Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Empat Tokoh Muslim Terkaya di Dunia

by JTO on 13 Juni, 2015

Beberapa raja sekaligus pemimpin negara berikut ini dianggap sebagai tokoh muslim terkaya di dunia. Walaupun kaya, mereka selalu berupaya untuk memberi kesejahteraan kepada rakyatnya. Kedermawanan mereka dikenal dan dikagumi. Mulai dari sumbangan untuk pendidikan, kenaikan gaji pegawai, hingga gaya hidup hemat menjadi kebijakan dan gaya hidup yang dijalani mereka.

Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah

220px-Hassanal_Bolkiah

Tokoh dari negeri tetangga ini dinobatkan sebagai sultan untuk Kerajaan Brunei Darussalaam sejak 1961. Sebagai tokoh yang masuk dalam jajaran terkaya, Hassanal Bolkiah memanfaatkan kekayaannya dengan memberikan kesejahteraan rakyatnya. Contohnya adalah pendidikan dan kesehatan gratis dan penghapusan segala bentuk pajak pribadi.

Hassanal Bolkiah juga merupakan tokoh muslim kaya yang sangat luar biasa. Bahkan, ada yang bilang kekayaannya meningkat Rp 1 juta rupiah setiap detik. Istana yang dimilikinya pun dianggap sebagai yang terbesar dan termewah di dunia. Pasalnya, semua perabotan yang ada di istananya dilapisi oleh emas. Autocar, majalah otomotif Inggris, pernah menyebut bahwa Sultan Hassanal Bolkiah memiliki hingga 5000 mobil. Walau hidup dengan kemewahan, Bolkiah merupakan tokoh yang dermawan dan membuat rakyatnya sejahtera.

(Baca juga: Mau Sukses Finansial dan Kaya? Wajib Baca 5 Buku Ini)

Abdullah Bin Abdul Aziz Al-Saud

King_Abdullah_bin_Abdul_al-Saud_January_2007

Mendiang Raja Arab Saudi Abdullah merupakan salah satu pria terkaya dalam sejarah dunia.  Kekayaannya mencapai 19 miliar dolar AS. Hal itu dikarenakan negerinya memiliki 18% cadangan minyak mentah untuk seluruh dunia. Walau kaya, ia juga tidak hidup bermewah-mewahan dan terkenal dermawan serta selalu hidup hemat. Kekayaannya banyak disumbangkan untuk kepentingan pendidikan rakyatnya. Investasinya untuk ekspansi pendidikan senilai 200 miliar AS. Ia juga menjadi tokoh Islam berpengaruh untuk dunia.

 

Khalifa Bin Zayed Al-Nahyan

Chairman of the Joint Chiefs of STaff Air Force Gen. Richard B. Myers speaks with the Crown Prince of Abu Dhabi during a meeting at the pronce's palace. Photo by Jim Garamone

Sebagai tokoh politik yang kini menjadi Presiden Uni Emirat Arab, Zayed dinobatkan menjadi orang terkaya kedua di Timur Tengah yang memiliki kekayaan mencapai 17.9 dolar AS. Bahkan, ia cukup popular di dunia industri sepak bola dengan kepemilikannya pada salah satu klub sepakbola ternama Inggris, Manchester City. Sebagai pemimpin Negara, ia sangat dicintai oleh rakyatnya. Pasalnya, ia pernah membuat kebijakan untuk menaikkan gaji pegawai negeri sebesar 100% pada 2005.

(Baca juga: 7 Langkah Kumpulkan Kekayaan Ketika Masih Segar Bugar)

Mohammed Bin Rashid Al-Maktoum

220px-Mohammed_Bin_Rashid_Al_Maktoum_at_the_World_Economic_Forum_Summit_on_the_Global_Agenda_2008_1

Sheikh Mohammed bin Rashid dikenal sebagai sosok yang sangat dermawan. Pada 2007, ia mendirikan sebuah yayasan amal bernama Mohammed bin Rashid Al Maktoum Foundation. Dengan tujuan utama meningkatkan standar pendidikan, yayasan amal yang didirikannya ini menjadi yayasan dengan sumbangan terbesar dalam sejarah. Pada 2008, ia juga meluncurkan Noor Dubai yang membantu Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Internasional Pencegahan Kebutaan (IAPB).

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami