Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Cek! 10 Alasan Para Traveler Wajib Punya Kartu Kredit

by Tisyrin N. T on 2 April, 2018

Belakangan, kegiatan traveling menjadi semakin digemari oleh banyak orang. Apalagi dengan dukungan media sosial seperti Instagram dan Facebook, mudah sekali bagi para traveler untuk menyebarkan foto-foto serta informasi tentang berbagai tempat menarik di Indonesia dan dunia.

Para traveler sejatinya bisa mereguk manfaat yang berlimpah dari kartu kredit. Jadi, sebaiknya bagi Anda yang menyukai hobi traveling, mulai memikirkan untuk membuat kartu kredit jika belum memilikinya. Apalagi, saat ini untuk mengajukan kartu kredit sangat mudah karena terdapat fasilitas mengajukan kartu kredit secara online.

Layaknya memilih suatu barang di toko online, Anda dapat melihat-lihat aneka macam kartu kredit terlebih dahulu di toko finansial online. Anda dapat membandingkan satu jenis kartu dengan kartu lainnya untuk mencari yang paling sesuai dengan diri Anda. Setelah itu, barulah Anda bisa mengajukan kartu kredit yang tepat.

Ini dia 10 alasan mengapa para traveler wajib punya kartu kredit.

Tiket pesawat gratis

Ketika Anda bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit, Anda akan mendapatkan point rewards. Tak sedikit jenis kartu kredit yang memberikan fasilitas penukaran point rewards dengan air miles. Nah, air miles ini nantinya bisa ditukar dengan tiket penerbangan gratis. Asyik bukan?

Program semacam ini sangat menggiurkan bagi para traveler. Maka dari itu, ketika memilih kartu kredit untuk traveling, carilah kartu yang menawarkan keuntungan tersebut. Siapa tahu, Anda bisa mendatangi destinasi wisata impian berkat point rewards yang terkumpul.

Jika Anda menggunakan kartu kredit BNI misalnya, Anda dapat memperoleh 500 Garuda Miles dengan menukar 5000 BNI Rewards Points dan kelipatannya. Kesempatan ini berlaku untuk kartu kredit BNI tipe Titanium, Chelsea, Platinum, JCB, serta Infinite.

Anda juga bisa menukar 5000 BNI Reward Points dengan 500 Kris Flyer Miles, berlaku untuk kartu kredit BNI JCB, Infinite dan Kartu tipe Platinum (kecuali Lotte Mart Platinum, BJB Platinum dan Sumsel Babel Platinum).

Atau, tukarkan 1500 BNI Reward Points dengan 150 Big Points AirAsia. Air miles yang telah terkumpul dalam jumlah tertentu bisa Anda tukarkan dengan berbagai tawaran menarik termasuk tiket pesawat gratis.

(Baca juga: 10 Cara Irit Jalan-jalan dan Makan-makan, Yuk Cek!)

Diskon restoran

Penerbit kartu kredit seringkali menjalin kerja sama dengan restoran untuk menawarkan berbagai promo berupa potongan harga makanan, cashback, atau bentuk lainnya. Promo semacam ini biasanya ditawarkan dalam rentang waktu tertentu.

Seorang traveler tentu bisa menggunakan promo ini ketika akan makan di restoran di kota yang dikunjungi. Dengan bantuan promo kartu kredit, traveler bisa makan enak dan berkualitas dengan harga miring. Tentu jalan-jalan akan terasa lebih menyenangkan.

Contohnya, dengan menggunakan kartu kredit Citibank, Anda bisa menikmati diskon 10% di Arsana Bali Restaurant dengan minimal transaksi Rp300.000.  Diskon berlaku hingga 30 Juni 2018 untuk makanan dan minuman.

Diskon hotel

Tak hanya restoran, seringkali penerbit kartu kredit juga menawarkan diskon hotel. Ini tentu sangat menguntungkan bagi para traveler yang membutuhkan hunian yang nyaman. Apalagi jika kegiatan traveling perlu mengeluarkan banyak tenaga, akomodasi memadai akan membantu menjaga kondisi badan tetap prima.

Contohnya, pengguna kartu kredit Danamon bisa menikmati diskon hingga 40% untuk semua tipe kamar di Royal Safari Garden, kawasan Puncak. Promo tersebut berlaku  hingga 30 September 2018.

Fasilitas airport lounge gratis

Menunggu adalah hal yang membosankan. Namun, lain lagi ceritanya jika aktivitas menunggu bisa diisi dengan berbagai aktivitas menyenangkan. Terdapat jenis kartu kredit yang memberikan penggunanya akses untuk menikmati airport lounge tanpa mengeluarkan biaya.

Airport lounge tentu berbeda dengan ruang tunggu biasa. Dengan menjadi pengguna kartu kredit yang memberikan fasilitas gratis airport lounge, Anda dapat menikmati makanan dan minuman secara gratis, akses internet, serta tempat duduk yang empuk dan nyaman.

Misalnya, bagi pemegang Maybank Visa Infinite (kartu utama dan suplemen) dapat menikmati lebih dari 30 fasilitas airport lounge di 15 kota besar di Indonesia.

Asuransi perjalanan gratis

Masih ada lagi fasilitas gratis yang melekat pada pengguna kartu kredit. Tak sedikit kartu kredit yang memberikan asuransi perjalanan gratis bagi para penggunanya. Perlindungan selama perjalanan penting karena adanya berbagai risiko yang mengintai.

Risiko tersebut antara lain pesawat delay, kecelakaan, dokumen perjalanan termasuk paspor hilang, dan sebagainya. Asuransi perjalanan akan menekan beban finansial yang muncul akibat risiko-risiko tersebut.

Salah satu kartu kredit yang menawarkan fasilitas tersebut adalah Maybank Visa Infinite. Penggunanya berhak atas perlindungan perjalanan dengan nilai mencapai Rp3 miliar setiap pembelian tiket perjalanan.

(Baca juga: Apa Saja Kelebihan Asuransi Perjalanan? Yuk, Cek!)

Nilai kurs kompetitif

Kartu kredit juga kerap menawarkan nilai kurs mata uang yang kompetitif untuk transaksi di luar negeri.  Salah satunya adalah Mandiri Skyz Card. Penggunanya akan mendapatkan nilai tukar kurs terendah jika bertransaksi dengan patokan mata uang asing.

Nilai kurs mata uang asing yang tinggi bisa merugikan Anda dari segi finansial jika tidak hati-hati, terutama ketika traveling ke luar negeri. Oleh karena itu, kantongi kartu kredit yang bisa menawarkan nilai kurs terendah.

Kemudahan transaksi di luar negeri

Selain nilai kurs yang kompetitif, secara umum bertransaksi dengan kartu kredit akan memudahkan Anda, apalagi ketika berada di luar negeri. Kartu kredit berlaku di mana saja dan bersifat cashless. Jadi, ketika Anda membawa uang tunai dalam jumlah terbatas, kartu kredit akan jadi dewa penolong.

Kemudahan membeli tiket perjalanan dan memesan hotel

Kartu kredit akan sangat memudahkan Anda ketika membeli tiket pesawat, kereta api, atau memesan hotel.  Anda bisa membeli tiket pesawat atau kereta api sejak jauh-jauh hari seperti untuk keperluan mudik, meskipun dana liburan atau mudik belum siap. Kartu kredit bisa menalangi terlebih dahulu. Namun ingat, Anda harus membayar tagihannya tepat waktu.

Dengan membeli tiket perjalanan jauh-jauh hari, Anda berpotensi mendapatkan harga yang lebih murah, waktu keberangkatan yang sesuai, serta berbagai keuntungan lainnya.

Belanja perlengkapan traveling dengan cara mencicil

Perlengkapan traveling kerap dibandrol dengan harga yang tinggi. Untuk meringankan beban Anda, gunakan kartu kredit untuk berbelanja perlengkapan traveling. Ubahlah transaksinya menjadi cicilan, dan sesuaikan jangka waktunya dengan kemampuan Anda.

Promo tempat wisata

Keuntungan lain yang ditawarkan kartu kredit untuk para traveler antara lain promo tempat wisata. Promo tersebut bisa berupa diskon untuk pembelian tiket masuk bagi pengguna kartu kredit tertentu. Dengan begitu, traveler bisa menghemat biaya  perjalanannya.

Tertarik mengantongi kartu kredit untuk traveling? Segera ajukan kartu kredit di CekAja.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.