Jenis Asuransi Kesehatan yang Bisa Anda Manfaatkan

Memberikan perlindungan terbaik bagi tubuh bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah melalui kepemilikan health insurance. Ada berbagai asuransi kesehatan yang saat ini bisa Anda miliki. Tentu semuanya ingin memberikan perlindungan terbaik. Berikut akan dibahas apa saja jenis asuransi kesehatan yang tersedia dan apa saja manfaatnya bagi Anda.

Sebelum mengenal apa saja jenis asuransi kesehatan, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu pengertian dari layanan yang satu ini. Asuransi kesehatan merupakan sebuah layanan yang akan memberikan perlindungan bagi kita. Perlindungan diberikan untuk mencegah kita mengalami kerugian dalam bentuk finansial akibat risiko kesehatan kita yang mungkin terjadi selama kehidupan ini.

Berbagai jenis asuransi kesehatan dapat memberikan Anda biaya perawatan yang berhubungan dengan kondisi kesehatan tubuh. Biaya perawatan akan ditanggung oleh pihak asuransi. Syaratnya, kita harus melakukan pembayaran premi secara rutin sesuai dengan jumlah yang sudah disetujui. 

Berbagai Jenis Asuransi Kesehatan

Ada beberapa jenis asuransi kesehatan di sekitar kita. Setiap jenis tersebut memang memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan perlindungan terbaik. Berikut adalah beberapa jenis asuransi kesehatan yang bisa Anda gunakan.

1. Berdasarkan Perawatan

Terdapat dua jenis asuransi kesehatan yang dibedakan berdasarkan perawatannya yaitu asuransi rawat inap dan rawat jalan. Sesuai dengan namanya, layanan rawat inap akan menanggung perawatan yang membutuhkan Anda menginap di rumah sakit. Sementara itu untuk layanan rawat jalan akan menanggung biaya perawatan tanpa menginap di rumah sakit maupun klinik.

2. Berdasarkan pada Metode Pembayaran

Apabila perbedaan dilihat dari cara pembayaran premi, maka jenis asuransi kesehatan dibagi menjadi cashless dan reimbursement. Asuransi cashless adalah jenis layanan yang akan melakukan pembayaran tagihan kesehatan lewat sebuah kartu. Anda hanya cukup menunjukkan kartu tanpa harus melakukan pembayaran menggunakan uang. 

Sementara itu untuk jenis asuransi kesehatan reimbursement, pembayaran terlebih dahulu dilakukan menggunakan uang pribadi. Anda harus membayar terlebih dahulu biaya perawatan. Setelah lunas, baru Anda bisa mengajukan klaim agar uang tersebut diganti oleh pihak asuransi.

3. Berdasarkan Pengelola Dana

Jenis asuransi kesehatan berdasarkan pada pengelola dana dibagi menjadi asuransi pemerintah dan perusahaan swasta. Perbedaan ini jelas bisa kita pahami dengan baik. Untuk layanan asuransi dari pemerintah, kita semua mengenal adanya BPJS Kesehatan.

Sementara itu jenis asuransi kesehatan yang ditanggung perusahaan swasta juga ada banyak sekali pilihannya. Jika Anda ingin mengambil layanan yang satu ini, pastikan untuk melakukan pertimbangan dan memilih perusahaan yang tepat. Jangan sampai tertipu dengan penawaran keuntungan yang menggiurkan.

4. Berdasarkan Biaya yang Akan Ditanggung

Jika dilihat dari besarnya biaya yang akan ditanggung, maka jenis asuransi kesehatan dibagi menjadi dua. Ada asuransi dengan tanggungan total dan tanggungan tertinggi. Tanggungan total artinya biaya yang ditanggung meliputi semua biaya perawatan mulai dari pemeriksaan hingga rawat inap. 

Sementara itu, jenis asuransi kesehatan dengan tanggungan tertinggi artinya biaya yang ditanggung hanya biaya yang paling besar. Misalnya biaya yang ditanggung hanya biaya opname saja karena dinilai paling besar. Sementara itu biaya pemeriksaan tidak ditanggung oleh asuransi.

5. Berdasarkan Pihak Tertanggung

Jenis asuransi kesehatan berdasarkan pada pihak tertanggung dibagi menjadi asuransi kolektif atau kelompok dan pribadi. Sesuai dengan namanya, untuk jenis kelompok maka layanan tersebut akan digunakan untuk kelompok tersebut misalnya untuk keluarga atau karyawan dalam satu perusahaan. Sementara itu untuk jenis asuransi kesehatan pribadi, artinya layanan tersebut akan digunakan untuk satu orang saja. 

Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan

Kini Anda sudah bisa memilih salah satu dari banyaknya jenis asuransi kesehatan. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika Anda menggunakan layanan yang satu ini. Berikut adalah beberapa manfaat memiliki asuransi kesehatan.

1. Meminimalkan Risiko

Setiap jenis asuransi kesehatan yang Anda gunakan akan membantu meminimalkan risiko. Memang benar bahwa risiko sakit tidak bisa banyak dicegah. Jika memang sudah takdirnya sakit maka Anda tidak bisa mengelak. Namun, layanan ini akan membantu meminimalkan risiko kerugian yang mungkin menimpa Anda saat kesehatan terganggu.

Banyak orang yang tak memiliki layanan ini sehingga akhirnya harus menanggung kerugian besar karena mengeluarkan banyak biaya berobat. Kondisi semacam ini tidak akan terjadi jika Anda memiliki salah satu jenis asuransi kesehatan dari penyedia dana yang terpercaya.

2. Persiapan Dana Mendadak

Kepemilikan layanan ini juga akan membantu Anda mempersiapkan dana mendadak. Setiap orang bisa jatuh sakit kapan saja tanpa bisa diprediksi. Itulah mengapa penting sekali mempersiapkan dana mendadak untuk mengatasi hal tersebut. Jenis asuransi kesehatan apapun akan membantu Anda menyimpan dana mendadak tersebut dengan cara yang ringan dan efektif.

3. Membantu Persiapan Finansial

Saat Anda memilih salah satu jenis asuransi kesehatan untuk dimiliki maka Anda sudah mengambil strategi perencanaan finansial yang baik. Anda bisa mengatur finansial Anda dengan cara melakukan pembayaran premi asuransi. Ini artinya, Anda harus sebisa mungkin mengelola uang agar pembayaran premi bisa terus dilakukan secara rutin. 

Memiliki layanan ini sangat penting bagi mereka yang tidak bisa mengatur keuangan dengan baik. Setelah memiliki salah satu jenis asuransi kesehatan, mereka secara otomatis akan lebih teratur dalam mengelola keuangan.

4. Investasi Masa Depan

Kepemilikan jenis asuransi kesehatan tertentu bisa menjadi sebuah investasi bagi Anda di masa depan. Premi yang Anda bayarkan bisa menjadi tabungan bagi Anda. Perusahaan asuransi biasanya memberikan pengembalian dana jika masa berlaku kontrak sudah habis. Namun, hal ini tentu dilakukan sesuai isi kontrak yang berlaku.

Jika memang tidak ada pengembalian dana, anggap saja pembayaran premi tersebut merupakan tabungan untuk kesehatan Anda. Jika suatu saat Anda sakit, Anda bisa mengambil tabungan tersebut.

5. Memberi Ketenangan

Apapun jenis asuransi kesehatan yang Anda pilih pasti akan memberikan ketenangan bagi Anda. Rasa tenang itu didapatkan karena ada yang memberikan perlindungan bagi Anda. Jika suatu saat harus menjalani perawatan kesehatan, Anda sudah terlindungi dengan adanya asuransi tersebut.

Jenis asuransi kesehatan apapun akan memberikan jaminan saat Anda membutuhkan perawatan kesehatan. Anda tak perlu merepotkan orang lain, paling tidak untuk masalah biaya. Anda bisa mendapatkan tubuh yang sehat kembali tanpa harus kerepotan mengumpulkan uang. 

6. Memberi Fasilitas Kesehatan yang Layak

Anda bisa menikmati fasilitas kesehatan yang layak dengan memiliki salah satu jenis asuransi kesehatan. Layanan ini akan memastikan Anda mendapatkan perawatan yang tepat sesuai kebutuhan. Anda juga tak harus mengeluarkan uang besar lagi untuk mendapatkan perawatan dan fasilitas tersebut. 

Pastikan Anda memilih jenis asuransi kesehatan serta perusahaan yang tepat demi kenyamanan diri sendiri. Pertimbangkan kemampuan dan kebutuhan Anda agar bisa menemukan layanan yang paling pas. Jangan lupa, perhatikan juga jumlah premi yang harus dibayarkan agar Anda bisa membuat perencanaan yang matang.

Anda bisa melakukan pengajuan dari berbagai jenis asuransi kesehatan yang tepat melalui CekAja.com. CekAja.com akan memberikan rekomendasi terbaik bagi Anda seputar asuransi kesehatan. Saran dan informasi bisa membantu Anda mendapatkan pelayanan dari berbagai jenis asuransi kesehatan terbaik.