Pengajuan Asuransi Mobil All Risk

Memiliki layanan perlindungan untuk kendaraan yang Anda gunakan sangatlah penting. Jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, layanan ini bisa menjadi penyelamat bagi Anda. Salah satu jenis layanan yang penting untuk Anda miliki adalah asuransi mobil all risk. Berikut akan dibahas lebih lanjut mengenai jenis asuransi kendaraan yang satu ini.

Mengenal Asuransi Mobil All Risk

Sebelum membahas lebih jauh, kita pahami dulu apa pengertiannya. Asuransi mobil all risk merupakan sebuah layanan asuransi yang akan menanggung semua jenis kerusakan pada mobil. Kerusakan yang dimaksud mencakup kerusakan ringan sampai berat. Layanan ini juga akan memberikan perlindungan apabila suatu saat Anda sebagai klien melakukan klaim kehilangan. 

Layanan asuransi mobil all risk ini juga disebut sebagai asuransi mobil komprehensif. Fasilitas ini banyak digunakan oleh para pengguna kendaraan roda empat. Khususnya bagi mereka yang memiliki mobil dengan keluaran tahun terbaru. Kerusakan kecil seperti baret atau penyok bisa diklaim dan akan ditanggung oleh layanan asuransi ini.

Keuntungan Memiliki Asuransi Mobil All Risk

Sebelum membeli sebuah layanan asuransi, tentu Anda perlu mengetahui apa saja keuntungan yang akan didapatkan. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa dinikmati jika Anda memiliki asuransi mobil all risk.

1. Kenyamanan dan Rasa Tenang

Jelas sekali bahwa layanan asuransi mobil all risk ini akan memberikan Anda rasa nyaman dan tenang. Setelah membeli kendaraan, Anda mungkin akan dibayang-bayangi dengan risiko kerusakan bahkan kehilangan. Jika Anda membeli layanan asuransi, maka perasaan tersebut akan hilang.

Apalagi jika Anda memiliki layanan asuransi mobil all risk yang menanggung semua jenis kerusakan dari ringan hingga berat. Anda bisa lebih nyaman dan tenang saat berkendara menggunakan mobil kesayangan.

2. Meminimalkan Kerugian

Asuransi mobil all risk dibutuhkan karena bukan tidak mungkin Anda akan mengalami kecelakaan atau hal-hal buruk lainnya. Kendaraan roda empat yang Anda miliki mungkin akan mengalami kerusakan di luar kendali Anda. Kondisi ini tentu membuat Anda harus menanggung kerugian. 

Layanan asuransi mobil all risk akan membuat kerugian yang Anda tanggung lebih ringan. Anda tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk menutup kerugian yang terjadi akibat kerusakan mobil. Bahkan saat kendaraan Anda hilang, Anda bisa melakukan klaim sehingga kerugian yang ditanggung tidak begitu besar.

3. Pilihan Investasi

Zaman sekarang kita harus pandai memilih instrumen investasi demi masa depan yang cerah. Layanan asuransi mobil all risk ini bisa menjadi pilihan investasi yang tepat. Bisa dikatakan Anda juga menabung sedikit demi sedikit untuk menjaga kendaraan yang Anda miliki.

Selama Anda memilih perusahaan asuransi mobil all risk yang tepat, maka ini bisa menjadi investasi yang menjanjikan. Pastikan untuk membaca dengan cermat perjanjian atau kontrak yang akan Anda setujui.

4. Membantu Perencanaan Keuangan

Asuransi mobil all risk ternyata juga bisa membantu Anda melakukan perencanaan keuangan. Saat memiliki layanan ini, Anda perlu membayar premi secara rutin bisa bulanan maupun tahunan. Hal ini akan menuntut Anda untuk mengatur keuangan dengan lebih baik lagi.

Anda harus membagi pemasukan ke beberapa bagian termasuk untuk membayar iuran premi asuransi mobil all risk. Secara otomatis keuangan Anda jadi lebih terencana dengan baik.

5. Fasilitas Tambahan

Anda bisa mendapatkan pelayanan tambahan dengan memiliki asuransi mobil all risk. Bukan hanya klaim kerusakan dan kehilangan, namun Anda juga bisa mendapatkan fasilitas lain. Contohnya, Anda bisa mendapat pinjaman kendaraan saat milik Anda harus masuk bengkel. Anda juga bisa mendapatkan layanan derek saat kendaraan Anda mogok di tengah jalan.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Sebelum membeli layanan asuransi mobil all risk, tentu saja ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Apalagi jenis asuransi ini membutuhkan biaya yang tidak kecil. Ya, layanan ini memang bisa dikatakan lebih mahal jika dibandingkan tipe asuransi TLO atau Total Loss Only. 

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan membeli layanan asuransi mobil all risk.

1. Kondisi Finansial

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membayar untuk asuransi mobil all risk adalah kondisi finansial. Perlu diketahui bahwa biaya asuransi jenis ini cukup mahal. Anda harus memastikan bahwa pemasukan Anda mencukupi dan bisa digunakan untuk membayar premi secara teratur.

Hitung kembali berapa besarnya pemasukan dan premi yang harus dibayarkan. Pertimbangkan pengeluaran lainnya agar keberadaan layanan asuransi mobil all risk ini tidak memberatkan Anda. Setiap orang memiliki besar budget yang berbeda-beda, sehingga penting sekali untuk menyesuaikannya.

2. Pilihan Perusahaan

Ada banyak sekali pilihan perusahaan yang menyediakan layanan asuransi mobil all risk. Pastikan Anda memilih perusahaan yang tepat dan terpercaya. Perhatikan kredibilitas perusahaan sebelum menjatuhkan pilihan. Jangan sampai Anda mempercayakan kendaraan roda empat yang berharga itu ke perusahaan yang tidak kredibel sama sekali.

Cara termudah untuk memilih perusahaan asuransi mobil all risk adalah dengan melihat namanya. Jika perusahaan tersebut sudah cukup terkenal dan dipercaya oleh banyak orang, maka Anda bisa mempertimbangkannya. Jangan terburu-buru menjatuhkan pilihan dan cobalah untuk mencari perbandingan terlebih dahulu demi mendapatkan asuransi mobil all risk yang terbaik.

3. Cara Klaim dan Peraturan

Jangan lupa untuk mencermati isi peraturan yang ditetapkan oleh pihak perusahaan asuransi mobil all risk. Pastikan bahwa peraturan tersebut tidak merugikan Anda. Jangan sampai peraturan yang dibuat justru membuat Anda rugi dan kesulitan.

Selain itu, periksa kembali prosedur klaim jika terjadi kerusakan maupun kehilangan. Pastikan Anda bisa mendapatkan layanan asuransi mobil all risk dengan mudah dan cepat. Proses klaim tidak boleh menyulitkan agar Anda bisa mendapatkan pelayanan yang cepat sesuai dengan harapan. Apalagi Anda sudah membayar mahal, jangan sampai mendapat pelayanan yang tidak diharapkan.

4. Testimoni Pengguna Lain

Cobalah untuk mencari informasi soal komentar atau testimoni dari pengguna asuransi mobil all risk di sebuah perusahaan. Setelah memilih satu produk asuransi, Anda bisa mengunjungi situs atau media sosialnya. Biasanya para konsumen akan memberikan testimoni dan saran. 

Mudah saja, pilihlah perusahaan asuransi mobil all risk yang mendapatkan testimoni bagus dari para pengguna lain. Jika mereka mendapatkan testimoni yang baik maka itu membuktikan bahwa mereka memang terpercaya dan bisa diandalkan. Namun, jangan puas hanya dengan membaca satu komentar. Cobalah mencari testimoni dari banyak pengguna lainnya.

5. Fasilitas

Tanyakan apa saja fasilitas yang akan Anda dapatkan dari layanan asuransi mobil all risk tersebut. Selain klaim kerusakan dan kehilangan, apa fasilitas tambahan yang bisa Anda nikmati. Bandingkan dengan perusahaan asuransi mobil all risk yang lain dan temukan mana yang paling menguntungkan bagi Anda.

Ada beberapa produk asuransi mobil all risk yang memang menawarkan layanan tambahan bagi kliennya. Pastikan layanan tambahan tersebut bisa memudahkan Anda dan membuat Anda semakin banyak mendapatkan keuntungan. 

Asuransi mobil all risk akan menjadi pilihan yang tepat untuk melindungi mobil Anda. Pastikan untuk cermat memilih layanan yang tepat agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Tak perlu terburu-buru, lakukan pertimbangan yang matang agar bisa mengambil keputusan yang tepat.

Setelah menemukan layanan asuransi mobil all risk yang tepat, pastikan untuk membaca kontrak dengan teliti. Anda juga bisa meminta bantuan CekAja.com yang menyediakan berbagai layanan finansial serta berhubungan dengan keputusan finansial seputar asuransi. Rekomendasi yang kami berikan pasti akan bermanfaat untuk Anda.

Ya berbeda, asuransi mobil all risk memiliki cakupan pertanggungan yang lebih menyeluruh. Tidak hanya kerusakan kecil saja, namun dari sisi kerusakan yang besar pun akan ditanggung oleh pihak asuransi, bisa dikatakan asuransi mobil all risk bersifat melindungi secara keseluruhan.

Untuk asuransi mobil Total Loss Only (TLO), pertanggungan asuransi mobil jenis ini yaitu dengan memberikan manfaat berupa penggantian mobil, jika kerusakan 75% atau diatas 75%. Asuransi TLO juga akan memberikan perlindungan apabila terjadi pencurian kendaraan.

Jawaban nya adalah bisa. Hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan menunggu masa perlindungan asuransi sebelumnya habis. Ketika ingin memperpanjang, Anda bisa melakukan pergantian ke asuransi mobil all risk.

Dalam pengajuan asuransi mobil all risk, dibutuhkan beberapa dokumen pendukung yang akan diminta penyedia asuransi sebagai persyaratan. Berikut adalah dokumen-dokumen yang harus dipenuhi:

Fotokopi/scan KTP

Fotokopi/scan SIM

Fotokopi/scan STNK

Foto kendaraan (kondisional)

Setiap perusahaan asuransi mobil pasti memiliki peraturan-peraturan terkait besaran premi walaupun sudah ditetapkan juga oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bahwa besaran premi disamakan dan terkait batas bawah atau batas atas harga premi asuransi kendaraan.

Namun perlu diperhatikan juga ada faktor-faktor yang menjadi penentu besaran premi, yaitu:

1. Jenis jaminan yang dipilih

2. Jenis Kendaraan

3. Lokasi

4. Usia

5. Faktor lain (catatan mengemudi, modifikasi, dll)