Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Langkah Sederhana Menghemat Uang

by hanna on 12 Agustus, 2014

Sering merasa pemasukan tak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Inilah 5 cara yang bisa Anda lakukan, agar selalu bisa menghemat uang.

Ya, beberapa orang terkadang mengeluhkan penghasilan yang selalu kurang. Bahkan, ada yang tidak bisa menyisihkan uang untuk menabung tiap bulan.

Agar tidak terjebak pada kondisi tidak menguntungkan itu, berikut adalah beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan. Intinya, uang lebih hemat hidup lebih kaya.

(Baca juga: 5 Cara Agar Uang Gaji Anda Tidak Langsung Ludes)

1. Matikan televisi

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dapat dimulai dari rumah, yakni mengurangi waktu untuk menonton televisi. Selain mengurangi biaya listrik, Anda dapat mengurangi tingkat konsumsi akibat iklan di televisi dan dapat lebih fokus pada hal lain di sekitar Anda.

Misalnya saja hobi berkebun yang mendatangkan penghasilan. Selanjutnya, sumber informasi dapat Anda alihkan pada koran atau buku bacaan yang sudah lama Anda tinggalkan.

2. Pilih koleksi yang ‘menghasilkan’

Anda memiliki barang koleksi yang makin menumpuk di rumah? Jika ya, cobalah untuk meluangkan waktu memilah koleksi yang saat ini Anda miliki. Maksudnya, agar benda-benda koleksi itu tidak hanya menjadi pajangan pengumpul debu.

Pisahkan koleksi tersebut dengan kategori: yang masih diperlukan, yang tidak digunakan, barang yang sama, dan yang memiliki nilai jual. Anda bisa menghemat pengeluaran dengan menghentikan hobi ini atau menjual koleksi yang tidak diperlukan, dobel, dan masih laku dijual.

3. Dibanding beli, buat sendiri

Pengeluaran bertambah karena harus membeli kado untuk teman? Nah, cobalah untuk memberikan hadiah hasil buatan sendiri daripada membelinya di toko. Selain bisa berhemat, hadiah itupun bisa jadi lebih berkesan. Makanan kreasi sendiri bisa menjadi contoh hadiah yang menarik untuk orang terkasih. Ditambah kartu ucapan buatan sendiri, hadiah menjadi lebih istimewa karena menunjukkan perhatian yang lebih besar.

(Baca juga: 5 Kegiatan Ini Lebih Menguntungkan Jika Pakai Kartu Kredit)

4. “Tunggu” pengeluaran

Anda sedang tertarik untuk membeli barang, padahal barang itu di luar kebutuhan? Cobalah cara ini: tahan keinginan Anda selama 30 hari, kemudian tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda masih menginginkan barang tersebut.

Selanjutnya, Anda akan menemukan bahwa cara ini dapat mengurangi pengeluaran dengan sederhana, yakni menunggu.

5. Undang teman dibanding pergi keluar

Terkadang tidak semua ajakan keluar harus dihadiri. Untuk menghemat pengeluaran, Anda dapat mengundang teman ke rumah untuk temu-kangen atau sekadar mengobrol.

Kegiatan yang dapat dilakukan di rumah pun beragam dan tidak membosankan, seperti masak bersama, bermain kartu, atau menikmati kopi hangat.

(Baca juga: Kurang Dari 10 Dolar, Liburan ke Luar Negeri Dilakukan Tanpa Khawatir)

Memulai berhemat keuangan bisa dimulai dengan investasi maupun deposito syariah.

Tentang Penulis

hanna

Social media writer, coffee lover, twenty-something.