Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Gaji Rp 3 Juta Bisa Beli Mobil Dalam Setahun Jika Ikuti Tips Ini

by Surtan Siahaan on 21 November, 2015

kredit mobil - CekAja.com

Bagi sebagian orang khususnya masyarakat perkotaan, mobil masuk sebagai barang yang dapat meningkatkan kualitas hidup. Tidak heran mobil menjadi kebutuhan sekunder yang diimpikan banyak orang.

Hanya saja, harga mobil yang tidak murah membuat tak semua orang, khususnya yang bergaji pas-pasan, bisa membelinya. Lantas, impian orang membeli mobil dengan penghasilan Rp 3 juta per bulan mustahil dong? Jangan langsung patah semangat. Ingat kata pepatah, jika ada niat pasti ada jalan.

Asalkan kamu kerja keras dan tekun, semua keinginan pasti bisa tercapai. Berikut ini tips yang bisa kamu coba jika ingin membeli mobil dengan pendapatan Rp 3 juta per bulan:

1. Tentukan jenis mobil

Buatlah target serealistis mungkin. Jika penghasilan kamu pas-pasan, tentu tidak realistis jika menginginkan mobil mahal seperti BMW atau Mercedes. Turunkan standar kamu serealistis mungkin. Alternatifnya adalah mobil segmen Low Cost Green Car (LCGC). Rata-rata mobil di segmen ini dibanderol senilai Rp 80 juta-Rp 130 jutaan.

Pilihan merek dan modelnya banyak mulai dari Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Datsun Go+ Panca dan Go hatchback, Suzuki Karimun Wagon R, hingga Honda Brio Satya. Cari yang paling kamu minati.

(Baca juga: Cara Perpanjang STNK Online dan Bayar Lewat ATM)

2. Manfaatkan fasilitas kredit jangka panjang

Zaman sekarang tidak perlu tunggu punya uang tunai untuk bisa membeli sesuatu. Bank atau lembaga pembiayaan menyediakan fasilitas kredit. Cari fasilitas kredit dengan jangka waktu cicilan yang panjang seperti 7 hingga 8 tahun.

Biasanya kredit jangka panjang tersebut banyak ditawarkan saat pameran kendaraan. Tenor panjang akan sangat membantu kamu karena menawarkan cicilan ringan dan uang muka yang kecil.

(Baca juga: Peran Bank Kustodian dan Manajer Investasi dalam Reksadana)

3. Kebutuhan per bulan cukup Rp 1,5 juta

Dari gaji Rp 3 juta, sisihkan separuhnya untuk kebutuhan per bulan. Alokasikan anggaran itu untuk memenuhi kebutuhan seperti makan sederhana Rp 800 ribu per bulan, transportasi kerja Rp 300 ribu per bulan, kebutuhan pulsa Rp 50 ribu per bulan, untuk senang-senang Rp 250 ribu per bulan dan sisanya Rp 100 ribu kamu simpan sebagai uang darurat.

4. Manfaatkan rumah orang tua

Agar tidak mengeluarkan biaya besar untuk sewa tempat tinggal, tidak ada salahnya memanfaatkan rumah orang tua. Alsannya biaya kontrak rumah atau kos cukup besar. Di pinggiran Jakarta, misalnya, untuk menyewa sebuah rumah membutuhkan minimal Rp 1 hingga Rp 2 juta per bulan.

Sementara sewa kos kosan mencapai Rp 500 ribu per bulan. Ingat, jangan gengsi karena kamu merasa sudah dewasa dan mandiri karena tidak ada kesuksesan tanpa pengorbanan.

(Baca juga: Larang Gesek di Mesin Kasir, Ini Cara Kerja Mesin EDC)

5. Cari pekerjaan sampingan

Agar keuangan lebih stabil, cari pemasukan tambahan. Usahakan kamu bisa memperoleh setidaknya Rp 500 ribu per bulan. Pekerjaan yang bisa dilakukan misalnya berjualan makanan ringan, pernak pernik atau menjadi driver ojek online jika kamu punya motor pribadi.

6. Simulasikan rencana kamu

Satu-satunya cara awal yang bisa dilakukan adalah menabung hingga mendapat uang muka Rp 10 juta-Rp 20 juta. Artinya dalam waktu 13 bulan kamu sudah memiliki uang yang cukup untuk membayar uang muka. Banyak lembaga pembiayaan yang menawarkan uang muka sangat terjangkau dengan cicilan maksimal sampai 8 tahun.

Pilih opsi ini. Lantas berapa cicilan per bulan yang harus kamu siapkan? jika harga mobil Rp 100 jutaan, dan uang muka 20 persen, maka angka yang diperoleh Rp 20 jutaan. Usahakan cari promo yang menawarkan cashback potongan uang muka. Total uang muka bisa ditekan hingga Rp 10 juta saja. Selanjutnya, jika bunga diasumsikan 6% maka angka cicilan yang didapat adalah Rp 1,4 juta per bulan.

Tentang Penulis