Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

10 Buku Finansial yang Menginspirasi (1)

by hanna on 3 September, 2014

Tidak hanya modal yang diperlukan untuk membangun sebuah usaha, tapi juga pengetahuan. CekAja.com merangkum 10 buku yang dapat memberikan inspirasi untuk meningkatkan aset dan mengelola keuangan pribadi Anda. Apa saja?

 

1. Rich Dad, Poor Dadrich-dad

Buku yang ditulis oleh Robert T. Kiyosaki ini dapat mengubah pandangan para pembaca tentang investasi dan uang. Tidak hanya memberikan info tentang cara dan alasan berinvestasi, tapi juga menantang pembaca untuk menurunkan budaya kelola uang pada anak-anak. Kiyosaki juga menunjukkan perbedaan antara orang kata dan orang miskin serta keputusan berbeda yang diambil keduanya.

 

2. The Millionaire Next Door

the-milionareThomas J. Stanley dan William D. Danko menulis buku ini berdasarkan wawancara sejumlah jutawan untuk mengetahui cara mereka mendapatkan kesuksesan. Ternyata rata-rata para jutawan ini hidup dengan cara sederhana, seperti: hidup dengan barang-barang sesuai kebutuhan; mengalokasikan waktu, energi, serta uang secara efisien; percaya bahwa kemandirian finansial lebih penting daripada pamer status sosial; tidak memanjakan anak dengan fasilitas mewah; dan memilih pekerjaan yang tepat. Buku ini dapat membantu Anda untuk berinvestasi dan mendapatkan uang.

 

3. One Up On Wall Street

one-up-wallBerbeda dengan buku investasi pada umumnya, Peter Lynch menitikberatkan satu poin: abaikan analis dan para ahli. Dalam buku ini, Lynch mengajak para pembaca untuk tidak membuat prediksi pasar atau ekonomi, tapi justru fokus pada hal yang diketahui, seperti perusahaan atau industri yang lazim bagi Anda. Lynch pun mengajak pembaca untuk mempertanyakan 3 hal ini sebelum mulai berinvestasi: apakah saya memiliki rumah; apakah saya membutuhkan uang; dan apakah saya memiliki kulaitas diri untuk sukses.

 

4. Think and Grow Rich

napoleon-hillMemaparkan prinsip-prinsip abadi untuk sukses di setiap aspek kehidupan, Napoleon Hill menulis buku ini setelah masa depresi di Amerika pada 1929. Meski terbit lebih dari 70 tahun silam, buku ini masih relevan untuk dibaca saat ini. Dalam buku ini dapat ditemukan kisah sukses berbagai tokoh, seperti Henry Ford, Thomas Edison, dan Alexander Graham Bell yang menuntun pembaca untuk menikmati standar hidup yang lebih tinggi.

 

5. Secrets of the Millionaire Mind

secretsBuku yang ditulis T. Harv Eker ini dapat mengubah cara pandang Anda terhadap diri sendiri dan cara Anda memperoleh uang. Selain itu, dijelaskan pula strategis jitu dan rencana-rencana bagi pembaca untuk mengubah cetak biru uang Anda dan meraih kesuksesan finansial. Eker pun mengingatkan melalui buku ini, perubahan sikap sama pentingnya dengan pendidikan finansial, dan Eker menunjukkan pada pembaca cara untuk mengubah hal tersebut.

 

 

Lima buku finansial lain yang dapat menjadi sumber inspirasi Anda dalam mengatur keuangan dapat disimak di artikel selanjutnya.

 

Tentang Penulis

Social media writer, coffee lover, twenty-something.