Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

10 Benda Penyelamat Saat Mudik Lebaran Pakai Mobil Sendiri

by Arfan Wiraguna on 10 Juli, 2015

mudik lebaran_asuransi kendaraan - CekAja.com

Bagi pemudik yang berencana untuk menggunakan mobil pribadi, agenda pertama yang mutlak disiapkan adalah kondisi kendaraan yang prima. Namun, ada beberapa benda, bahkan bisa menjadi penyelamat, yang selayaknya mesti dibawa agar mudik Lebaran bisa dilakukan dengan nyaman, bebas gangguan, dan tanpa khawatir.

Mudik Lebaran menggunakan mobil sendiri memang perlu persiapan yang tidak sedikit. Perjalanan panjang, kemacetan, serta buruknya kondisi jalan, adalah beberapa hal yang sering dihadapi. Karena itu, selain kondisi kendaraan dan kesehatan pengemudi yang prima, ada beberapa perlengkapan lain yang perlu ditambahkan pada mobil untuk mendukung perjalanan mudik.

Sebenarnya, beberapa perlengkapan yang akan disebutkan di sini adalah alat mobil standar yang wajib ada dalam sebuah kendaraan pribadi. Sayangnya, entah karena terlalu sibuk mempersiapkan perlengkapan mudik yang lain, seringnya benda-benda ini terlupa dan tertinggal. Padahal benda-benda ini bisa menjadi penyelamat perjalanan. Apa saja?

Toolkit

Saat ini, kebanyakan toolkit dijual dalam bentuk satu set dengan kotak atau tasnya. Kita bisa memilih toolkit yang sesuai dengan jenis kendaaraan yang digunakan dan dibutuhkan selama perjalanan. Namun, beberapa peralatan wajib seperti kunci pas (ukuran 10 mm, 12 mm, 14 mm dan 16 mm), tang, palu dan obeng (kembang dan minus dengan tangkai yang bervariasi) tetap wajib tersedia di dalam kotak atau tas tersebut.

(Baca juga: Mobil Murah 2016)

Selain itu, sisipkan pula mur dan baut (ukuran 10 mm dan 12 mm) secukupnya, isolasi PVC, sekering dengan berbagai ukuran (mulai dari 10 ampere sampai 25 ampere),  serta bohlam lampu utama dan senter, ke dalam tas atau kotak tersebut sebagai cadangan jika sewaktu-waktu diperlukan.

Dongkrak

Fungsi utama dongkrak adalah mengumpil atau menjungkitkan sebagian bodi mobil. Dongkrak standar atau bawaan mobil yang berukuran kecil merupakan perlengkapan wajib yang harus dibawa dalam perjalanan. Namun, kekurangan dongkrak ini adalah tidak praktis untuk digunakan. Oleh karena itu, kita bisa melengkapi kendaraan dengan membawa dongkrak hidrolik yang jauh lebih praktis untuk dioperasikan.

Kabel Jumper

Mobil mendadak mati karena aki tekor, solusinya pakai kabel jumper untuk ”meminjam” listrik dari mobil lain. Penting, terutama bagi kendaraan bertransmisi otomatis yang mengalami masalah pada aki saat mudik. Kamu juga bisa membantu orang lain yang juga mengalami masalah pada aki mobilnya dengan menggunakan alat ini.

Kotak P3K

Terkadang karena kelelahan dan perubahan cuaca secara ekstrim membuat kita mudah sakit di perjalanan. Oleh karena itu, kita perlu menyiapkan kotak P3K yang berisi vitamin dan aneka obat-obatan penting, seperti obat penurun panas, obat luka, minyak kayu putih, balsam bayi, perban, plester, losion nyamuk, hingga termometer, sebagai langkah antisipasi untuk kejadian tak terduga. (Baca juga: 4 Cara Pilih Asuransi Kesehatan Sesuai Bujet)

Kunci Setir

Penggunaan kunci setir dapat meningkatkan keamanan kendaraan kita saat terparkir. Selain berfungsi untuk menyulitkan para pencuri dalam menjalankan aksinya, pemasangan kunci setir juga bisa menyurutkan minat orang-orang jahil yang ingin mencuri kendaraan tersebut.

Pada saat ini, sudah banyak tersedia berbagai jenis kunci mobil di pasaran. Beberapa diantaranya, kunci setir yang mengunci setir ke dashboard kendaraan dan kunci setir yang mengunci setir dengan pedal.

Tempat Sampah

Bungkus permen, bungkus makanan, botol minuman kosong atau tisu bekas dapat menjadi sampah yang membuat mobil berantakan dan kamu merasa tidak nyaman selama perjalanan. Oleh karena itu, sediakanlah kantong sampah berukuran sedang untuk menampung semuanya. Selain berguna untuk menjaga kebersihan mobil, adanya tempat sampah yang tertutup rapat dapat mencegah kehadiran semut dan serangga sejenis lainnya untuk datang dan berkembang di dalam kendaraan. (Baca juga: Sebelum Ambil Asuransi Mobil, Ikuti 4 Tips Ini)

Parfum Mobil

Bau tidak sedap di dalam kendaraan memang sangat mengganggu, terlebih lagi bila kita sedang dalam perjalanan jauh. Oleh karena itu, berilah sentuhan parfum mobil sesaat sebelum berangkat mudik, supaya tercium aroma yang harum. Dengan pengharum mobil, segala jenis bau tidak sedap akan segera menghilang dari mobil.

Saat ini berbagai jenis pengharum mobil dapat dengan mudah dijumpai di pasaran, sehingga kita mudah untuk mencari pengharum mobil yang sesuai dengan selera. Namun, pilihlah parfum mobil yang bisa diisi ulang sehingga akan menghemat pengeluaran dalam jangka panjang. 

Charger

Saat ini, penggunaan smartphone sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Apalagi  bagi para pemilik smartphone yang memiliki fitur-fitur canggih serta layar beresolusi tinggi, tentu baterainya menjadi boros dan cepat habis. Oleh karena itu, siapkanlah charger smartphone yang dapat dihubungkan dengan colokan listrik di dalam mobil, sehingga kita tidak perlu khawatir kehabisan baterai di sepanjang perjalanan.

Alat Navigasi

Ketika bepergian jauh, sebaiknya kita memang memiliki bantuan navigasi. Selain menggunakan unit Global Positioning System (GPS) yang khusus untuk mobil, kita bisa memakai aplikasi gratis yang dapat dijalankan di smartphone. (Baca juga7 Mobil Murah, Hemat, dan Irit BBM 2015)

Beberapa diantara aplikasi ini adalah Google Maps dan Waze. Aplikasi yang juga sangat mudah untuk digunakan ini, tidak hanya memberikan arahan navigasi, tetapi juga mampu memproses informasi dari pengguna lainnya dalam mengalkulasi daerah-daerah yang macet dan menyediakan rute yang paling efisien untuk perjalanan kita.

Roof Box

Bagi pemudik yang akan menggunakan mobil pribadi, penambahan aksesori berupa roof box bisa menjadi sebuah pilihan jitu. Roof box dapat berfungsi sebagai ruang bagasi tambahan yang aman dan tidak mengganggu ruang kabin. Saat ini roof box tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 100 liter hingga kapasitas 460 liter.

Setelah mempersiapkan perlengkapan mobil yang tepat untuk mudik, sebaiknya pastikan juga kondisi kesehatan anggota keluarga dalam keadaan fit untuk menempuh perjalanan jauh. Kemudian, berikan pula perlindungan terhadap kendaraan, diri dan anggota keluarga yang akan mudik bareng, supaya libur Lebaran tersebut bisa dilakukan dengan tenang, aman dan nyaman.

Asuransi khusus yang lindungi perjalanan mudik daftar di sini.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami