Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Situasi Memalukan Saat Kehabisan Uang dan Cara Mengatasinya

by Rafly Aditia on 17 Juni, 2016

keputusan finansial - CekAja.com

Tidak punya uang memang bisa memusingkan dan bikin hidup menjadi dikelilingi masalah. Tetapi, akan lebih kacau lagi kalau masalah keuangan terjadi bersamaan dengan beberapa situasi tertentu yang mengubahnya menjadi hal memalukan.

Nah, berikut ini ada 5 situasi memalukan yang sering dihadapi orang saat kehabisan uang. Namun jangan khawatir, karena kamu akan dibekali trik untuk mengatasinya dengan bijak bila kesialan tersebut datang menimpa dirimu:

Mobil rusak harus kebengkel

Terkadang, banyak hal yang berjalan di luar rencana. Mungkin salah satu dari kamu pernah mengalaminya, mobil tiba-tiba rusak dan harus dibawa ke bengkel tapi uang yang ada di dompet dan atm tidak cukup. Sementara, kalau tidak segera direparasi, kerusakan bisa tambah parah dan justru lebih menghabiskan banyak uang.

Untuk itu, solusinya adalah segera membawa mobil ke bengkel langgananmu. Kalau perlu kontak teman yang paham tentang seluk-beluk mobil. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan keringanan entah dalam bentuk diskon, atau bayar secara dicicil. (Baca juga: Busana Lebaran yang Pernah Hits dari Artis dan FIlm yang Bisa Kamu Pilih di Tahun ini)

Diundang nikah di luar kota

Situasi lain yang cukup memalukan ketika tidak punya uang adalah diundang nikah ke luar kota. Apalagi kalau yang menikah merupakan teman dekat dan acara pernikahan dilangsungkan di luar pulau. Pasti kamu bakal memiliki rasa tidak enak kalau tidak datang ke pernikahannya.

Namun, tidak ada salahnya untuk mengatakan apa yang sebenarnya terjadi padamu. Beritahukan jauh-jauh hari kalau tidak bisa datang ke resepsi pernikahan. Serta jangan lupa untuk mengucapkan selamat kepada kedua mempelai setidaknya lewat telepon.

Kartu kredit ditolak

Saat pergi jalan-jalan, belanja atau makan bareng pacar, kartu kredit tiba-tiba ditolak saat akan melakukan transaksi. Kejadian memaulkan ini bisa menimpa siapa saja bahkan untuk kamu yang berpendapatan besar sekalipun. Banyak penyebabnya, misalnya kamu lupa bahwa limit kartu kredit sudah dalam batas maksimum.

Untuk itu, solusi terbaiknya adalah dengan cara membawa satu atau dua karti kredit tambahan. Sehingga, saat kartu kredit yang satu ditolak kamu bisa menggunakan kartu kredit lainnya. Jadi, tidak ada salahnya untuk apply dua atau lebih kartu kredit.

Harus minjam uang ke teman

Kamu tidak punya uang sementara butuh dana untuk hal-hal yang sifatnya mendadak? Seperti bayar tagihan rumah sakit, dan keperluan mendesak lainnya? Biasanya teman menjadi salah satu tujuan utama untuk meminjam uang ketika terjadi situasi seperti ini. Memang sedikit memalukan, tetapi tidak ada salahnya untuk berani meminjam uang kepada teman.

Tetapi, kamu harus memastikan bahwa dapat menggantinya tepat waktu. Selain itu, apabila teman membutuhkan bantuan lain waktu cobalah untuk selalu ringan tangan. Karena yang namanya teman saling membantu disaat membutuhkan.  (Baca juga: 5 Barang Paling Laris di Pekan Raya Jakarta)

Teman pinjam uang

Kondisi sebaliknya juga bisa terjadi. Teman ingin meminjam uang tapi kamu juga sedang tidak ada uang atau pas-pasan, sementara teman benar-benar membutuhkan bantuan. Kalau sudah begini apa yang harus dilakukan?

Coba untuk bilang dengan baik-baik bahwa kamu juga sedang tidak memiliki uang. Namun, tawarkan bantuan lain selain uang yang bisa dilakukan. Tunjukkan bahwa walau tidak memiliki uang juga, kamu masih tetapi ingin membantunya.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami