Manfaat Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah jenis produk asuransi yang menjamin perlindungan nasabah dari segala biaya layanan kesehatan akibat sebuah penyakit maupun peristiwa kecelakaan. Mulai dari biaya jasa dokter, biaya pengobatan penyakit, biaya pembedahan, biaya rawat jalan maupun rawat inap, dan lain sebagainya.

Asuransi kesehatan sangat penting untuk Anda karena melindungi diri dari segala biaya akibat risiko-risiko kesehatan. Perlindungan diri ini sangat bermanfaat, mengingat aset yang terpenting di hidup adalah kesehatan dirimu sendiri. Dengan kesehatan yang terjaga, Anda bisa melakukan segala aktifitas.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan memiliki beragam manfaat yang bisa didapatkan nasabahnya. Namun begitu, manfaat asuransi kesehatan bisa saja berbeda-beda.

Semuanya tergantung dengan jenis asuransi kesehatan dan penyedia jasa asuransi kesehatan yang dipilih. Demikian pula dengan besaran limit dari setiap manfaat yang didapat.

Tapi yang pasti, keuntungan manfaat asuransi kesehatan ini bisa digunakan di banyak rumah sakit rekanan perusahaan asuransi. Baik rumah sakit dalam negeri, maupun luar negeri.

Secara garis besar, manfaat asuransi kesehatan terdiri dari beberapa hal berikut ini.

  •       Manfaat Rawat Jalan

Manfaat asuransi kesehatan meng-cover biaya rawat jalan. Manfaat ini berlaku untuk pelayanan kesehatan rawat jalan untuk perawatan diri akibat kecelakaan, penyakit yang baru dikeluhkan setelah memiliki asuransi kesehatan, maupun penyakit yang sebelumnya sudah diidap sebelum memiliki asuransi kesehatan.

Lebih lengkapnya, manfaat rawat jalan meng-cover biaya administrasi, biaya jasa konsultasi kesehatan oleh dokter, biaya obat-obatan yang diresepkan dokter, dan biaya untuk segala tindakan pencegahan penyakit lainnya.

  •       Manfaat Rawat Inap

Kedua, ada manfaat rawat inap yang meng-cover pembiayaan kamar inap pasien di rumah sakit, biaya laboratorium, dan biaya layanan darurat. Penanganan tercepat selama rawat inap ini akan membuat kemungkinan pasien lebih cepat sembuh atau mencegah penyakit semakin menjadi gawat.

  •       Manfaat Pembedahan

Manfaat asuransi kesehatan juga meng-cover biaya pembedahan atau operasi. Jenis pembedahan yang di-cover beragam, mulai dari pembedahan ringan hingga pembedahan untuk penyakit kritis. Umumnya pihak penyedia asuransi memberikan manfaat pembedahan untuk penyakit yang baru didapat nasabah setelah memiliki asuransi.

  •       Manfaat Perawatan Gigi

Sedangkan untuk perawatan gigi, manfaat asuransi kesehatan meng-cover beberapa layanan. Yakni perawatan gigi dasar, seperti rontgen, perbaikan cusp, perawatan saluran akar dan saraf gigi.

Kemudian ada pula perawatan gigi kompleks yang meliputi pemotongan saraf pada geraham, pelapisan emas, pembedahan jaringan gigi, dan lain sebagainya. Terakhir, manfaat asuransi kesehatan juga meng-cover perawatan atau pemasangan gigi palsu.

  •       Manfaat Tambahan Asuransi Jiwa

Manfaat tambahan asuransi jiwa di dalam kepemilikan asuransi kesehatan memungkinkan keluarga yang ditunjuk nasabah untuk mendapatkan uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia. Untuk mendapat manfaat tambahan ini, nasabah akan dikenakan penambahan premi pula.

  •       Manfaat Santunan Harian

Manfaat asuransi kesehatan yang satu ini memberikan nasabah uang santunan yang dinilai berdasarkan lama nasabah dirawat di rumah sakit. Nilai manfaat ini juga disepakati sesuai persetujuan nasabah dan penyedia asuransi.

Misalnya, nasabah memilih membayar premi untuk uang pertanggungan senilai Rp400.000 per hari dirawat inap. Maka jika nasabah dirawat selama 5 hari, akan mendapatkan uang pertanggungan Rp2 juta. Uang pertanggungan ini akan cair dengan sistem reimbursement.

  •       Manfaat Penyakit Kronis

Setiap orang memiliki kemungkinan mengidap penyakit kronis. Seperti penyakit jantung, gagal ginjal, stroke, kanker, hipertensi, dan lain sebagainya. Manfaat asuransi kesehatan ini sangat penting terutama bagi nasabah yang berusia dewasa (26 tahun sampai 45 tahun) dan lansia (46 tahun sampai 65 tahun). 

Semua manfaat asuransi kesehatan di atas bisa Anda dapatkan dengan membayar premi terjangkau dengan nilai uang pertanggungan yang sangat menguntungkan. Beberapa produk asuransi kesehatan juga menawarkan pengembalian premi jika tidak terjadi klaim dalam kurun waktu tertentu.

Untuk memiliki dan mendapatkan manfaat asuransi kesehatan, kamu bisa mengajukan pembelian asuransi dengan memenuhi beberapa syarat. Di antaranya sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia berusia di atas 17 tahun
  • Memiliki penghasilan tetap
  • Membayar iuran premi bulan pertama

Dokumen yang Perlu Dilengkapi

Sedangkan untuk dokumen yang perlu kamu lengkapi meliputi:

  • Formulir pengajuan asuransi kesehatan yang telah diisi lengkap
  • Kartu identitas diri (KTP, Paspor, atau SIM)
  • Kartu Keluarga
  • Buku nikah (untuk calon nasabah yang sudah menikah)
  • Kartu identitas tanggungan (akta anak, KTP orang tua atau pasangan, dan lain-lain)
  • Bukti pendapatan atau slip gaji
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) jika ada

Membeli asuransi kesehatan bisa dilakukan dengan dua pilihan cara. Yakni dengan datang langsung ke kantor cabang perusahaan asuransi dengan membawa dokumen lengkap, atau pengajuan secara online.

Untuk pengajuan asuransi kesehatan secara online, kamu bisa mengunjungi situs resmi perusahaan asuransi kesehatan yang dipilih. Kemudian pilih menu pengajuan asuransi, isi data diri, tentukan jenis asuransi kesehatan yang dipilih beserta nilai pertanggungan. Nantinya, petugas perusahaan asuransi kesehatan akan menghubungimu lebih lanjut.

Pengajuan asuransi kesehatan secara online juga bisa dilakukan di situs perusahaan financial technology (fintech) yang mendukung layanan pengajuan asuransi kesehatan secara online. Salah satunya seperti CekAja.com.

Caranya, isi data diri dan pilih jenis asuransi serta nilai pertanggungan. Tampilan perbandingan berbagai produk asuransi kesehatan akan muncul, dan kamu bisa langsung memilih dan mengajukannya. Petugas akan menghubungimu untuk melengkapi dokumen yang akan diambil oleh kurir yang datang ke alamat rumahmu. Mudah, kan?

Cara klaim untuk mendapat manfaat asuransi kesehatan bisa dengan sistem reimburse, sistem cashless, dan sistem santunan.

Untuk sistem reimburse, perusahaan asuransi akan mengganti biaya kesehatan setelah nasabah selesai mendapatkan layanan kesehatan dengan membayarnya terlebih dulu dengan uang sendiri. Besaran uang yang di-reimburse sesuai dengan nilai pertanggungan di dalam polis asuransi kesehatan.

Cara klaim dengan sistem reimburse bisa dilakukan dengan menghubungi pihak perusahaan asuransi, lalu menyerahkan bukti kwitansi biaya semua layanan kesehatan (termasuk obat yang diresepkan) dan hasil diagnosa dokter.

Sedangkan untuk sistem cashless, kamu bisa langsung membayar biaya pelayanan kesehatan dengan kartu asuransi. Jika terdapat biaya yang melebihi nilai pertanggungan, maka kamu akan menanggung sisa bayarannya.

Kemudian jika perusahaan asuransi kesehatan memberlakukan sistem santunan harian, maka nilai pertanggungan yang didapatkan sesuai dengan kuantitas atau jumlah hari rawat jalan atau rawat inap yang dijalani tertanggung. Besaran uang santunan harian ini sudah disepakati sebagaimana tertera di polis asuransi kesehatan.