Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

7 Pekerjaan Sampingan Khusus Akhir Pekan yang Bisa Bikin Kantong Makin Tebal

by Tisyrin N. T on 11 Oktober, 2016

pekerjaan sampingan - CekAja.com

Tak sedikit karyawan yang merasa gaji bulanannya belum mencukupi kebutuhan hidup. Alhasil, karyawan semacam ini sering menderita karena kehabisan uang sebelum tanggal gajian berikutnya tiba.

Sebenarnya, masalah ini mudah diatasi dengan menambah sumber penghasilan. Sayangnya, kebanyakan karyawan tak punya waktu untuk menjalankan pekerjaan atau bisnis sampingan. Alasannya tentu saja karena waktu yang ada sudah habis untuk bekerja. Belum lagi perjalanan pulang pergi rumah-kantor yang memakan waktu tak sedikit.

Tapi, jika lebih kreatif, kamu sebenarnya bisa memanfaatkan akhir pekan untuk mendapatkan tambahan penghasilan dari mulai buka usaha sampingan sampai salurkan hobi. Berikut ini hal yang bisa kamu lakukan di akhir pekan untuk menghasilkan uang.

1. Berdagang

Di kota besar seperti Jakarta, saat akhir pekan seringkali diselenggarakan pasar kaget di beberapa lokasi seperti area Car Free Day atau lapangan. Kalau kamu senang berdagang, kamu bisa memanfaatkan momen ini dengan membuka lapak di pasar kaget atau di event-event tertentu seperti bazar dan pameran. Jika kamu butuh modal, kamu bisa mendapatkan pinjaman dana tunai dengan mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Lumayan kan, hanya dalam hitungan jam kamu bisa mengantongi uang tambahan untuk mengisi tabunganmu. Sebelum kamu mulai berdagang, jangan lupa menemui koordinator event terlebih dahulu untuk mendapatkan perizinan.

(Baca juga: Cara Membuat Blog Bisa Jadi Penghasilan Tambahan)

2. Menjadi penulis lepas

Peluang untuk menjadi penulis lepas semakin terbuka saat ini. Jika dahulu penulis lepas hanya menyasar koran, majalah, atau tabloid, saat ini  banyak website yang membutuhkan penulis untuk mengisi konten website mereka.

Tak sedikit di antara website tersebut yang membutuhkan penulis freelance. Jika kamu  memiliki kemampuan menulis mumpuni, kamu bisa menjadi penulis lepas. Manfaatkan waktu akhir pekan untuk menyiapkan tulisanmu.

3. Berbagi ilmu dan keahlian

Kamu juga bisa memanfaatkan akhir pekan untuk mengajar. Ada banyak pilihan yang bisa dilakukan mulai dari guru privat Bahasa Inggris, guru musik hingga guru renang sekalipun. Sambil berbagi ilmu dan keahlian yang kamu punya dan bisa menghasilkan uang tambahan.

4. Bikin garage sale

Banyak barang tak terpakai di rumah tapi masih dalam kondisi bagus? Nah, daripada barang-barang tersebut hanya menumpuk di gudang kenapa tak membuat garage sale? Jika kamu kesulitan menjualnya di depan rumah, kamu bisa menjualnya via akun media sosial. Asal kamu tahu, peluang jual-beli barang bekas cukup besar karena saat ini orang tak lagi gengsi untuk memakai barang bekas atau yang sekarang populer disebut preloved.

5. Manfaatkan keahlian mengemudi

Waktu luang di akhir pekan bisa kamu manfaatkan untuk menjadi driver. Banyak lho lowongan driver khusus akhir pekan. Atau jika kamu punya mobil pribadi, kenapa tidak mencoba menjadi driver transportasi online yang sedang tren sekarang ini. Di akhir pekan, biasanya kebutuhan akan transportasi meningkat. Maklum, hari libur adalah kesempatan orang berpergian bersama keluarga.

6. Menjadi travel guide

Menjadi pemandu wisata di akhir pekan adalah alternatif pekerjaan sampingan khusus buat kamu yang tinggal di daerah wisata. Kamu bisa bekerja secara individual maupun mendaftarkan diri ke travel agent. Asyik kan sembari jalan-jalan kamu bisa menghasilkan uang?

(Baca juga: Cara Membangun Bisnis Rumah Kos Lebih Menguntungkan)

7. Penonton bayaran

Stasiun televisi membutuhkan penonton untuk berbagai acara mulai dari talkshow, kuis hingga pentas musik. Jika berminat menjadi penonton bayaran di akhir pekan, carilah koordinator penonton bayaran. Penonton bayaran umumnya mendapatkan uang akomodasi berkisar antara Rp15.000-Rp50.000 per acara. Dalam sehari, penonton bayaran bisa digunakan untuk lebih dari satu acara.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.