Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

10 Buah-buahan Lezat yang Ampuh Mencegah Sakit

by Ariesta on 13 Agustus, 2016

Buah-buahan Penghilang Stres - CekAja

Kita semua tahu bahwa kalau ingin sehat, kita harus makan makanan seimbang. Tapi seringkali kita menyepelekan asupan sayuran dan buah-buahan dalam porsi sehari-hari. Tapi seberapa banyak buah-buahan yang harus dikonsumsi?

Porsi yang dianjurkan adalah sebanyak dua cangkir buah-buahan sehari. Ini bisa berarti satu cangkir berupa potongan buah utuh dan satu cangkir lagi diolah menjadi jus. Tentu jus buah-buahan segar lebih baik daripada jus dalam karton. Jus dalam karton, kemingkinan sudah diberi pengawet dan pemanis tambahan sehingga bisa menaikkan gula darahmu.

Selain kaya serat, buah-buahan juga bisa mencegah penyakit. Buah-buahan mana saja yang paling baik untuk mencegah penyakit?

Delima

Some red juicy pomegranate, whole and broken, on dark rustic wooden table

Pria lebih berisiko terkena serangan jantung daripada wanita. Mereka juga lebih berisiko terkena kanker prostat. Mengonsumsi delima secara rutin dapat mengurangi kedua risiko penyakit tersebut. Antioksidan yang terkandung dalam delima juga dapat mencegah disfungsi ereksi pada pria.

Apel

Red-apples-in-wooden-bowl-and-on-wooden-table-768x511

Sebuah apel berukuran sedang mengandung 17% serat yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Apel juga bermanfaat menjaga kesehatan kolon dan berperan sebagai anti alergi. Semakin  gelap warna apel, semakin tinggi antioksidan yang terkandung.

(Baca juga: Makanan dan Minuman Enak yang Tanpa Disadari Bikin Kamu Gemuk)

Anggur

iStock_000014666313_Small

Butuh energi instan setelah lelah berolahraga? Konsumsi saja segenggam anggur. Anggur kaya akan vitamin A, C, dan B6, dan bisa mengganti energi yang hilang setelah berolahraga karena membuat tubuh memproduksi glikogen. Sama seperti apel, semakin gelap warna anggur, makin banyak pula antioksidan yang terkandung.

Ceri

Dish of juicy red cherries

Ceri bermanfaat untuk mengurangi inflamasi karena cedera setelah olahraga. Ceri membantu meringankan rasa nyeri. Ini karena ceri memiliki kandungan tinggi anthocyanin 1 dan 2 yang dapat  memblokir enzim yang terkait dengan peradangan.

Blueberry dan Blackberry

175696321-640x440

Blueberry dan blackberry mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan memori. Keduanya juga sarat akan antioksidan yang dapat mencegah kanker. Manfaat lainnya, blackberry membantu membuang kolesterol sebelum diserap oleh aliran darah.

Pepaya

iStock_000007645937_Small

Pepaya bagus untuk kamu yang punya masalah perut kembung. Pepaya juga kaya akan vitamin C seabagi penguat daya tahan tubuh. Kalau kamu sedang sembelit, makan pepaya di malam hari bisa melancarkan pencernaan keesokan paginya.

Mangga

Yellow cubes sliced mango on white plate

Mangga lebih kaya vitamin C dan lebih berserat dibandingkan jeruk. Kandungan gula yang terkandung dalam mangga diserap lebih perlahan oleh tubuh dibandingkan dengan buah lain. Hal ini membuat mangga bagus untuk kadar gula darah.

Pisang

Raw-Organic-Bunch-of-Bananas-768x512

Banana merupakan buah yang murah dan mengenyangkan. Protasium dalam pisang bagus untuk otot yang sering kram. Kalau kamu wanita yang sering mengalami nyeri saat datang bulan, rutin makan pisang bisa mencegah sakit di hari pertama. Protasium juga bagus untuk kesehatan tulang dan memelihara tekanan darah. Terlalu banyak menyantap makanan yang mengandung garam? Makan pisang dapat menurunkan kadar tekanan darah.

(Baca juga: Tips Hemat Buat Kamu yang Gila Make-up)

Grapefruit

various fresh colored fruit on wooden table

Grapefruit sangat baik untuk menu diet. Ini karena grapefruit berperan sebagai penekan nafsu makan. Selain bisa membantumu cepat langsing, grapefruit mampu mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan menurunkan tekanan darah. Grapefruit wajib dikonsumsi oleh pria yang mendambakan keturunan karena bisa membantu meningkatkan kualitas sperma.

Semangka

iStock_000009945716_Small

Semangka memang paling nikmat jika disantap saat sedang kepanasan. Selain rasanya yang enak, semangka ternyata mengandung beta carotene dan lycopene yang tinggi. Keduanya bermanfaat untuk kesehatan jantung. Semangka juga mengandung citrulline yang kemudian diubah menjadi arginin dalam tubuh. Argini berperan dalam meningkatkan nitrat oksida yang mampu merenggangkan pembuluh darah, sehingga pria terobari dari disfungsi ereksi.

Tentang Penulis