Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Gaya Hidup Bisa Foya-foya, Tapi Tetap Kaya

by JTO on 6 Mei, 2015

belanja hemat _ kartu kredit - CekAja.com

Apa kebiasaan yang sering dilakukan untuk bersenang-senang. Liburan, geluti hobi petualangan, atau hanya sekedar kongkow di kafe bersama teman-teman setiap minggu. Jangan khawatir, semua bisa dilakukan tanpa membuat uang  terkuras. Rahasianya, cukup baca artikel ini.

Sebagian orang berpendapat, foya-foya akan menyengsarakan diri di kemudian hari. Gaya hidup selalu bersenang-senang itu dianggap akan menghabiskan banyak uang dalam sekejap. Ada cara agar dapat tetap bisa foya-foya tanpa menjadi sengsara di hari tua. Bagaimana caranya?

Punya pilihan tepat untuk habiskan uang

Pada poin ini, tentukan apa saja hal menyenangkan yang kira-kira bisa dilakukan dengan uang Anda. Dari beberapa hal menyenangkan itu, coba pilih satu atau beberapa ide yang dianggap bisa menghasilkan kesenangan terbesar. Karena tindakan ini akan berguna dan membantu menghindari pengeluaran yang percuma dengan melakukan banyak kegiatan yang menguras uang Anda.

Misal, ide bersenang-senang yang dianggap paling Anda inginkan adalah pergi liburan. Langsung saja pilih hal itu. Selanjutnya, tentukan tujuan liburan yang dianggap paling menyenangkan. Jadi, Anda bisa punya waktu menetapkan dan mempersiapkan dananya dengan matang.

Gunakan rumus bujet

Tidak bisa dihindari, Anda perlu uang untuk melakukan hal menyenangkan. Walau besarnya uang tidak selalu menjadi tolak ukur kesenangan yang bisa didapatkan, tapi bujet yang terencana bisa membuat kegiatan foya-foya lebih baik. Jangan sampai sehabis bersenang-senang kemudian Anda bangkrut.

Bila kegiatan yang akan Anda lakukan adalah liburan, cobalah gunakan rumus ATM-GOL (Akomodasi, Transportasi, Makan, Guide (biaya pemandu wisata), Objek (biaya tiket masuk objek wisata tujuan), Lain-lain (biaya tak terduga, seperti biaya belanja oleh-oleh, penatu dan kelebihan bagasi). Tetapkan masing-masing pos pengeluaran. Jadi, ketika tiba di tempat liburan, urusan berhitung tidak perlu pusing untuk dilakukan lagi. (Baca juga: 7 Cara Agar Gaji Tidak “Koma” di Tengah Bulan)

Dalam menghabiskan pendapatan, biasanya Anda akan mengalokasikan ke beberapa hal, yaitu makanan, transportasi, dan rumah. Kemudian sisanya akan dipergunakan untuk membayar cicilan, biaya hiburan atau jalan-jalan, dan berbelanja. Nah, dengan menghitung berapa persentase dari pengeluaran-pengeluaran tersebut, maka akan diketahui berapa dana yang dibutuhkan untuk bersenang-senang.

Beli perlindungan

Boleh saja Anda punya rencana senang-senang tiap minggu atau punya waktu untuk menghabiskan uang. Asal jangan lupa, Anda wajib miliki perlindungan di saat kondisi darurat menyangkut kesehatan dan risiko tidak terduga lainnya. Sangat sering kami menyinggung bila seseorang  bisa bangkrut karena tidak miliki asuransi. (Baca juga: Bangkrut Karena Tidak Punya Asuransi!)

Ketika pergi liburan pun, Anda perlu miliki perlindungan untuk perjalanan yang dilakukan. Mulai dari bagasi yang hilang, penundaan pesawat, hingga risiko biaya rumah sakit di tempat Anda melakukan perjalanan, semuanya bisa diatasi dengan asuransi perjalanan. Enak toh.

Fungsi asuransi adalah mengalihkan biaya atas risiko. Jadi, baik itu sakit, kecelakaan, atau terkena risiko darurat yang lain, Anda tidak akan merasa khawatir dengan adanya pertanggungan biaya dari asuransi yang Anda miliki. Dana bersenang-senang pun tidak akan terganggu.

Gunakan kunci kaya saat pensiun

Perencanaan keuangan yang baik tidak berarti melupakan kesenangan di masa muda. Justru hal ini dilakukan agar Anda dapat memiliki simpanan di hari tua tanpa mengurangi kesenangan di masa muda. Dikutip dari wawancara USA Today dengan Jeanne Thompson yang diterbitkan secara online di Forbes, ada empat hal yang dapat menjadikan Anda bisa menjadi jutawan di hari tua, yaitu: mulai menabung dari usia muda, simpan uang dalam jumlah cukup, sesuaikan dengan jumlah simpanan dengan gaya hidup, dan konsisten. Apakah Anda sudah melakukan 4 hal itu? (Baca juga: 8 Hal Sepele yang Bisa Bikin Uang Terkuras)

Buat ide ketika mood baik

Stop untuk menyusun ide bersenang-senang ketika suasana hati sedang buruk! Karena biasanya tindakan itu hanya akan menambah daftar penyesalan. Bisa jadi, motif bersenang-senang akan dilakukan karena dendam dan tidak peduli walau Anda harus menguras seluruh tabungan. Salah satu cara paling ampuh dan bisa dilakukan untuk membuat ide berikutnya justru ketika Anda sedang bersenang-senang! Namun, bukan artinya menyusun rencana saat Anda sedang mabuk.

Lain kali ketika akan berfoya-foya cobalah ingat lima tips sederhana ini. Poin yang diberikan tidak kaku dan dapat dimodifikasi sesuai dengan ide masing-masing. Dengan begitu, Anda bisa tetap bersenang-senang tanpa penyesalan di kemudian hari. Karena apa artinya hidup jika tidak dapat menikmatinya?

 

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami