Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Berapa Kira-kira Premi Asuransi Mobil Mewah Milik Selebriti Indonesia?

by Ariesta on 31 Maret, 2017

mobil mewah_asuransi kendaraan - CekAja.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau selebriti Indonesia senang memamerkan kekayaan mereka.

Barang-barang branded, rumah mewah, mobil mewah, sampai aktivitas ala sosialita menjadi konsumsi publik lewat pemberitaan media. Urusan mobil mewah, bukan hanya satu atau dua selebriti saja yang memilikinya. Harganya pun fantastis, bukan hanya ratusan juta melainkan mencapai miliaran rupiah.

Sebuah kesenjangan menganga lebar mengingat sampai Maret 2016 saja tercatat jumlah penduduk miskin di Indonesia mencapai 28,01 juta orang (10,86 persen). Tapi bukan itu yang akan dibahas di artikel ini. Artikel ini akan membahas berapa yang harus dibayarkan untuk premi asuransi mobil mewah milik selebriti Indonesia.

Kalau kamu yang memiliki mobil di angka Rp200 juta harus membayar Rp5 jutaan untuk asuransi kendaraan komprehensif, berapa premi asuransi kendaraan yang harus dibayar para selebriti untuk mobil miliaran mereka, terutama setelah kenaikan harga premi per 1 April 2017?

Raffi Ahmad

foto : Pinterest
foto : Pinterest

Penampilan Camaro Bumblebee milik Raffi Ahmad sekilas mengingatkan kita pada tunggangan Sam Witwicky di film Transformer. Meski tidak bisa bertransformasi menjadi robot, mobil mewah milik Raffi Ahmad tetap dibekali mesin mimpuni V8 6,2liter yang dapat menghasilkan hingga 426 tenaga kuda dengan torsi 408lb/ft.

Dengan harga Rp1,9 miliar, maka premi asuransi komprehensif yang harus dibayarkan adalah: Rp1,9 miliar x 1,16% = Rp22.040.000. Tentu jumlah yang kecil untuk Raffi Ahmad ya? Apalagi Raffi Ahmad mengoleksi sampai tiga mobil mewah miliaran.

Syahrini

foto: Topspeed
foto: Topspeed

Pencipta tren bulu mata badai, sesuatu, dan maju mundur cantik ini memang terkenal sebagai sosialita kelas atas yang selalu mewah dari ujung kepala sampai ujung kaki. Meski lebih dikenal memiliki Hermes yang harganya sama dengan rumah mewah di kawasan elite, penyanyi yang dijuluki Princess atau Incess ini juga tidak mau ketinggalan mengoleksi mobi mewah.

Tak tanggung, mobil mewah Lamborghini Gallardo menjadi pilihan Syahrini. Gallardo bermesin V10 5,2 liter yang dapat menempuh 100 km/h dalam waktu 4.2 detik saja. Jika harga mobil ada di kisaran Rp6 miliar, maka premi asuransi komprehensif yang harus dibayarkan adalah: Rp6 miliar x 1,16% = Rp69.600.000. Pastinya bukan beban bagi Syahrini yang terbiasa naik helikopter dan pesawat jet ke mana-mana.

Bella Shofie

foto: Wikipedia
foto: Wikipedia

Dari kalangan selebriti-sosialita lainnya ada Bella Shofie yang sepertinya tidak ingin kalah mewah dari Syahrini. Meski jarang terlihat main sinetron atau film, Bella Shofie mampu memiliki Porsche Boxster yang harganya mencapai Rp3,5 miliar. Mobil dengan tampilan modis ini dibekali mesin 6 silinder turbo yang berkapasitas 3.800 cc.

Untuk mendapatkan perlindungan komprehensif, Bella Sophie harus membayar: Rp3,5 miliar x 1,16% = Rp40.600.000. Belum lagi biaya mengganti warna cat mobil karena dalam berbagai kesempatan warna Porsche milik Bella berubah-ubah.

Nikita Willy

foto: Pinterest
foto: Pinterest

Meski kini wajahnya sudah jarang menghiasi layar sinetron, Nikita Willy mendapatkan banyak pundi-pundi penghasilan dari bisnis properti. Di usianya yang masih muda, Niki memiliki mobil Cadillac Escalade ESV berwarna putih. Cadillac Escalade ESV merupakan salah satu SUV termewah di dunia yang juba banyak dimiliki selebriti kaya Hollywood.

Masuk ke Indonesia, mobil asal Amerika ini dibandrol dengan kisaran harga Rp3,4 miliar. Jadi asuransi komprehensif yang harus dibayarkan Nikita senilai: Rp3,4 miliar x 1,16% = Rp39.440.000.

Tompi

foto: Spidercars
foto: Spidercars

Penyanyi sekaligus dokter bedah, Tompi, rupanya penggemar otomotif. Sebagai tunggangan, Tompi memilih mobil mewah berspesifikasi gahar yakni Lamborghini Gallardo.

Dengan harga Rp5,5 miliar, maka biaya premi asuransi komprehensif yang dibayarkan Tompi adalah: Rp5,5 miliar x 1,16% = Rp63.800.000. Dengan jumlah ini kamu sudah bisa membeli mobil bekas jenis BMW 320i E36 keluaran tahun 1996.

Kevin Aprilio

foto: Youtube
foto: Youtube

Kevin Aprilio mulai terkenal sejak band musik bentukannya, Vierra, sukses di panggung musik Indonesia. Lebih dikenal sebagai musisi, rupanya ia juga sukses sebagai trader forex hingga bisa membeli Ferrari F430 seharga Rp3,5 miliar.

Namun bisnis kevin tidak selalu ada di atas angin. Pada tahun 2015 lalu, ia pernah mengalami kerugian sebesar Rp8,5 miliar dan harus menggantikan uang para klien. Bicara soal asuransi mobil, kira-kira jumlah yang harus dibayarkan Kevin untuk perlindungan komprehensif mencapai Rp3,5 miliar x 1,16% = Rp40.600.000.

Asuransi all risk atau komprehensif menjamin semua risiko kerusakan yang diakibatkan kecelakaan besar atau kecelakaan kecil, kehilangan aksesoris, dan kehilangan kendaraan. Semua kerugian yang terjadi pada kendaraan akan menjadi tanggungan asuransi.

Sedangkan jenis lainnya adalah asuransi Total Loss Only (TLO) yang hanya memberikan pertanggungan apabila kendaraan hilang atau mengalami kerusakan minimal 75% sehingga kendaraan benar-benar tidak dapat digunakan lagi.

Sebagai pemilik mobil mewah, tentu asuransi komprehensif lebih menjadi pertimbangan. Hal ini mengingat biaya kerusakan yang harus dibayarkan sendiri akan cukup tinggi karena harga mobil yang mencapai miliaran. Persentase 1,61% didapat dari ketepatan OJK mengenai batas atas asuransi mobil dengan harga mobil di atas Rp800 juta yang berlaku sejak 1 April 2017.

Tentang Penulis