Pengajuan Asuransi Kesehatan Secara Online

Asuransi kesehatan saat ini, sudah menjadi sebuah hal yang dibutuhkan, dan merupakan hal yang wajib dimiliki setiap individu maupun keluarga. Selain bisa memberikan beragam perlindungan risiko kesehatan, produk ini bisa juga memberikan kemudahan, dalam mengakses berbagai fasilitas kesehatan, tanpa harus menunggu perintah rujukan.

Terlebih, kini asuransi kesehatan sudah memiliki banyak fitur pelayanan, yang bisa memudahkan Anda dalam melakukan pengobatan. Seperti fitur cashless, yang telah tersedia di salah satu perusahaan asuransi ternama, yakni Asuransi Kesehatan Cigna.

Dengan adanya fitur cashless, membuat Anda tidak perlu lagi membuat surat pengajuan klaim, karena penggunaannya hanya tinggal digesek saja. Selain itu, Cigna juga menjadi salah satu perusahaan asuransi kesehatan paling direkomendasi, karena memiliki banyak program.

Mulai dari Cigna Eazihealth, Cigna Infinite Healthcare, Cigna Family Care Optima, Cina Family Care, Cigna Premium Health Protection, Cigna Proteksi Sehat Optima, Cigna Proteksi Sehat, Cigna Senyum Sehat, Cigna Health Protection, Cigna Care and Save.

Sehingga, Anda dan keluarga dapat memilih pilihan program yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dan kemampuan finansial Anda. Sehingga, Anda bisa mendapatkan produk yang cocok dan tidak merasa dirugikan oleh pihak manapun.

Adapun jika Anda ingin mengajukan asuransi kesehatan Cigna dengan mudah dan praktis, bisa mengajukannya melalui CekAja.com, secara online. Tidak hanya Cigna, CekAja.com juga menyediakan produk asuransi kesehatan dari berbagai perusahaan asuransi ternama lainnya.

Terlebih, saat ini masih banyak orang enggan memiliki asuransi kesehatan, dikarenakan masih merasa kesulitan dalam memilih dan mengajukan produk finansial yang satu ini.

Namun, sepertinya hal tersebut bukan lagi masalah besar, karena saat ini Anda bisa merasakan mudahnya pengajuan online berbagai produk asuransi ternama di Indonesia, melalui situs CekAja.com.

    Asuransi kesehatan merupakan salah satu produk asuransi, yang memiliki fungsi untuk memberikan jaminan perlindungan kesehatan, kepada para nasabahnya. Bentuk dari jaminan atau tanggungan yang diberikan oleh pihak asuransi kesehatan adalah umumnya berupa biaya pengobatan rumah sakit jika nasabah sakit atau kecelakaan.

    Ada banyak pilihan perlindungan biaya rumah sakit yang ditawarkan perusahaan-perusahaan asuransi kesehatan kepada nasabahnya. Mulai dari biaya rawat inap di rumah sakit, biaya rawat jalan, biaya operasi, biaya obat-obatan dan masih banyak lagi.

    Tidak hanya itu, beberapa perusahaan asuransi kesehatan kini juga menyediakan jaminan untuk para nasabah yang ingin melahirkan, yakni berupa biaya bersalin secara normal maupun sesar.

    Banyak keuntungannya bukan? Nah, untuk bisa mendapatkan berbagai perlindungan kesehatan seperti yang sudah disebutkan secara umum di atas, para nasabah atau pemegang polis asuransi tentunya wajib melakukan pembayaran premi asuransi secara berkala.

Di zaman yang serba canggih karena majunya teknologi ini bisa memudahkan Anda dalam melakukan berbagai kegiatan, termasuk mengajukan asuransi kesehatan. Anda bisa dengan mudah mengajukan asuransi kesehatan yang diinginkan secara online, kapan saja dan di mana saja. Berikut beberapa keuntungan mengajukan asuransi kesehatan secara online:

- Proses Pengajuan Secara Online Lebih Praktis

- Anda akan Dapatkan Biaya Polis yang Lebih Murah

- Ada Banyak Produk Asuransi Lainnya yang Ditawarkan

- Website atau Portal Asuransi Kesehatan Lebih Menarik dan Lengkap

- Bisa Melihat Berbagai Review dari Peserta Sebelumnya

Untuk jumlah premi dari produk asuransi kesehatan, biasanya tergantung dari masing-masing perusahaan asuransi, dan juga disesuaikan dengan kondisi kesehatan nasabah, tingkat risiko, manfaat, kebutuhan, kemampuan finansial nasabah, dan ketentuan lainnya.

Mungkin pertanyaan tersebut seringkali terlintas di pikiran Anda, terkait perbedaan asuransi kesehatan dari perusahaan swasta dan asuransi kesehatan dari pemerintah alias Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS).

Nyatanya, asuransi kesehatan dari perusahaan swasta memang memiliki beberapa kelebihan, daripada asuransi kesehatan BPJS. Kelebihan yang dimiliki asuransi kesehatan swasta di antaranya adalah pelayanan lebih cepat, lebih memberikan kemudahan, hingga lebih fleksibel dalam memilih rumah sakit.

Berbeda dengan BPJS, yang pelayanannya lebih lambat, karena banyaknya peserta, dan pemilihan rumah sakit biasanya sudah ditentukan sesuai rujukan.

Asuransi kesehatan memiliki beberapa jenis sesuai kategorinya, dan berikut beberapa pembagian dari asuransi kesehatan:

- Berdasarkan Jenis Perawatan: Asuransi kesehatan rawat inap dan rawat jalan

- Berdasarkan Biaya yang Ditanggung: Biaya atas rawat inap, biaya atas rawat jalan, dan biaya atas manfaat khusus misalnya biaya ambulans, kursi roda, dan lain-lain.

- Berdasarkan Pihak yang Ditanggung: Individu atau kelompok

- Berdasarkan jenis Pembayaran Klaim: Jenis cashless dan reimburse.

- Berdasarkan kepemilikan Badan Penyelenggara: Asuransi kesehatan swasta dan pemerintah

Asuransi kesehatan banyak memiliki manfaat, yakni sebagai jaminan perlindungan diri dari berbagai ancaman kesehatan. Sehingga, kepemilikan asuransi kesehatan setiap individu, memang sangat disarankan, alias sangat diperlukan. Berikut beberapa alasan, mengapa asuransi kesehatan penting dimiliki:

- Sangat bermanfaat ketika Anda sakit atau kecelakaan secara mendadak, sehingga Anda tidak perlu khawatir dan merepotkan keluarga, saudara hingga kerabat. Pasalnya, dengan memiliki asuransi kesehatan, biaya perawatan dan pengobatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

- Tidak perlu memikirkan soal kenaikan biaya-biaya kesehatan yang setiap tahunnya meningkat. Sehingga, Anda tetap bisa menikmati fasilitas yang diberikan dari perusahaan asuransi.

- Premi asuransi akan lebih kecil jika Anda mengajukan asuransi kesehatan sejak dini. Hal ini dilihat dari kemungkinan risiko penyakit kronis yang bisa menimpa Anda. Sehingga, semakin muda usia Anda ketika mengajukan asuransi, maka pihak asuransi juga akan melihat risiko terkena penyakit pada usia uda akan semakin kecil.

- Untuk premi yang lebih murah, Anda bisa mengajukan asuransi kesehatan yang murni.

- Sangat praktis, karena mayoritas perusahaan asuransi kesehatan akan memberikan sistem cashless. Sehingga Anda hanya perlu membawa kartu peserta asuransi, yang bisa mempermudah Anda dalam melakukan klaim.

- Jangka Waktu Seumur Hidup

Untuk perlindungan kesehatan, diusahakan jangan setengah-setengah. Pastikan produk asuransi kesehatan yang Anda pilih bisa bertahan untuk seumur hidup Anda. Sehingga, Anda bisa menikmati fasilitas produk tersebut setiap saat, atau Anda bisa pilih jenis asuransi kesehatan yang bisa diperpanjang jangka waktunya.

- Masa Tunggu Penyakit

Dalam memilih asuransi kesehatan, perlu Anda perhatikan juga terkait masa tunggu penyakit. Pastikan Anda memilih produk asuransi kesehatan dengan masa tunggu yang tidak terlalu panjang.

- Biaya Kamar

Gunakan fasilitas asuransi kesehatan sebaik mungkin, yakni dengan memilih jenis kamar dan pelayanan yang biayanya lebih tinggi. Hal tersebut dilakukan agar Anda bisa menikmati pelayanan kesehatan yang nyaman di rumah sakit.

- Formulir pengajuan asuransi yang telah diisi

- Fotokopi/scan KTP

- Akta Kelahiran

- Kartu Keluarga

- Kartu Kredit yang masih aktif (untuk metode pembayaran premi bulanan)

Setidaknya ada dua prosedur umum, yang wajib dilakukan untuk melakukan klaim asuransi kesehatan, yakni dengan:

- Mengisi formulir klaim asuransi dengan lengkap

Formulir biasanya akan diberikan oleh perusahaan asuransi. Isi dengan lengkap formulir tersebut, mulai dari identitas dan data lainnya, agar proses klaim bisa dilakukan dengan cepat.

- Melampirkan rincian tagihan rumah sakit dan pengobatan

Tidak hanya mengisi formulir identitas, melampirkan tagihan rumah sakit dan pengobatan juga sangat penting dilakukan. Misalnya identitas pasien, laporan penyakit, informasi dokter, biaya obat-obatan, dan lain-lain.

Pastikan, semua data ini dilampirkan, agar klaim Anda tidak ditolak oleh perusahaan asuransi.