10 Bahaya Radiasi HP Bagi Tubuh. Begini Cara Kurangi Dampaknya!

5 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Tahukah kamu, bahwa bahaya radiasi HP bagi tubuh manusia sangat besar, jika tidak gunakan dengan cara yang tepat. Terlebih, HP atau handphone sudah menjadi gaya hidup masyarakat saat ini, dan sulit untuk terlepas dari benda kecil tersebut.

Pasalnya, kini semua kegiatan sudah bisa dengan mudah dilakukan lewat HP. Bahkan, ketika hendak tidur pun tidak sedikit orang yang masih menggenggamnya. Padahal, ketika tidur dengan Hp masing tergenggam, maka bahaya radiasi HP lebih mudah untuk masuk ke dalam tubuh.

Mengapa Radiasi HP Bahaya bagi Manusia?

Sebelum membahas bahaya radiasi HP, ada baiknya simak dulu sekilas informasi terkait radiasi HP itu sendiri. Handphone atau ponsel yang kamu miliki, memiliki dan memancarkan frekuensi radio dan gelombang radio (radio frecuency-RF). Nah, pancaran frekuensi tersebutlah yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan.

Tidak hanya pada orang dewasa, gelombang frekuensi tersebut bahkan juga sangat berbahaya pada anak-anak. Terlebih, tulang tengkorak anak cenderung lebih tipis, sehingga bahaya radiasi HP lebih mudah masuk.

Tidak hanya itu, bahaya dari radiasi HP pada anak juga lebih berbahaya karena, anak-anak masih dalam proses pertumbuhan. Sehingga, sangat memungkinkan terkena dampak jangka panjang.

(Baca Juga: 5 Cara Efektif Mengalihkan Anak dari Kecanduan Gadget)

Sehingga, para orang tua yang sudah memberikan HP pada anak, maka risiko bahaya radiasi HP akan lebih besar terpapar, ketimbang anak yang baru menggunakan HP ketika sudah dewasa.

Bahaya Radiasi HP

Gelombang frekuensi dari radiasi HP memang tidak terlihat, namun bahaya dari radiasi HP tentu bisa terlihat dampaknya. Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung intip sederet bahaya dari radiasi HP bagi tubuh berikut ini:

1. Menghilangkan Konsentrasi

Bahaya radiasi HP yang pertama adalah bisa menghilangkan konsentrasi. HP akan memancarkan cahaya dan gelombang radiasi, yang sangat mudah masuk ke dalam tubuh manusia terutama pada bagian kepala.

Bahkan, radiasi HP yang mengeluarkan radiasi elektromagnetik bisa berdampak buruk pada otak.

Sehingga, ketika otak tegang, konsentrasi menjadi menurun dan hilang. Maka dari itu, banyak kasus kecelakaan akibat pengemudi atau pejalan kaki berkegiatan sambil main HP.

2. Tidur Menjadi Tidak Berkualitas

Radiasi HP bisa menyebabkan saraf-saraf yang ada di kepala, otak, wajah, menjadi tegang, hingga aliran darah tak tersalurkan dengan baik. Dengan begitu tubuh akan mudah merasa lelah, gelisah, hingga merusak kualitas tidur.

Bahkan, dengan kualitas tidur yang buruk, bisa juga memicu insomnia dan penyakit lainnya.

3. Menyebabkan Sakit Kepala/Migrain

Bahaya radiasi HP yang paling umum dirasakan adalah bisa menyebabkan sakit kepala hingga migrain. Hal ini terjadi diakibatkan karena kamu terlalu dekat meletakan HP dengan kepala, atau ketika kamu terlalu lama melakukan panggilan tanpa menggunakan headset.

Pasalnya, ketika HP mu terlalu dekat dengan kepala, maka energi negatif RF akan terkumpul dan dengan mudahnya masuk ke otak.

4. Pemicu Penyakit Katarak

Bahaya radiasi HP ternyata juga bisa dipancarkan melalui layar. Sehingga, ketika kamu melihat layar HP terlalu lama, maka bisa merusak jaringan mata. Jika jaringan mata terkena radiasi HP, maka bisa memicu penyakit katarak.

Ciri-ciri penyakit katarak adalah adanya selaput putih yang menyelimuti kornea mata. Sehingga, penglihatan menjadi terganggu dan terpaksa harus dilakukan operasi.

5. Memicu Kerusakan Otak

Tidak hanya menghilangkan konsentrasi, radiasi HP juga bisa memicu kerusakan otak jika diletakkan di dekat kepala, saat tidur atau menelpon.

Bahkan, menurut Organisasi Kesehatan Dunia, radiasi yang dihasilkan oleh HP dapat mempengaruhi susunan saraf tubuh hingga otak.

Selain itu, seorang ilmuwan kesehatan juga menambahkan. Bahwa paparan radiasi HP yang dihasilkan HP dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak. Sel-sel otak yang rusak dapat membuat risiko terjangkit penyakit akan meningkat.

6. Mengganggu Perkembangan Janin

Tidak hanya bahaya bagi orang dewasa hingga anak-anak, radiasi HP juga berbahaya bagi janin pada ibu hamil. Sehingga, para ibu hamil sebaiknya hindari meletakkan HP terlalu dekat dengan perut dan rahim.

Pasalnya, radiasi HP bisa menembus dinding perut hingga ke jaringan janin. Akibatnya, radiasi bisa mempengaruhi kenormalan organ tubuh janin, yang sedang tahap perkembangan.

7. Menurunkan Tingkat Kesuburan pada Pria

Bahaya radiasi HP selanjutnya adalah bisa menurunkan tingkat kesuburan pria, bahkan hingga menurunkan kualitas sperma. Dengan adanya hal tersebut, maka akan membuat gairah pria menurun dan bisa menyebabkan kemandulan juga.

Radiasi HP bisa mengganggu kelancaran peredaran darah, yang ada disekitar alat reproduksi pria. Maka dari itu, hindari meletakkan HP di dalam kantong celana.

8. Memicu Terkena Kanker Payudara

Bahaya radiasi HP selanjutnya yang tak kalah berisiko besar untuk kesehatan adalah memicu kanker payudara. Sama seperti hal lainnya, radiasi HP bisa menghambat peredaran darah, dan mampu menembus jaringan kelenjar susu. Sehingga bisa memicu timbulnya sel kanker pada jaringan payudara.

Memang tidak langsung terjadi efek dan pembentukkan pada sel kanker. Namun, radiasi yang terus terakumulasi akan mengaktifkan sel kanker di payudara.

9. Rentan Depresi

Tidak hanya menyebabkan sakit kepala, bahaya radiasi HP juga bisa menyebabkan kamu rentan depresi. Karena paparan radiasi HP yang masuk ke otak, bisa mengendalikan pola pikir dan mengakibatkan kecanduan untuk terus main HP.

Dengan kecanduan main HP, otak akan bekerja lebih keras. Bahkan, ketika tiba-tiba kamu terpaksa tidak dapat menggunakan HP untuk jangka waktu yang lama. Di situlah kamu akan rentan untuk depresi, maka bijaklah dalam menggunakan HP.

10. Penyebab Kebakaran

Tidak hanya berbahaya bagi tubuh, bahaya radiasi HP juga ternyata bisa memicu kebakaran. Mungkin kamu pernah mendengar kasus HP meledak ketika di letakan di kasur, karena HP tidak bisa mengeluarkan hawa panas dengan bebas.

Ketika HP sudah panas, terlebih sambil di-charger, HP rentan konslet dan bisa menimbulkan kebakaran.

(Baca Juga: 6 Tips Mengurangi Penggunaan Gadget)

Bagaimana? Radiasi HP sangat berbahaya bukan, terutama untuk kesehatan? Maka dari itu, penting bagi kamu para pengguna HP harus lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan HP.

Cara Minimalisir Bahaya Radiasi HP

Dilansir dari cnnindonesia.com, dinas kesehatan California, bahkan menyarankan lima hal berikut ini, untuk meminimalisir bahaya radiasi HP.

Menjaga jarak ketika HP sedang bekerja, misalnya ketika terhubung dengan sinyal, streaming, voice call, video call, dan lain-lain. Bahkan, akan lebih baik jika pengguna menggunakan headset atau di-speaker ketika melakukan panggilan.

Letakan HP jauh dari jangkauan tubuh, ketika sudah tidak digunakan. Misalnya simpan di dalam tas, jangan di dalam kantong. Begitu juga ketika kamu hendak tidur. Baiknya HP letakan di meja, jangan di kasur di sampingmu.

Gunakan headset seperlunya. Karena ketika headset sudah tidak digunakan, energi RF juga bisa terlepas.Jangan mudah percaya dengan produk pengurang radiasi. Pasalanya, produk anti radiasi tersebut malah akan menghalangi sinyal, dan membuat ponsel malah bekerja lebih keras hingga memancarkan lebih banyak energi.

Nah, itu dia beberapa bahaya radiasi HP beserta cara mengurangi dampaknya. Pasalnya, bahaya yang dirasakan dapat muncul tanpa gejala dan tanpa terlihat langsung.

Tidak main-main, bahayanya bisa mempengaruhi kesehatan yang sangat besar dan berisiko. Namun, tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengantisipasinya dengan cara mengurasi dampaknya seperti informasi di atas, dan jangan lupa daftarkan diri kamu ke asuransi kesehatan terbaik.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, kehidupanmu lebih terjamin, dari segi kesehatan dan juga finansial. Sehingga, jika kamu merasakan dampak bahaya dari radiasi HP, kamu bisa langsung segera lakukan konsultasi hingga pengobatan agar kondisinya tidak semakin parah.

Jadi, sudahkah kamu punya asuransi kesehatan? Buat yang belum, caranya gampang! Kamu tinggal ajukan produk asuransi kesehatan tebaik pilihanmu, melalui CekAja.com secara online.

Ada berbagai produk asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi kesehatan terbaik di Indonesia, yang bisa kamu pilih.

Yuk, segera ajukan asuransi kesehatan terbaik sesuai kebutuhanmu, hanya di CekAja.com!