Harga Emas Hari Ini, dan Serba-Serbinya, Tertarik Untuk Beli ?

Emas merupakan logam mulia yang banyak di gunakan sebagai standar keuangan di beberapa negara. Selain itu emas juga biasa di gunakan sebagai perhiasan yang indah terutama untuk kaum perempuan. Siapa yang tidak menyukai logam mulia yang satu ini, tidak selalu tentang emas batangan yang banyak diincar oleh masyarakat. Saat ini bahkan bentuk dan desain emas sudah semakin cantik dan modern.

Jika mengulas lebih dalam mengenai logam mulia yang satu ini, coba intip seperti apa sebenarnya sejarah emas yang sebenarnya. Yuk simak sama-sama!

Sejarah Emas

Hal yang paling dasar, mari kita ketahui seperti apa sejarah emas terlebih dahulu. Menurut sumber yang terpercaya, sebenarnya tidak ada waktu yang pasti kapan emas pertama kali di temukan. Bahkan para arkeolog juga tidak dapat memastikan kapan tepatnya manusia mulai menambang emas dan menggunakannya sebagai logam mulia.

Sebelumnya logam mulia pernah di temukan di di gua yang ada di dataran spanyol. Di perkirakan usia logam mulia tersebut berkisar 40.000 SM. Hal ini berarti bahwa tidak ada kepastian menurut sejarah yang menyatakan kapan tepatnya emas di temukan.

Namun demikian kita bisa menelaah lebih dalam terkait perkembangan emas dari masa ke masa.

  1. Emas sudah ada pada tahun sebelum masehi

    Jika kita bicara mengenai tahun-tahun sebelum masehi, dari belahan dunia bagian timur sebenarnya emas sudah sangat sering di ceritakan, dalam kisah-kisah para nabi dalam cerita sejarah islam, emas atau dalam islam barangkali di kenal dengan istilah dinar sudah menjadi logam mulia yang mampu menghipnotis manusia.

    Sejarah mesir kuno Circa (1932 SM) mereka memakamkan Raja Tutankhamen atau lebih di kenal sebagai Firaun dalam peti yang terbuat dari emas mencapai 2.500 Pound. Saat itu sejumlah suku pedalaman sudah mengenal emas dan menjadikan emas sebagai alat untuk perlengkapan spritiual kuno yang mereka yakini.

  2. Asal mula penambangan emas

    Bicara soal penambangan emas, tentunya yang pertama ada di pikiran adalah PT Freeport Indonesia. Siapa sangka saat ini Grasberg dengan operatornya PT Freeport menduduki posisi pertama sebagai Tambang emas di dunia di atas Cortez, di Nevada Amerika Serikat.

    Kemudian Valadero, di Argentina lalu ada Goldstrike, di Nevada Amerika Serikat dan terakhir ada Yanacocha, di Peru. Emas saat ini merupakan komiditi pertambangan yang memiliki sejarah sangat panjang. Di perkirakan sejarah dalam penambangan emas dimulai sejak 2000-5000 tahun SM.

    Pada awal mula penambangan emas di lakukan metode yang dilakukan tentunya juga sangat tradisional dengan cara gravitasi. Semakin berkembangnya jaman, pertambangan emas pun semakin modern mulai dengan metode sianida hingga flotasi dan heap leaching.

  3. Alat tukar menggunakan emas

    Sebagai logam mulia, emas juga menjadi alat tukar untuk perdagangan dengan negara lain pada tahun 1800 atau 1900 SM. Berkembang sesuai jaman, fungsi emas juga mulai mengalami perubahan. Sebelum di gunakan sebagai alat tukar, masyarakat mesir kuno menyakini bahwa emas adalah simbol dari kekayaan. Hingga akhirnya menjadi alat yang digunakan untuk transaksi pada abad 21, dan saat ini emas berkembang juga menjadi logam mulia yang digunakan untuk investasi.

Cara mengenali emas asli

Setelah bicara jauh mengenai sejarah emas, kini sudah saatnya kita mengetahui cara-cara untuk mengenali emas asli atau palsu. Saat ini masyarakat sendiri banyak yang masih belajar untuk mengetahui cara membedakan emas asli atau palsu. Hal ini sejalan dengan nilai emas yang tinggi dan cenderung stabil di banding nilai mata uang.

Hal yang paling simpel dalam membedakan emas asli atau palsu adalah dengan cara digigit. Jika emas tersebut mudah di gigit maka bisa dikatakan bahwa emas itu asli dan juga sebaliknya jika emas tidak mudah digigit atau terasa keras saat di gigit maka kemungkinan emas tersebut palsu.

Semakin populernya emas saat ini, menjadikan nya primadona yang kerap diidam-idamkan. Dengan adanya fenomena tersebut menjadi semakin banyak juga oknum yang secara sengaja meraup keuntungan dengan memalsukan emas. Hal ini terjadi karena nilai jual emas cenderung tinggi.

Oleh karena itu pelajari yuk 8 cara untuk mengenali emas asli atau palsu

  1. Identifikasi warna

    Hal pertama untuk membedakan emas asli atau palsu cukup dengan identifikasi warna, secara fisik ini yang mungkin mudah di lakukan. Cara nya sangat mudah, hanya dengan menggososkan jari kamu ke emas tersebut dan lihat apakah dia berubah warna atau tidak.

    Jika emas tersebut warnanya memiliki perubahan maka bisa di pastikan emas tersebut palsu dan sebaliknya jika emas tersebut tidak memiliki perubahan warna maka emas tersebut asli.

  2. Digigit

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika cara mudah lainnya untuk membedakan emas asli atau palsu yaitu dengan digigit. Kamu cukup merasakan apakah emas tersebut sulit atau justru mudah digigit. Jika emas tersebut sulit digigit maka kemungkinan emas tersebut adalah palsu. Tapi jika emas tersebut mudah digigit emas tersebut adalah asli.

  3. Menggunakan magnet

    Emas merupakan logam mulia yang bersifat non magnetik. Jika emas asli di dekatkan dengan magnet, emas tersebut tidak akan tertarik oleh magnet. Juga sebaliknya, jika emas tersebut tertarik oleh magnet maka dipastikan emas tersebut adalah palsu.

    Namun demikian perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis logam mulia lain yang juga bersifat non magnetik, jadi melakukan pengecekan dengan magnet tidak menjamin kebenaran 100 %.

  4. Uji dengan keramik atau kertas

    Menggunakan keramik atau kertas juga cukup mudah karena yang kamu lakukan cukup dengan menggoreskan emas tersebut. Jika meninggalkan jejak atau bekas berwarna hitam maka emas tersebut sudah pasti palsu.

  5. Menggunakan Nitric Acid

    Membuktikan keaslian emas juga bisa dengan cairan nitric acid, yaitu cukup dengan meneteskan nitric acid pada emas, jika terjadi perubahan warna maka emas tersebut sudah pasti palsu. Sayangnya menggunakan nitric acid ini tidak bisa semabrangan, disarankan kamu didampingi oleh profesional.

  6. Merasakan berat emas

    Jika kamu memegang emas yang palsu, beratnya akan cenderung tidak seimbang dengan ukuran emas tersebut. Misalnya jika ukuran emas tersebut cukup besar namun beban nya sangat ringan, maka bisa dikatakan bahwa itu adalah emas palsu.

  7. Surat Resmi

    Selain menguji secara fisik, dalam membandingkan emas asli atau palsu kamu juga perlu mengecek keaslian dokumen berupa surat-surat emas dari PT Antam. Karena jika emas itu asli biasanya akan diberikan surat resmi dari perusahaan terkait.

  8. Gunakan alat pengukur emas

    Hal terakhir jika kamu meragukan keaslian emas tersebut, kamu bisa pergi ke salah satu toko emas yang kamu percaya dan mengetes keaslian emas tersebut dengan alat khusus. Alat ini cukup mahal jadi kamu cukup datang saja ke toko emas untuk memastikan keaslian nya.

Faktor yang mempengaruhi harga emas

Emas merupakan logam mulia yang kerap mengalami perubahan pada harga. Harganya bisa berubah menjadi lebih tinggi atau justru sebaliknya. Perubahan harga emas tersebut juga dipengaruhi oleh banyak hal, contohnya harga emas hari ini yang bisa saja berubah karena faktor nilai tukar rupiah melemah atau menguat.

Coba perhatikan beberapa faktor yang akan mempengaruhi harga emas hari ini diantara nya adalah :

  1. Nilai tukar dolar

    Jika diteliti lebih dalam lagi, korelasi antara harga emas dengan mata uang dolar sebenarnya negatif. Pasalnya jika nilai tukar dolar sedang kuat, harga emas akan cenderung turun. Sebaliknya nilai tukar dolar sedang turun biasanya harga emas akan naik. Kecenderungan untuk berinvestasi dalam USD merupakan salah satu alasan yang menjadikan harga emas melemah.

  2. Produksi emas

    Bicara soal produksi, tentu saja akan berkaitan dengan biaya operasional, bahan baku utama dan resiko pekerjaan. Jika bahan utama emas sedang mengalami kelangkaan, tentu saja perusahaan membutuhkan usaha lebih untuk mendapatkan bahan utama tersebut. Entah itu dengan menggali lebih dalam lagi atau lainnya. Selain itu dengan mempertimbangkan resiko pekerjaan yang didapatkan oleh para pekerja. Hal ini menjadikan biaya produksi meningkat dan menjadikan harga emas pun juga meningkat.

  3. Jumlah permintaan

    Jika harga emas hari ini mengalami kenaikan, maka yang terjadi sebenarnya adalah permintaan dari industri perhiasan dunia juga meningkat. Biasanya jika permintaan dari industri perhiasan menurun harga emas akan cenderung mengalami penurunan.

  4. Jumlah cadangan emas

    Selain uang, emas juga memiliki bank sendiri. Khususnya bank-bank central dunia yang memiliki cadangan emas dalam jumlah yang cukup banyak. Dilansir dari sumber yang terpercaya, jika bank central emas dunia lebih banyak membeli emas dibanding menjual emas, harga emas justru akan cenderung tinggi atau naik.

Keuntungan mempunyai tabungan emas.

Saat ini memliki tabungan emas cukup populer, hal ini terjadi karena beberapa keuntungan yang akan di dapatkan jika mempunyai tabungan emas.

  1. Cepat di cairkan

    Pada dasarnya jika kamu investasi dalam bentuk emas, sama saja dengan kamu investasi dalam bentuk rupiah. Karena jika kamu menabung dalam bentuk emas tabungan tersebut bisa kamu cairkan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk mencairkan tabungan emas kamu menjadi rupiah. Atau bahkan jika kamu ingin menjadikan emas batangan dan emas perhiasan juga bisa.

  2. Mudah untuk buka tabungan

    Untuk melakukan tabungan emas, caranya sangat mudah. Kamu bisa melakukan pendaftaran dengan cara datang langsung ke tempat pembelian emas seperti pegadaian. Dokumen yang perlu kamu siapkan cukup fotokopi identitas diri seperti KTP, SIM, atau paspor yang masih berlaku.

  3. Harga mulai dari Rp 5.000 an

    Untuk membuka tabungan emas ini harganya sangat terjangkau karena kamu bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram. Dimana hargaya menyesuaikan dengan harga emas hari ini.

  4. Dijamin aman

    Dalam melakukan investasi, apapun itu bentuknya hal yang utama yang harus di perhatikan adalah dari segi keamanannya. Jika tempat untuk melakukan investasi sudah terbukti aman kamu tidak perlu pikir dua kali untuk melakukan investasi.

    Contohnya jika kamu memiliki emas batangan kamu perlu menyimpannya di tempat seperti safety deposit box di bank. Dengan begitu emas kamu akan aman dari tindak kejahatan atau kerusakan hingga kamu bisa mencairkannya kedalam rupiah.

  5. Transaksi mudah dan praktis

    Saat kamu mulai mencicil uang untuk membuka tabungan emas, kamu bisa melakukan pembayaran melalui ATM untuk top up saldo tabungan, atau kamu juga bisa secara online dan tidak perlu ke ATM.

  6. Bebas pajak dan aturan

    Hal yang baik dari tabungan emas ini adalah karena bebas pajak. Pasalnya untuk berapapun berat emas yang di miliki oleh seseorang tidak ada aturan yang mengharuskan pemiliknya membayar pajak. Kamu bisa mendapatkan uang kamu dengan bersih tanpa potongan.

Pentingnya mengetahui harga emas hari ini

Setelah membahas panjang lebar mengenai emas, kini saat yang tak kalah penting juga yaitu soal harga emas hari ini. Beberapa faktor telah di jelaskan mengenai harga emas yang bisa naik dan turun karena dipengaruhi oleh beberapa faktor yang sudah dijelaskan di atas.

Secara teknikal harga emas hari ini masih cenderung naik secara jangka pendek karena masih di atas rata-rata. Jika kamu mau memulai berinvestasi emas, kamu harus rajin mencari informasi mengenai harga emas yang terkini. Hal ini juga penting supaya kamu mengetahui secara jelas dan rinci jumlah uang yang harus kamu keluarkan untuk 1 gram emas. Harga emas hari ini bisa berubah menjadi lebih tinggi atau bahkan bisa menurun.

Selain itu, untuk harga emas hari ini tanggal [getTodayDate] cukup beragam. Untuk rincian harga nya kamu bisa simak berikut ini

  1. Harga emas hari ini di Tokopedia

    Harga emas hari ini di Tokopedia berada di kisaran angka [todayBuyPrice vendor=”tokopedia”] per 1 gram.

  2. Harga emas hari ini di Bukalapak

    Harga emas hari ini di Bukalapak sedikit lebih tinggi dari Tokopedia, untuk 1 gram emas di Bukalapak mencapai angka [todayBuyPrice vendor=”bukalapak”] .

  3. Harga emas hari ini di Pegadaian

    Harga emas hari ini di Pegadaian sama dengan harga emas hari ini di Tokopedia, untuk 1 gram emas di Pegadaian mencapai [todayBuyPrice vendor=”pegadaian”] .

  4. Harga emas hari ini di Indogold

    Harga emas hari ini di Indogold jauh lebih rendah dari logam mulia, untuk harga emas hari ini di Indogold berada di angka [todayBuyPrice vendor=”indogold”] per 1 gram.

  5. Harga emas hari ini di Orori

    Harga emas hari ini di Orori lebih rendah dari Pegadaian, harga emas hari ini di Orori sendiri mencapai [todayBuyPrice vendor=”orori”] per 1 gram.

  6. Harga emas hari ini di Logam mulia

    Harga tertinggi untuk emas ada di Logam Mulia, bahkan untuk harga emas hari ini mencapai [todayBuyPrice vendor=”logam mulia”] per 1 gram.

  7. Harga emas hari ini di Pluang

    Harga emas hari ini di Pluang sendiri merupakan yang paling rendah, harga emas hari ini di Pluang mencapai [todayBuyPrice vendor=”Pluang”] per 1 gram.

Harga emas mungkin bisa berubah sewaktu-waktu jadi pastikan kamu terus update untuk harga emas hari ini ya.

Dapatkan informasi menarik seputar harga emas dan tips membeli atau menjual emas, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.