Pengajuan Asuransi Kesehatan untuk Perorangan

Melindungi diri dengan asuransi kesehatan merupakan hal penting. Tidak ada yang bisa menjamin bahwa tubuh akan selalu berada dalam keadaan sehat. Pasalnya, sakit dan kecelakaan bisa datang kapan saja dan dimana saja.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda tidak hanya terlindung dari segala risiko penyakit, tetapi juga membantu Anda mengatur keuangan. Hal tersebut dikarenakan, setiap bulannya Anda harus menyisihkan uang untuk membayar premi asuransi.

Melalui asuransi kesehatan juga, Anda dapat menikmati sederet manfaat yang diberikan. Mulai dari pelayanan kesehatan yang baik, kemudahan akses ke berbagai rumah sakit tanpa perlu adanya rujukan, penggantian sejumlah biaya kesehatan, hingga penggantian penghasilan selama menderita suatu penyakit atau mengalami kecelakaan.

Dengan begitu, tidak ada lagi alasan untuk tidak memiliki asuransi kesehatan. Terlebih, saat ini sudah banyak perusahaan penyedia layanan asuransi yang bisa Anda jadikan pilihan, salah satunya CekAja.com. Karena di sini, Anda bisa merasakan kemudahan pengajuan berbagai produk asuransi kesehatan ternama secara online.

Sekilas Tentang Asuransi Kesehatan Perorangan

Secara umum, asuransi kesehatan perorangan merupakan sebuah produk asuransi, yang memberikan Anda jaminan kesehatan berupa perlindungan serta pemenuhan biaya medis seumur hidup.

Beberapa perlindungan serta pemenuhan biaya medis tersebut, di antaranya seperti biaya konsultasi dokter, biaya rawat jalan, biaya rawat inap, biaya persalinan, biaya obat-obatan, biaya bedah, dan biaya-biaya pertanggungan lainnya yang tertera di dalam polis asuransi.

Selain itu, asuransi kesehatan juga menjamin biaya perawatan apabila Anda mengalami kecelakaan. Sehingga, asuransi ini tidak hanya bisa diajukan untuk perorangan, tetapi bisa diajukan untuk anggota keluarga agar terhindar dari segala risiko kesehatan yang dapat terjadi. 

Perusahaan asuransi akan menanggung biaya kesehatan dan perawatan yang sesuai dengan polis asuransi. Tetapi umumnya, asuransi kesehatan memberikan pertanggungan terhadap beberapa jenis biaya, seperti:

  •   Biaya rawat inap di rumah sakit
  •   Biaya rawat jalan
  •   Biaya untuk pengobatan penyakit kronis
  •   Biaya persalinan
  •   Biaya ambulans
  •   Biaya obat-obatan
  •   Biaya untuk konsultasi dokter
  •   Biaya bedah atau operasi
  •   Dan lain sebagainya.

Biaya pertanggungan yang diberikan tersebut, tentunya hanya berlaku untuk beberapa rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi yang Anda gunakan. 

Untuk bisa mengajukan asuransi kesehatan, Anda perlu melengkapi beberapa persyaratan dokumen, seperti:

  •   Formulir pengajuan asuransi kesehatan yang sudah terisi lengkap
  •   Scan/Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  •   Kartu Keluarga asli
  •   Akta Kelahiran asli

Sebelum mengajukan asuransi kesehatan perorangan, Anda terlebih dahulu harus memenuhi beberapa kriteria umum pendaftar yang biasanya diberikan oleh pihak asuransi di bawah ini.

  •   Berusia minimal 18 tahun
  •   Memiliki kemampuan untuk membayar premi asuransi
  •   Memiliki kemampuan untuk memilih metode pembayaran yang diinginkan dan sesuai dengan kemampuan finansial, baik pembayaran secara bulanan, tahunan dan lain sebagainya. 

Mungkin beberapa orang akan berpikir, mengapa harus memiliki asuransi kesehatan jika sudah ada BPJS? Nyatanya, memiliki BPJS saja tidak cukup. Karena, ada beberapa kebutuhan kesehatan yang tidak ditanggung secara penuh oleh BPJS.

Maka dari itu, jika dilihat secara lengkap asuransi kesehatan memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki BPJS, seperti:

  •   Pelayanan kesehatan yang cepat
  •   Penggantian biaya rawat inap di rumah sakit secara penuh
  •   Bekerja sama dengan lebih banyak rumah sakit swasta maupun negeri
  •   Tidak memerlukan rujukan
  •   Kemudahan proses pengobatan 

Bagi Anda yang ingin melakukan klaim asuransi kesehatan, ada dua prosedur umum yang harus Anda lakukan, yaitu mengisi secara lengkap formulir pengajuan klaim asuransi dan melampirkan rincian tagihan rumah sakit beserta pengobatannya.

Untuk formulir pengajuan klaim asuransi sendiri, biasanya akan diberikan langsung oleh perusahaan asuransi kesehatan. Anda hanya tinggal mengisi semua data yang dibutuhkan secara lengkap, agar proses klaim bisa segera dilakukan.

Setelah formulir terisi lengkap, selanjutnya Anda bisa melampirkan semua rincian tagihan rumah sakit dan pengobatannya. Beberapa rincian tagihan yang dimaksud, diantaranya seperti tagihan biaya obat-obatan hingga informasi dokter terkait penyakit yang diderita pasien.

Semua dokumen tersebut pastikan sudah terisi dan terlampir dengan lengkap. Agar klaim asuransi yang Anda ajukan dapat berjalan dengan lancar dan tidak ditolak oleh pihak asuransi kesehatan.

Sebelum mengajukan asuransi kesehatan, sebaiknya Anda mengetahui dan memperhatikan beberapa hal seperti di bawah ini.

Jangka Waktu Asuransi Kesehatan

Ketika hendak mengajukan asuransi kesehatan, pastikan Anda memilih produk asuransi dengan jangka waktu seumur hidup atau setidaknya memiliki jangka waktu yang bisa diperpanjang. Dengan begitu, Anda tidak memiliki batasan jaminan perlindungan dan bisa menikmati produk asuransi kesehatan kapan saja dan dimana saja.

Biaya Kamar Rawat Inap

Tidak ada salahnya jika Anda memilih produk asuransi yang memberikan fasilitas kesehatan paling baik, seperti misalnya kamar rawat inap. Hal itu dilakukan agar Anda dapat menikmati kenyamanan pelayanan kesehatan sebaik mungkin selama di rumah sakit.

Masa Tunggu Penyakit

Masa tunggu penyakit juga menjadi hal yang harus diperhatikan ketika memilih produk asuransi kesehatan. Jangan sampai Anda memilih produk asuransi dengan masa tunggu penyakit yang terlalu lama.

Rekam Jejak Perusahaan Asuransi

Untuk bisa mengetahui rekam jejak perusahaan asuransi sangat mudah. Berkat kemajuan teknologi saat ini, Anda bisa dengan cepat mencarinya di mesin pencarian dan langsung keluar semua informasi yang Anda butuhkan terkait perusahaan asuransi kesehatan.

Melalui informasi tersebut, Anda bisa mengetahui dan memastikan bahwa perusahaan asuransi tempat Anda mengajukan asuransi kesehatan memiliki rekam jejak yang baik. Sehingga, untuk kedepannya Anda tidak akan mengalami kesulitan ketika ingin melakukan beberapa hal terkait asuransi, seperti misalnya pengajuan klaim.