Pengajuan Asuransi Handphone

Dari banyaknya jenis barang elektronik, handphone menjadi salah satu yang paling penting dan banyak dimiliki seseorang saat ini. Namun, satu dari sekian pengguna handphone ternyata belum menyadari bahwa, pentingnya melindungi barang elektronik Anda, khususnya handphone dengan cara mendaftarkan asuransi handphone.  

Terlebih, handphone menjadi barang elektronik yang sering dibawa dan memiliki ukuran kecil ketimbang barang elektronik lainnya, sehingga menjadi sangat berisiko terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk ajukan segera asuransi handphone di CekAja.com. 

Apa Itu Asuransi Handphone?

Asuransi handphone merupakan sebuah produk perlindungan, terhadap barang elektronik berupa handphone yang Anda miliki. Di mana asuransi handphone ini bisa membantu Anda ketika handphone mengalami masalah kerusakan fisik akibat kecelakaan, terkena cairan, terjadinya pencurian, perampokan yang disertai dengan kekerasan. 

Tidak hanya itu, meski ukurannya lebih kecil ketimbang barang elektronik lainnya, harga satu unit handphone juga tergolong lebih mahal, apalagi untuk merek tertentu. Sehingga, dengan memiliki asuransi handphone, Anda jadi bisa merasa aman ketika bepergian jauh dan mengunjungi tempat-tempat beresiko tinggi, terhadap handphone yang Anda miliki. 

Biasanya, ketika Anda membeli handphone baru, Anda akan mendapatkan fasilitas garansi paling lama 1 tahun. Garansi tersebut bisa berupa pelayanan service gratis hingga penggantian barang jika benar-benar rusak, namun semua tergantung kebijakan dari produsen handphone atau tempat pembeliannya. 

Akan tetapi, sepertinya garansi saja sebenarnya tidak cukup untuk melindungi handphone Anda. Pasalnya, garansi biasanya hanya menyediakan fasilitas perbaikan bahkan penggantian barang, dengan penyebab tertentu. Berbeda jika handphone Anda terlindungi dengan asuransi handphone. 

Asuransi handphone sangat penting dimiliki, karena bisa memberikan perlindungan tambahan di luar garansi standar. Asuransi handphone juga memiliki pelayanan terbaik, di mana bisa membantu Anda berupa perbaikan dan juga penggantian barang, dengan berbagai macam penyebab.

Untuk soal risiko, setiap perusahaan asuransi juga biasanya akan memberitahu informasi terkait daftar risiko yang dijamin, beserta perluasan jaminan yang bisa ditambahkan pada asuransi yang Anda ajukan. Sehingga, dengan memasukan perluasan jaminan, berarti ada konsekuensi berupa premi yang lebih besar. Bahkan, beberapa perusahaan juga memberikan daftar risiko yang tidak dijamin atau dikecualikan. 

Berikut daftar risiko yang biasa dijamin asuransi: 

- Pencurian/perampokan 

- Kerusakan komponen 

- Bencana alam 

- Kebakaran 

- Ledakan 

- Sabotase 

- Risiko kerusakan yang sifatnya tak terduga lainnya 

Daftar Risiko yang Tidak Dijamin: 

- Perang atau pemberontakan 

- Reaksi nuklir/radioaktif 

- Kelalaian yang disengaja 

Sama halnya ketika mengajukan produk asuransi lainnya, mengajukan asuransi handphone di CekAja.com, tentunya akan mempermudahkan Anda dalam melakukan pengisian formulir asuransi, hingga proses pengajuan permohonan asuransi handphone Anda.  

Tidak hanya mempermudah dalam proses pengajuan, Anda juga bisa melakukan perbandingan dari beberapa penyedia asuransi handphone yang ada di Indonesia, melalui CekAja.com.  

Sebelum mengajukan, pastikan Anda mengetahui persyaratan serta dokumen yang diperlukan, dalam proses pengajuan.  

Pengajuan asuransi handphone, biasanya dilakukan pemilik, saat pembelian handphone dilakukan atau handphone yang masih baru. Ketika Anda mengajukan asuransi handphone, Anda biasanya akan diminta kartu identitas, dan kartu garansi yang didapat dari pembelian handphone.

- Buku asuransi asli yang sudah distempel/dicap oleh toko atau distributor 

- Invoice/faktur/nota/kwitansi pembelian asli 

- Fotokopi KTP/identitas diri 

- Formulir klaim yang diisi (terdapat pada buku asuransi) 

- Foto kerusakan 

- Surat estimasi kerugian/kerusakan dari service center resmi produk tersebut 

- Kartu garansi produk 

- Dokumen pendukung lainnya, apabila dibutuhkan 

- Materai 6000 

Jika Anda mengalami kejadian khusus, maka ada beberapa dokumen juga yang pelru Anda lampirnya, yakni sebagai berikut: 

- Surat keterangan asli aparat setempat (Kejadian bencana, kehilangan, dan lain-lain) 

- Surat keterangan kepolisian asli yang menyatakan terjadinya suatu peristiwa kejadian khusus tersebut (kebakaran/kecelakaan diri dan lain-lain. 

- Foto bukti kerusakan lingkungan akibat kebongkaran (kejadian kebongkaran)

Dalam asuransi elektronik, termasuk handphone harga pertanggungan atau premi, tentunya berbeda-beda. Di mana harga pertanggungan digunakan untuk menghitung premi yang harus dibayarkan oleh tertanggung dan merupakan batas ganti rugi maksimal, yang akan dibayarkan oleh penanggung jika terjadi klaim.  

Umumnya, harga yang dibayarkan tertanggung bisa sampai 10% per tahun. Beberapa faktor juga bisa mempengaruhi harga pertanggungan, seperti berikut ini: 

 - Jenis barang (jenis handphone) 

- Kondisi barang 

- Lokasi/letak barang 

- Kondisi lingkungan sekitar 

Selain itu, jika harga pertanggungan kurang dari jumlah yang disyaratkan untuk diasuransikan, istilahnya disebut under insurance. Sehingga, apabila terjadi klaim parsial, Tertanggung akan mendapat ganti rugi prorata.  

Sedangkan, apabila terjadi klaim total loss, Tertanggung akan mendapat ganti rugi sebesar harga pertanggungan yang berlaku. 

Jika harga pertanggungan lebih dari jumlah yang disyaratkan untuk diasuransikan, maka istilahnya disebut over insurance. Jadi, apabila terjadi klaim parsial maupun klaim total, maka Tertanggung akan mendapat ganti rugi sebesar kerugian yang dideritanya.  

Buka website CekAja.com 

- Pilih produk Asuransi, lalu klik Asuransi Elektronik

- Isi formulir layanan konsultasi dan pilih Asuransi Handphone, lalu klik "Cek Aja di Sini" 

- Setelah itu akan muncul laman pengajuan Asuransi Elektronik dan, diminta Anda untuk mengisi formulir berupa data pribadi, seperti nama, email, nomor handphone dan lain-lain 

- Klik selanjutnya, lalu dalam laman detail penjaminan, pilih jenis elektroniknya (handphone).  

- Lalu klik Ajukan Sekarang. 

- Setelah itu, pengajuan Anda akan diproses sesuai identitas yang Anda cantumkan. Nantinya pihak CekAja.com akan menghubungi Anda dan menawarkan perusahaan asuransi yang cocok dengan Anda.