Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Cara Ajukan Pinjaman Bunga Rendah Tanpa Jaminan

by JTO on 8 Juli, 2014

pinjaman modal usaha _ pinjaman UKM - CekAja.com

Punya rencana untuk ajukan pinjaman ke bank? Pastinya, pinjaman yang Anda cari dan ajukan wajib memiliki memiliki bunga rendah. Bahkan tanpa jaminan.

Kenapa? Dengan bunga murah yang dimiliki, maka kewajiban Anda dalam pengembalian pinjaman pun akan semakin ringan. Semua orang memang selalu ingin mencari pinjaman yang termurah untuk bunganya.

Namun, sebuah pinjaman online pribadi (personal loan) atau disini biasa disebut kredit tanpa agunan, adalah produk yang “memiliki satu ukuran, namun tidak cocok untuk semua orang”. Maksudnya, pinjaman dibangun pada seperangkat kriteria yang akan berbeda untuk setiap orang.

Nah, berikut ini akan kami jelaskan bagaimana Anda dapat menemukan pinjaman terbaik dan apa yang perlu Anda ketahui sebelum memilih pinjaman itu;

Pakai Mesin Perbandingan Online

Mesin perbandingan online dapat memuat segala informasi yang ingin Anda dapatkan tentang sebuah pinjaman.

Bahkan, dengan perhitungannya, mesin perbandingan online dapat mengarahkan pinjaman yang tepat untuk Anda dan cicilan yang disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Namun, sebelum mencoba mesin perbandingan online, ada dua pertanyaan yang wajib Anda tahu;

  1. Berapa besar pinjaman yang akan Anda ajukan
  2. Berapa lama tenor yang ingin Anda ambil untuk cicilannya

Tentukan jawaban dari dua pertanyaan tersebut. Contohnya adalah mesin perbandingan yang dimililiki CekAja.com. Mesin perbandingan tersebut dimulai dari penentuan besar pinjaman dan tenor yang akan diambil.

Cari pinjaman dengan APR rendah

Namun, sebelum mengetahui berapa bunga dan besar dari cicilan yang akan Anda dapatkan, Anda juga wajib mengisi kriteria dan persyaratan yang Anda miliki.

(Baca juga: Berapa Pinjaman Anda? Gunakan Kalkulator Simulasi Kredit untuk Hitung CIcilannya)

Kriteria dan persyaratan ini berisi pertanyaan tentang tanggal lahir, penghasilan perbulan, provinsi dimana Anda tinggal, dan statur pekerjaan Anda. Nah, seperti sudah disinggung pada awal artikel, kriteria dan persyaratan inilah yang menjadi beberapa ukuran untuk menentukan pinjaman yang tepat bagi seseorang.

Setelah itu, Anda akan melihat hasil perbandingan yang dilakukan. Untuk dapatkan pinjaman bank yang memiliki bunga murah, satu kuncinya adalah dengan mencari pinjaman yang memiliki tingkat persentase tahunan (APR) terendah. APR ini memperhitungkan biaya bunga pinjaman tahunan.

Cicilan Sesuai Kemampuan

Pinjaman adalah sebuah komitmen. Bukan hanya mencari pinjaman dengan bunga rendah, namun dapatkah Anda membayar cicilan bulanan yang ditawarkan?

Ya, dari kriteria dan persyaratan yang Anda masukkan, mesin perbandingan memang dapat menentukan jumlah cicilan yang dapat dilakukan.

Namun, bank juga memiliki perhitungan sendiri untuk dapat menentukan rasio kredit yang dimiliki seorang nasabah untuk mengajukan pinjaman

(Baca juga: 3 Cara Anda Layak Diberi Pinjaman Bank).

Ketahui riwayat kredit

Faktor ini cukup penting bagi Anda yang ingin mengajukan sebuah pinjaman. Sebab, faktor ini menjadi salah satu faktor penentu akan persetujuan kredit yang diajukan.

Jika Anda memiliki riwayat kredit yang bermasalah di masa lalu, misalnya terkena BI Checking, Anda mungkin tidak memenuhi persyaratan untuk mendapatkan pinjaman dengan bunga terendah. Karena, pinjaman diberikan kepada orang-orang dengan peringkat kredit terbaik

(Baca juga: Kredit Ditolak BI Checking).

Bahkan, ketika memiliki riwayat kredit yang baik, terkadang seseorang akan ditawari pinjaman dengan jumlah yang lebih lebih tinggi. Walu begitu, tingkat yang ditawarkan akan bervariasi tergantung pada seberapa banyak Anda meminjam dan berapa lama Anda ingin membayar pinjaman itu.

Yang paling penting, pastikan Anda melakukan perbandingan untuk melihat apakah Anda dapat menemukan kredit tanpa agunan (KTA) dengan bunga murah.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami