Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

6 Alasan Kredit Anda Selalu Ditolak Bank

by JTO on 9 Mei, 2014

kredit ditolak - CekAja.com

Banyak alasan yang menyebabkan Kredit Tanpa Agunan yang Anda ajukan ke bank ditolak. Rekam jejak kelancaran kredit Anda adalah salah satunya. Berikut adalah beberapa hal yang dapat membuat penolakan itu terjadi;

Kegagalan Verifikasi

Saat mengajukan aplikasi KTA, Anda diwajibkan untuk mengisi beberapa formulir yang berisi data pribadi Anda. Kegagalan verifikasi dapat terjadi ketika pengisian informasi tersebut tidak lengkap. Misal, Anda mengisi nomor ponsel yang bisa dihubungi. Namun, ketika pihak bank menghubungi, ternyata nomor tersebut tidak dapat dihubungi. Begitupun saat Anda mengisi nomor telepon kantor dimana Anda bekerja. Usahakan untuk memberikan nomor yang langsung dapat dihubungi dan bisa memperoleh informasi tentang keberadaan Anda di kantor tersebut.

Kredit Buruk

Apakah Anda memiliki rekam jejak kredit yang buruk? Bila jawabannya Ya, maka besar kemungkinan pengajuan kredit Anda akan alami kegagalan. Ingat, setiap bank dapat melacak riwayat kredit Anda melalui BI Checking. (baca; Kredit Ditolak Karena BI Checking)

Kartu Kredit Overlimit

Pemakaian kartu kredit menjadi salah satu penilaian untuk pengajuan aplikasi KTA. Jika saat Anda mengajukan KTA dan penggunaan kartu kredit Anda diatas 70% dari limit, maka hal itu akan mempengaruhi penilaian kredit yang Anda miliki. Apalagi bila pemakaian kartu kredit Anda overlimit.

(Baca juga: 4 Jurus Jitu Bebas Tunggakan Kartu Kredit)

Fraud

Secara bahasa, fraud artinya adalah penipuan. Nah, inilah yang tidak boleh Anda lakukan dalam pengajuan kredit apapun. Maksud fraud disini adalah Anda melakukan pemalsuan data, informasi, dan dokumen. Anda harus memastikan data dan informasi yang Anda berikan adalah benar adanya.

Dokumen Tidak Jelas

Lampirkan dokumen yang dapat dilihat dan dibaca dengan jelas. Bila dokumen yang Anda lampirkan berbentuk salinan/fotokopi, pastikan dokumen tersebut masih dapat terbaca dengan jelas.

(Baca juga: Cara Ajukan Pinjaman Bunga Rendah)

Jumlah Terlalu Besar

Berapa jumlah kredit yang Anda ingin ajukan? Mungkin Anda akan menjawab sebesar-besarnya. Namun, bank memiliki penilaian untuk memberikan limit kredit diberikan. Besar kredit yang diberikan akan disesuaikan berdasarkan analisis pada kemampuan finansial Anda. Terutama terkait jumlah penghasilan dan kemampuan Anda dalam membayar cicilan. Pengajuan kredit yang terlalu besar atau diluar aturan bank akan menyebabkan kredit Anda ditolak.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.