Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Cara Bijak Gunakan Uang THR

by JTO on 21 Juli, 2014

Halo Mbak Prita, saya Dudi. Kebetulan, saya baru pertama kali masuk dunia kerja pada tahun ini. Karena itu, baru tahun ini juga saya akhirnya menerima bonus Tunjangan Hari Raya (THR). Nah, sebagai bahan acuan saya, saya mau bertanya, bagaimana sih cara bijak untuk kelola duit THR? Hal apa saja yang harus saya lakukan dan alokasikan untuk duit tersebut? Dan, Keperluan apa saja yang bisa digunakan dan tidak boleh digunakan dalam penggunaannya? Apakah boleh, THR digunakan untuk membayar tagihan kartu kredit atau hutang? Kalau boleh, berapa porsinya? Demikian pertanyaan saya. Terima Kasih.

Salam,

Dudi

 

Prita menjawab:

prita-pngTHR adalah salah satu sumber penghasilan non-rutin yang diperoleh oleh karyawan bekerja. Dengan demikian, THR berbeda dari gaji. Apabila gaji digunakan untuk memenuhi biaya hidup rutin seperti bayar telepon, transportasi, makan, dan lainnya, maka THR tidak digunakan untuk pengeluaran yang sifatnya rutin.

Saat THR diterima, maka Anda sebaiknya langsung melakukan transfer ke rekening yang berbeda. Dari rekening ini barulah Anda gunakan untuk berbagai keperluan dan pengeluaran. Alokasi pembagian THR yang cukup ideal adalah:

  • 5% untuk Zakat, infak, dan sedekah.
  • 60% untuk keperluan lebaran seperti pakaian, makanan lebaran, angpao keponakan dan saudara, THR orang yang bekerja untuk kita, dan mudik lebaran.
  • 15% untuk dana darurat lebaran atau bisa juga digunakan untuk membayar utang.
  • 10% untuk pengeluaran Idul Adha.
  • 10% untuk investasi.

Prioritas utama dalam pengelolaan THR tentu saja adalah keperluan hari raya. Namun, THR juga dapat dimanfaatkan untuk membayar utang kartu kredit yang mungkin selama ini sudah menumpuk. Apabila Anda berencana untuk membayar utang, maka Anda bisa gunakan sekitar 25% dari THR untuk kebutuhan ini. Jadi, Anda akan mengorbankan porsi dana darurat dan porsi investasi.

Implementasi dari rencana Anda yang membutuhkan kedisiplinan. Oleh sebab itu, penting sekali Anda menggunakan rekening terpisah dari rekening gaji. Lalu, usahakan agar pengeluaran lebaran dilakukan dengan cara menggesek kartu debit atau menggunakan uang elektronik. Anda juga dapat memanfaatkan promo kartu kredit untuk membayar keperluan lebaran, supaya mendapatkan poin rewards dan hadiah. Namun, pastikan Anda langsung membayar lunas sebelum tagihan kartu kredit datang. Jadikan THR tahun ini dapat bermanfaat untuk Anda. Live a Beautiful Life!

Beberapa pertanyaan menarik perihal lebaran :

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami