Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

10 Acara TV Favorit Anak 90-an, Dijamin Bikin Rindu!

by Nadhillah Kusindriani on 23 Maret, 2020

Bagi kamu yang lahir di tahun 1990-an, tak mungkin rasanya jika tidak mengetahui beberapa acara TV favorit anak 90-an. Pasalnya, banyak sekali acara televisi yang menarik dan sangat dinanti anak-anak masa itu, mulai dari kuis, komedi, sinetron dengan genre yang beragam, hingga acara musik.

acara tv favorit anak 90 an

Sejatinya, televisi pada masa itu menjadi hiburan utama bagi anak-anak maupun orang tua. Sebab, belum ada koneksi internet  atau pun smartphone canggih yang bisa digunakan untuk mengakses hal apapun dengan mudah seperti saat ini.

Hal tersebut yang menyebabkan beberapa acara televisi saat itu sangat dinanti kehadirannya. Namun, apa saja acara televisi yang menjadi favorit anak 90-an? Daripada penasaran, yuk simak 10 acara TV favorit anak 90-an berikut ini, yang telah CekAja.com rangkum khusus untuk kamu.

1. Pernikahan Dini

Acara TV favorit anak 90-an yang pertama adalah Pernikahan Dini. Acara televisi yang satu ini dikemas dalam bentuk sinetron yang diperankan oleh Agnes Monica atau Agnez Mo dan Sahrul Gunawan.

Pernikahan Dini bercerita tentang kisah asmara antara Dini (Agnez Mo) dan Gunawan (Sahrul Gunawan) yang harus menikah di usia muda karena terjadi “kecelakaan”. Selama menjalani biduk rumah tangga, banyak sekali rintangan yang dihadapi Dini dan Gunawan.

Pernikahan Dini di tayangkan di RCTI pada Juni 2001 hingga Desember 2002. Bagi kamu yang mengikuti sinetron yang satu ini, mungkin tidak menyangka kalau pernikahan dini diproduksi sebanyak 78 episode.

2. Tersanjung

Acara TV favorit anak 90-an selanjutnya adalah Tersanjung. Siapa yang tidak tahu dengan sinetron yang satu ini? Rasanya tidak ada, sebab sinetron yang diperankan Ari Wibowo dan Lulu Tobing ini sangat digemari oleh masyarakat pada masa itu.

Memiliki genre yang sama dengan pernikahan dini, tersanjung juga bercerita tentang kisah asmara yang rumit antara Boby (Ari Wibowo) dan Indah (Lulu Tobing), seorang gadis yatim piatu yang dibesarkan oleh keluarga pamannya yaitu Kadir.

Rumitnya kisah asmara tersebut dikarenakan oleh “kecelakaan” yang terjadi pada Indah selama menjalin kasih dengan Boby. Semua kejadian tersebut diawali oleh Boby yang selalu memberikan rayuan kepada Indah, hingga akhirnya gadis polos tersebut terbuai dengan rayuan Boby berikan.

Tersanjung ditayangkan di channel televisi Indosiar pada April  1998 – November 2005. Tidak hanya itu, sinetron dengan durasi 60 menit per episode-nya ini juga tayang selama 7 season.

(Baca Juga: 5 Film Terbaru Netflix 2020 untuk Menghilangkan Bosan)
3. Tuyul dan Mbak Yul

Acara TV favorit anak 90-an yang ketiga adalah Tuyul dan Mbak Yul. Acara televisi yang satu ini menceritakan seorang tuyul kecil bernama Ucil yang dikeluarkan dari dunianya karena melanggar peraturan.

Ketika dikeluarkan dari dunia tuyulnya, Ucil kemudian bertemu lalu berteman dengan Mbak Yul dan Kentung. Sejatinya, Mbak Yul adalah seorang manusia, sedangkan Kentung adalah jin penjaga pantai dengan bentuk tubuh dan perut yang besar.

Pemeran utama dari sinetron yang satu ini adalah Ony Syahrial, dengan perannya sebagai Ucil dan Tia Ivanka yang berperan sebagai Mbak Yul. Untuk Kentung sendiri diperankan oleh Slamet Djoyo dari episode 1 – 53.  

4. Lorong Waktu

Tidak dapat dipungkiri, lorong waktu menjadi salah satu acara TV paling favorit anak 90-an, terlebih saat bulan Ramadhan tiba. Pasalnya, acara televisi legendaris ini memberikan nuansa yang berbeda dibandingkan acara televisi pada umumnya.

Lorong waktu menyajikan tayangan bernuansa islami dan fiksi ilmiah yang dapat menembus perjalanan lorong waktu. Menariknya, perjalanan tersebut memiliki sebuah pesan dibaliknya.

Acara televisi yang tayang pada 1999 ini ditayangkan di SCTV. Tidak hanya itu, acara televisi yang disutradarai oleh Deddy Mizwar ini tayang selama 6 season dengan 480 episode.

5. Carita de Angel

Kelima ada Carita de Angel yang masuk ke dalam daftar acara TV favorit anak 90-an. Meski bukan berasal dari Indonesia, namun sinetron Telenovela dahulu sempat menghiasi layar kaca Indonesia.

Sinetron yang satu ini bercerita tentang kisah seorang anak kecil bernama Dulce Maria yang ditinggal oleh ibu kandungnya. Walaupun begitu, Dulce Maria memiliki tingkah yang lucu dan menggemaskan.

Tidak hanya itu, sinetron ini juga mengundang haru dan tawa di beberapa scene-nya. Jika dahulu kamu mengikuti Carita de Angel, pasti kamu tidak asing dengan penampilan tante rambut palsu.

6. Disini Ada Setan

Sinetron ber-genre horor ini bercerita tentang seorang gadis berusia 15 tahun bernama Sashi yang bersekolah di salah satu SMA favorit di Jakarta. Kemudian gadis ini ternyata baru menyadari bahwa dirinya memiliki indera keenam. Sejak saat itu, Sashi melakukan perburuan hantu bersama sahabatnya.

Pemeran utama dari acara TV ini tentu saja Sashi yang diperankan oleh Lia Ananta. Adapun beberapa sahabat Sashi yang diperankan oleh Thomas Nawilis, Diva Nadia, Taher Hadi Widjoyo, Rionaldo Stockhorst, Jennifer Arnelita, Indri Satia, Nagita Slavina dan Intan Ayu Purnama.

Bagi kamu yang mengikuti sinetron disini ada setan, tentu tidak akan asing dengan nama-nama di atas. Terlebih, kemampuan acting yang menakjubkan dari setiap pemainnya akan membuat mu merasa ketakutan setelah menonton sinetron yang satu ini.

7. Spontan

Acara TV favorit anak 90-an yang satu ini bukan ber-genre drama dan sebagainya, melainkan acara komedi yang memiliki slogan “Spontan? Uhuyy!”. Tentu saja slogan ini mudah terngiang di kepala hingga saat ini.

Program acara yang dipandu oleh Komeng ini selalu mengundang gelak tawa penontonnya. Bagaimana tidak? Melalui acara ini, Komeng bersama tim iseng mengerjai beberapa orang. Tentu saja, setelah selesai dikerjai orang-orang tersebut diberi tahu dan mereka harus menanggung rasa malu.

Acara Spontan sejatinya disajikan dalam bentuk kumpulan video orang-orang yang dikerjai, kemudian dikemas secara komedi oleh Komeng melalui dubbing-nya.

Tidak hanya itu, Spontan juga memiliki segmen acara dubbing hewan-hewan primata. Konsep untuk segmen dubbing hewan-hewan primata sendiri sedikit berbeda. Sebab, topik yang dibawakan dominan tentang kritik politik. Walaupun begitu, acara ini tetap dibawakan dengan jenaka.

8. Tralala Trilili

Acara TV favorit anak 90-an yang kedelapan adalah Tralala Trilili. Acara yang dipandu oleh Agnes Monica atau Agnez Mo ini menayangkan lagu-lagu anak terbaru tahun 90-an, beberapa pengetahuan dan juga informasi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Dibawakan dengan menyenangkan, Tralala Trilili menjadi acara televisi yang memang ditujukan untuk anak-anak. Maka dari itu, acara ini sangat cocok untuk proses tumbuh kembang anak.

9. Berpacu dalam Melodi

Acara TV favorit anak 90-an yang kesembilan adalah Berpacu dalam Melodi. Acara ini mungkin tidak hanya diketahui oleh anak 90-an, sebab televisi swasta NET. sempat menayangkan kembali program acara yang satu ini, namun dikemas dengan tampilan baru yang lebih segar.

Sejatinya, acara yang dipandu Opa Koes Hendratmo ini sangat populer di tahun 1998. Di mana, acara ini di setiap episode-nya mengundang beberapa bintang tamu, baik artis atau pun musisi untuk bermain tebak lagu, wajah penyanyi, tebak lirik dan lain sebagainya yang masih berkaitan dengan lagu.

(Baca Juga: Ini 5 Film Menarik yang Bakal Tayang 2020)
10. Siapa Lebih Berani

Terakhir ada Siapa Lebih Berani yang menjadi bagian dari acara TV favorit anak 90-an. Acara TV yang dipandu oleh Helmy Yahya dan Alya Rohali ini mengangkat konsep kuis.

Acara ini selalu ramai karena mengundang banyak sekali peserta. Tidak hanya itu, di sana para peserta juga turut menampilkan yel-yel grupnya yang seru dan selalu menghibur.

Karena mengusung konsep kuis, maka acara ini akan memberikan beberapa pertanyaan kepada peserta yang menjadi perwakilan setiap grup. Tentu saja kualitas pertanyaan yang diberikan sangat berbobot.

Maka dari itu, penonton yang menonton acara ini akan mendapatkan tambahan ilmu dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Bagaimana, sangat edukatif bukan?

10 acara TV favorit anak 90-an di atas sangat mengundang rindu pada masa kecil, ya . Sebab, kini acara TV tidak lagi dijadikan sebagai media hiburan yang sangat dinanti. Pasalnya sudah banyak media hiburan lain yang bisa kamu dapatkan melalui smartphone dan koneksi internet.

Namun, bagi kamu yang rindu dengan program-program televisi di atas, jangan khawatir. Kamu bisa menontonnya kembali di beberapa platform menonton online seperti YouTube dan sebagainya yang menyajikan rekaman program acara TV tersebut.

Hanya saja, kamu memerlukan koneksi internet yang cepat. Jika menggunakan paket data, kamu akan boros karena memakan banyak biaya hanya untuk membeli paket data. Ada baiknya, kamu memasang koneksi internet di rumah, meskipun biaya yang kamu butuhkan di awal cukup besar.

Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai (KTA) dengan proses yang mudah dan cepat hanya di CekAja.com. Terlebih, CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Maka dari itu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis