10 Cara Mengatasi Sinusitis Secara Alami di Rumah

6 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Ternyata, cara mengatasi sinusitis bisa dilakukan secara alami lho, tanpa harus ke dokter terlebih dahulu.

Pernahkan kamu mengalami pilek atau hidung tersumbat yang tak kunjung menghilang? Jika jawabannya iya, maka harap berhati-hatilah.

Sebab, hal itu mungkin menjadi pertanda bahwa kamu menderita sinusitis. Sinusitis itu sendiri bisa menyerang siapa saja, bukan hanya orang dewasa, melainkan juga anak-anak.

Ditambah lagi, penyakit ini juga mudah menyerang orang-orang yang memiliki alergi atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Apa itu Sinusitus?

Sebelum kita membahas tentang cara mengatasi sinusitis, tentu kamu juga perlu memiliki pengetahuan tentang apa itu yang disebut sebagai penyakit sinusitis.

Jika dilihat dari definisinya, sinusitis merupakan peradangan atau pembengkakan pada jaringan sinus, atau rongga hidung yang berisi udara tepat di belakang tulang wajah.

Sinus ini memiliki lapisan membran mukosa yang menghasilkan lendir untuk menjaga kelembaban saluran hidung dan menghalangi partikel kotoran dan kuman agar tidak masuk ke dalam saluran pernapasan.

(Baca Juga: Jenis-jenis Alergi pada Kulit)

Biasanya, sinus yang normal dilapisi dengan lapisan lendir tipis yang berperan dalam mengkap debu, kuman, atau partikel lainnya dari udara.

Akan tetapi, bagi penderita sinusitis, sinus justru akan tersumbat, sehingga menyebabkan kuman dapat tumbuh dan menimbulkan infeksi.

Nah, karena hal inilah, peradangan pada sinus bisa terjadi, yaitu karena adanya virus, bakteri, dan jamur.

Penyebab Sinusitis

Intinya, sinusitis disebabkan oleh pembengkakan dinding yang terdapat di dalam hidung yang diakibatkan karena virus ataupun reaksi alergi yang masuk dari saluran pernapasan atas.

Dimana, virus ini justru memicu sinus untuk menghasilkan lendir lebih banya, sehingga penumpukan dan penyumbatan pada hidungpun terjadi.

Kondisi inilah yang mendorong bakteri atau kuman menjadi semakin berkembang di rongga sinus sehingga menyebabkan infeksi. Selain itu, terdapat beberapa faktor juga yang bisa menyebabkan sinusitis, yaitu adalah:

  • Infeksi jamur
  • Infeksi gigi
  • Cedera hidung
  • Pembesaran kelenjar adenoid
  • Kebiasaan Merokok (perokok aktif) atau terlalu banyak menghirup asap rokok (perokok pasif).
  • Aktivitas menyelam dan berenang
  • Adanya benda asing yang terjebak di dalam hidung

Selain itu, ada pula beberapa kondisi medis yang juga bisa memicu terjadinya sinusitis, di antaranya adalah:

  • Tulang hidung bengkok
  • Alergi, seperti asma yang bisa menyebabkan terhambatnya saluran sinus.
  • Polip hidung, yaitu jaringan yang tumbuh dan membentuk massa di dalam hidung.
  • Cystic fibrosis, yaitu kelainan genetik yang menyebabkan lendir mengental dan kemudian menumpuk serta menyumbat berbagai saluran di dalam tubuh, terturama pernapasan dan pencernaan.
  • Kondisi lainnya, seperti melemahnya sistem kekebalan tubuh

Untuk anak-anak, umumnya sinusitis bisa terjadi karena adanya alergi yang bisa tertular dari orang-orang di sekitarnya, seperti teman.

Selain itu, sinusitis juga bisa disebabkan karena kebiasaan menggunakan dot atau minum dari botol dengan posisi berbaring, serta tinggal di lingkungan yang penuh dengan asap.

Cara Mengatasi Sinusitis

Ternyata, cara mengatasi sinusitis tidak perlu mengeluarkan biaya besar lho. Sebab, untuk sebagian kasus, gejala sinusitis justru dapat diredakan dengan beberapa cara berikut ini:

1. Penuhi Kebutuhan Air Tubuh

Cara mengatasi sinusitis yang pertama adalah, dengan memastikan bahwa tubuh kamu mendapatkan asupan air yang cukup.

Seperti yang sudah kamu ketahui, bahwa 70 persen dari tubuh manusia terdiri dari air. Sehingga, kekurangan cairan tubuh justru bisa menimbulkan berbagai permasalahan kesehatan yang seirus.

Bahkan, mencukupi kebutuhan air minum yang seharusnya dibutuhkan oleh tubuh sudah terbukti merupakan salah satu cara mengatasi sinusitis yang efektif.

2. Menghirup Uap

Cara mengatasi sinusitis selanjutnya adalah dengan menghirup uap. Kamu hanya perlu menyiapkan air panas di sebuah bangkuk besar.

Kemudian, dekatkan wajah ke dalam baskom tempat air panas tersebut dan tutup kepala dengan handuk, guna meminimalisir udara dari luar untuk masuk.

Hiruplah uap yang keluar dari air panas tersebut. Nah, hal ini dinilai mampu memberikan sedikit kelegaan untuk jalannya napas kamu.

Meskipun cara mengatasi sinusitis satu ini belum terbukti secara alamiah, namun mungkin ini bisa sedikit membantu.

3. Memanfaatkan Jahe

Selanjutnya, jahe juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengatasi sinusitis. Sebenarnya bukan hanya sinusitis saja, melainkan juga berbagai jenis permasalahan kesehatan lainnya.

Dilansir dari halodoc.com yang mengutip dari studi di dalam National Institutes of Health, tanaman satu ini memiliki kandungan antimikroba, antiseptik, antioksidatif, dan antiinflamasi, yang mampu meredakan peradangan pada dinding sinus.

Caranya adalah dengan cukup membuat teh hangat dicampurkan dengan jahe untuk membantu melegakan saluran pernapasan.

Selain dianggap dapat meredakan sinusitis, ramuan ini juga bisa mengatasi hidung mampet yang diakibatkan karena flu.

Akan tetapi, hal ini masih perlu dipertegas lagi, melihat bahwa belum ada bukti konkrit secara ilmiah mengenai jahe yang dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi sinusitis.

4. Cara Mengatasi Sinusitis dengan Akupresur

Akupresur merupakan salah satu teknik pengobatan tradisional dari Tiongkok yang sebenarnya sudah cukup terkenal sebagai pengobatan alternatif.

Caranya adalah dengan menekan titik-titik tertentu pada tubuh yang berkaitan pada penyakit yang tengah dirasa tersebut.

Akupresur yang dilakukan langsung oleh seorang ahli telah terbukti mampu membantu dalam menurunkan gejala sinusitif secara signifikan.

5. Membersihkan Saluran Hidung

Cara mengatasi sinusitis selanjutnya adalah dengan membersihkan saluran hidung. Caranya yaitu dengan cukup membersihkan atau membilas hidung menggunakan air garam.

6. Nanas

Buah nanas mengandung bromelain, yaitu protein yang bisa meredakan pembengkakan pada saluran pernapasan.

Selain itu, tak hanya sinusitis saja, bromelain juga bahkan dipercaya bisa membantu dalam meredakan batuk serta mengencerkan lendir yang terdapat di tenggorokan.

7. Menggunakan Obat Semprot Hidung

Nah, ini merupakan salah satu cara mengatasi sinusitis yang dikenal paling cepat, efektif, dan tentunya banyak dipilih oleh orang, yaitu obat semprot hidung.

Fungsi utama dari obat semprot hidung (saline nasal spray) ini adalah untuk meringankan gejala sinusitis yang terjadi.

Namun, kamu juga tidak boleh sembarang dalam memilih obat. Pasalnya, obat ini juga tak jauh berbeda dengan obat lainnya yang memiliki takaran dosis serta aturan pakai tersendiri.

Jika kamu ingin menggunakan cara mengatasi sinusitis satu ini, maka lebih disarankan jika kamu menggunakannya atas anjuran dari dokter.

8. Kompres Air Hangat

Kamu bisa menyiasati gejala sinusitis dengan mengompreskan hidung dan area sekitar hidung dengan menggunakan air hangat.

Caranya adalah dengan menyiapkan air hangat beserta handuk bersih. Kemudian, kamu bisa langsung merendam handuk tersebut ke air yang telah disiapkan dan langsung mengompresnya ke area hidung.

Agar menghasilkan rasa yang lebih nyaman, kamu bisa bisa mencampurkan air dengan rempah-rempah, seperti jahe atau kunyit. Cara satu ini dinilai mampu meringankan beberapa gejala sinusitis yang tengah terjadi.

9. Tinggikan Posisi Kepala Ketika Tidur

Selanjutnya, kamu juga bisa menyiasati gejala sinusitis dengan meninggikan kepala ketika tidur. Caranya adalah dengan menggunakan beberapa bantal untuk menopang kepala.

Nah, hal ini bertujuan untuk mengurangi jumlah tekanan di area sekitar sinus sekaligus mengurangi rasa tidak nyaman yang timbul akibat sinusitis itu sendiri.

10. Kunyit

Selain jahe, kunyit juga merupakan salah satu rempah-rempah yang sudah dikenal lama mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah sebagai obat sinusitif yang ampuh.

Sebab, hal tersebut dikarenakan senyawa kurkumin yang disinyalir sebagai kandungan kunyit dengan khasiatnya yang sangat baik bagi kesehatan.

Dalam menjadikan kunyit sebagai obat herbal ini, kamu bisa meminum air rebusannya secara terpisah, atau justru mengkonsumsinya bersamaan dengan campuran jahe.

Jadi, inilah beberapa cara mengatasi sinusitis di rumah yang bisa kamu coba lakukan. Dan apabila gejala sinusitis tak kunjung mereda, maka kamu tak ada pilihan lain selain berkonsultasi ke dokter, untuk membahas langkah yang harus dilakukan selanjutnya untuk menyembuhkan penyakit sinusitis ini.

(Baca Juga: 8 Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan)

Nah, agar kamu tetap bisa menikmati fasilitas kesehatan secara optimal namun dengan harga yang terjangkau, jangan lupa juga untuk menggunakan asuransi kesehatan.

Sebab, hadirnya asuransi kesehatan justru bisa memberikanmu keringanan perihal biaya pengobatan dan rumah sakit yang kian meninggi.

Lalu, bagaimana jika belum memiliki asuransi kesehatan? Segera ajukan saja di CekAja.com. Selain kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis asuransi manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi, seluruh pengajuan di CekAja.com juga bisa dilakukan secara online lho.

Jadi, kamu sudah tidak perlu repot lagi untuk meluangkan waktu ke luar rumah. Mudah banget kan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan asuransi kesehatanmu hanya di CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha