Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Hindari 7 Penyakit Ini dengan Rutin Berolahraga

by Rafly Aditia on 14 Desember, 2015

Olahraga merupakan aktifitas yang wajib kamu lakukan setidaknya satu minggu dua kali. Mengapa demikian? Karena beberapa penelitian tentang kesehatan membuktikan bahwa olahraga teratur sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental seseorang.

Dengan rutin berolahraga, kamu akan memeiliki berat badan yang proporsional, pernafasan yang baik, dan pastinya kesehatan tubuh yang optimal. Olahraga rutin juga dapat menghindari beberapa macam penyakit serius, loh. Berikut 7 Penyakit berbahaya yang bisa dihindari dengan olahraga rutin;

Penyakit jantung

Melalui aktifitas olahraga rutin yang kamu lakukan seperti jogging, atau olahraga lainnya ternyata kamu dapat terhindar dari penyakit jantung. Mengapa? Karena saat berolahraga, jantung kamu akan berpacu lebih cepat sehingga aliran darah koroner akan menjadi lebih lancar dan tidak terhambat.

Selain itu, olahraga rutin akan menurunkan kolesterol LDL yang berguna untuk melindungi diri kamu dari serangan penyakit jantung.

Osteoporosis

Apabila kamu jarang berolahraga, dan hanya melakukan aktifitas bermalas-malasan seperti tiduran di kasur atau yang lainnya. Tulang kamu akan menjadi semakin lemah karena jarang digerakkan sehingga kamu berpotensi terkena penyakit osteoporosis.

Untuk itu, hindari osteoporosis yang bisa menyebabkan tulang kamu patah dengan cara banyak melakukan gerakan olahraga seperti push up, pull up dan gerakan lainnya. (Baca juga: Asuransi Kesehatan Mana yang Paling Bagus? Manulife VS Prudential VS Allianz)

Obesitas

Sudah tidak aneh lagi apabila banyak orang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan karena mereka malas bergerak dan berolahraga. Tahukah kamu bahwa jika indeks massa tubuh kamu lebih dari 30 persen maka kamu sudah termasuk dalam kategori obesitas.

Untuk itu, lakukan olahraga rutin guna mengurangi lemak jahat yang menumpuk dalam tubuh kamu. Beberapa gerakan seperti flapping jack, burpees hingga sport games seperti futsal dan basket akan sangat efektif menurunkan berat badan dan mencegah serangan obesitas.

Diabetes tipe dua

Rasanya sudah bukan keanehan lagi apabila kamu mendengar seorang teman yang jarang berolahraga terkena penyakit serius seperti diabetes. Ya, diabetes tipe dua sering menyerang mereka yang jarang berolahraga karena biasanya orang yang jarang berolahraga memiliki berat badan yang berlebih dan kadar insulin resisten.

Kamu bisa mengurangi potensi terkena penyakit yang satu ini dengan cara simpel yaitu melakukan olahraga rutin setidaknya dua kali seminggu dimanapun kamu menginginkannya mulai dari di taman, rumah, bahkan kantor sekalipun.

Darah tinggi

Melalui aktifitas olahraga rutin yang kamu lakukan kamu dapat menghindarkan diri kamu dari penyakit darah tinggi atau hipertensi. Hal ini disebabkan aktifitas fisik seperti olahraga dapat membuat jantung kamu lebih kuat sehingga darah dapat dipompa secara efisien ke seluruh tubuh.

Sementara kalau kamu jarang berolahraga maka jantung kamu tidak bisa memompa darah secara efektif dan efisien sehingga kamu lebih mudah terserang hipertensi.

Kanker payudara

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Institute, wanita yang jarang berolahraga ternyata berisiko besar untuk terkena penyakit yang sangat mengkhawatirkan salah satunya kanker payudara.

Untuk mencegah hal tersebut, olahraga rutin harus dilakukan oleh para wanita demi menurunkan tingkat hormon dalam tubuh yang menyebabkan terjadinya kanker payudara.

Depresi

Menurut organisasi kesehatan internasional, WHO, orang-orang yang tidak rutin berolahraga akan lebih rentan terhadap stress serta mempunyai tingkat kecemasan yang lebih tinggi dan mudah sekali depresi. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi kamu untuk berolahraga karena olahraga dapat mencegah kecemasan.

Melakukan aktifitas olahraga dapat melepaskan hormon-hormon yang bisa meningkatkan mood serta mengurangi stress. Untuk itu, kamu dianjurkan berolahraga selama 150 menit setiap minggunya. (Baca juga: Miliki 4 Perlengkapan Ini Kalau Kamu Mau Rutin Berolahraga)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.