasi pertama kalau kamu ingin menjadi anggota di tempat fitness.

Tetapi, kalau kamu memilih olahraga di rumah kamu tidak perlu mengeluarkan uang tersebut sama sekali. Hal tersebut menjadi hal pertama yang dapat kamu irit kalau kamu lebih memilih berolahraga di rumah.

(Baca juga: Waktu Tepat untuk Berolahraga)

Biaya member bulanan

Setelah kamu membayar biaya pendaftaran di tempat-tempat fitness, kamu akan langsung ditagih biaya bulanan. Biaya bulanan di tempat-tempat fitness bervariasi, namun biasanya untuk gym atau tempat fitness terkemuka tidak kurang dari 300 ribu rupiah setiap satu bulannya.

Lagi-lagi kalau kamu berolahraga di rumah kamu tidak perlu mengeluarkan uang sebesar itu karena kamu menjadi tuan rumah sendiri dan kamu bebas ingin berolahraga seperti apa dengan memanfaatkan benda-benda yang ada di rumah.

Uang bensin

Bisa dibilang ini merupakan biaya yang tanpa kamu sadari saat kamu pergi ke tempat fitness. Tidak masalah apabila tempat fitness langgananmu dekat dari rumah, tetapi apabila cukup jauh dan harus menggunakan transportasi umum atau pribadi maka ada biaya kamu keluarkan untuk itu.

Asumsinya jarak tempat fitness dengan rumah kamu adalah 5 kilometer, setidaknya bagi kamu yang pergi ke tempat fitness menggunakan mobil kamu menghabiskan kurang lebih 15 ribu rupiah untuk perjalanan satu kali bolak-balik dari rumah ke tempat fitness dan sebaliknya.

Makanan

Ketika kamu selesai berolahraga, pastinya perut kamu akan terasa lapar karena kamu membutuhkan asupan gizi terutama protein yang dibutuhkan untuk mengembalikan energi yang telah kamu keluarkan selama berolahraga serta kebutuhan untuk pembentukan otot.

Beberapa tempat fitness berada di dalam mall-mall besar, hal ini akan membuatmu tergoda untuk makan di restoran atau tenant-tenant yang ada di mall tersebut karena perut kamu yang berteriak lapar setelah kamu berolaharaga tadi.

Asumsinya, apabila kamu selalu makan di tempat makan setelah kamu berolahraga di tempat fitness kamu menghabiskan uang 50 ribu rupiah untuk sekali makan. Jika satu minggu kamu tiga kali pergi ke tempat fitness kamu menghabiskan uang sebesar 150 ribu rupiah setiap minggunya.

Sementara, kalau kamu berolahraga di rumah kamu bisa makan masakan yang sudah disediakan di rumah kamu atau cukup dengan uang sebesar 20 ribu saja yaitu untuk membeli satu potong dada ayam dan 3 buah telur kebutuhan protein kamu sudah dapat terpenuhi setelah berolahraga.

(Baca juga: Kamu Merasa Cantik? Ini Dia 5 Pekerjaan yang Dapat Dilakukan Modal Kecantikan)

Suplemen

Tida jarang beberapa tempat fitness atau gym menyediakan suplemen-suplemen untuk membentuk badan yang dijual secara eceran atau kamu bisa membelinya secara satuan. Berhubung dijualnya satuan, per pil atau per porsi satu kali konsumsi maka harganya akan jadi lebih mahal.

Sementara bila kamu olahraga di rumah, kamu bisa saja membeli suplemen tersebut langsung satu pak sekaligus sehingga kamu tidak perlu membelinya secara satuan yang sudah pasti harganya lebih tinggi.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.