Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

1 Desember, Perjalanan Kereta Api Menjadi Lebih Cepat!

by Gito on 19 November, 2019

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau yang dikenal dengan PT KAI terus melakukan perbaikan didalam tubuh organisasinya. Setelah sukses berbenah di layanan kereta commuter, kali ini salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu berupaya meningkatkan pelayanan untuk kereta api jarak jauh.

kereta api - cekaja

Hal itu terlihat dari waktu tempuh beberapa rute perjalanan kereta api jarak jauh yang mengalami waktu tempuh lebih cepat dari biasanya. Pada tanggal 1 Desember nanti, PT KAI bakal mulai memberlakukan perubahan perjalanan dan jadwal kereta api jarak jauh.

Hal itu sudah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) Tahun 2019 PT KAI.

Melalui keputusan itu, ada beberapa jadwal keberangkatan yang dipercepat dan ada juga waktu tempuh yang menjadi lebih singkat. Gapeka sendiri merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalana kereta api.

Grafik yang ada dalam Gapeka digambarkan dalam bentuk garis yang berisi stasiun, waktu, jarak, kecepatan dan posisi perjalanan kereta api. Mulai dari kereta api berangkat, berhenti, datang, bersilang dan penyusulan guna pengendalian perjalana kereta api.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan Gapeka 2019 melayani konsumen dengan jumlah kereta api yang lebih banyak. Jumlahnya mencapai 382 kereta api atau naik 15% dari Gapeka 2017.

“Selain itu juga ada penambahan tiga kereta api baru dan juga penambahan fasilitas dan kapasitas lintas kereta api melalui jalur ganda,” katanya melalui keterangan resmi.

Kereta api anyar yang akan diluncurkan adalah KA Anjasmoro yang melayani relasi Jombang-Pasar Senen (pulang pergi/PP), KA Dharmawangsa yang melayani relasi Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen dan KA Sancaka Utara untuk relasi Surabaya Pasar Turi – Kutoarjo (PP).

(Baca juga: Ini Sejarah Singkat Stasiun Gambir yang Akan Pensiun Layani Kereta Jarak Jauh)
Jadwal Berubah

Dengan adanya Gapeka 2019 ini, maka jadwal kereta api juga akan mengalami perubahan. Nah sebentar lagi mulai masuk liburan yang berbarengan dengan hari keagamaan Natal juga Tahun Baru.

Kamu yang sudah merencanakan aktivitas berlibur menggunakan Kereta Api, mulai pantau terus jadwal kereta yang akan kamu gunakan.

Karena jam keberangkatannya juga mengalami perubahan. Selain itu, waktu tempuhnya juga menjadi lebih cepat. Seperti untuk Kereta Api Pasundan relasi Bandung Kiaracondong ke Surabaya Gubeng yang akan menjadi lebih cepat waktu tempuhnya.

Dari 16 jam 7 menit menjadi 14 jam 45 menit. Jarak sepanjang 780,4 kilometer terpangkas waktu tempuhnya sebanyak 82 menit. Jadi jika kamu ingin mencoba sensasi perjalanan yang lebih singkat menggunakan Kereta Api dari Bandung ke Surabaya, bisa menjajalnya.

Cepatnya waktu tempuh untuk perjalanan Bandung ke Surabaya menyusul aksi sebelumnya yang juga sudah dilakukan oleh PT KAI. Perusahaan belum lama ini juga telah berhasil memangkas waktu tempuh dari Jakarta – Bandung menjadi 2 jam 50 menit dari sebelumnya 3,5 jam.

Melalui peluncuran 2 Kereta Argo Parahyangan Excellence, PT KAI sukses mengakomodir kebutuhan masyarakat. Dengan adanya penambahan kereta api tersebut, maka KAI memiliki 34 jadwal KA Argo Parahyangan

Selain itu, imbas dari perubahan Gapeka juga membuat jadwal keberangkatan KA Argo Bromo Anggrek dari Gambir ke Surabaya Pasarturi menjadi lebih awal.

Mulai 1 Desember nanti KA Argo Bromo Anggrek tujuan Surabaya Pasarturi berangkat ukul 08.15 WIB dari jadwal sebelumnya yang berangkat pada pukul 09.30 WIB.

Untuk KA Argo Wilis dan Turangga yang sebelumnya hanya melayani relasi Surabaya Gubeng – Bandung (PP) kini diperpanjang menjadi Surabaya Gubeng – Bandung – Gambir (PP) dan lainnya.

(Baca juga: Kereta Bandara Layani Penumpang Sampai Stasiun Manggarai, Liburan jadi Lebih Mudah)
Nama Stasiun Berubah

Dengan berubahnya Gapeka, membuat nama stasiun di beberapa wilayah juga ikut berubah. Seperti Stasiun Paron menjadi Stasiun Ngawi, lalu Stasiun Barat menjadi Stasiun Magetan, Stasiun Banyuwangi Baru menjadi Stasiun Ketapang dan Stasiun Karangasem menjadi Stasiun Banyuwangi Kota.

Nah buat kamu yang hobi bepergian dengan Kereta Api, pasti akan lebih mengasikkan dengan adanya perbaikan-perbaikan tersebut.

Tetapi jangan asal bepergian. Kamu juga perlu melengkapi diri kamu dengan asuransi perjalanan atau istilah kerennya travel insurance.

Dengan adanya asuransi, maka perjalanan kamu dijamin lebih nyaman. Karena hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan sudah dimitigasi oleh perusahaan Asuransi. Liburan kamu dijamin menjadi lebih nyaman dan juga tenang.

Jadi tunggu apalagi. Akses CekAja.com dan temukan produk asuransi perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit