10 Cara Program Hamil Bayi Kembar Ini Efektif dan Terjamin Ampuh!

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Bagi kamu yang berencana ingin memiliki bayi kembar, rasanya sangat penting untuk mengetahui apa saja cara program hamil bayi kembar. Khususnya, bagi kamu yang tidak memiliki garis keturunan kembar.

Sebab, untuk pasangan yang tidak memiliki keturunan kembar, akan sulit untuk bisa memiliki anak kembar.

Pasangan tersebut tentu harus berusaha lebih keras, dengan melakukan berbagai cara program hamil bayi kembar, baik yang disarankan oleh dokter, maupun cara-cara alami yang dilakukan banyak pasangan.

Memangnya, apa saja sih cara program hamil bayi kembar yang bisa dilakukan? Nah, pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan mengulas beberapa cara program hamil bayi kembar. Buat kamu yang penasaran, yuk simak bersama-sama ulasan berikut ini!

Posisi Seks yang Mendukung Program Hamil Bayi Kembar

Sebenarnya, jika berbicara tentang cara hamil bayi kembar, ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan, salah satunya yaitu melalui posisi seks.

Karena perlu diketahui, bahwa posisi seks menjadi salah satu faktor penentu untuk bisa hamil bayi kembar.

Sejatinya, ada empat posisi seks yang mendukung program hamil bayi kembar, yang bisa dilakukan pasangan suami istri, di antaranya yaitu:

  • Posisi misionaris

Misionaris sejatinya merupakan posisi seks yang paling sederhana dan paling populer. Hal tersebut dikarenakan, posisi ini dipercaya mampu memberikan peluang lebih besar, untuk bisa hamil bayi kembar.

Disebut sebagai posisi paling populer, karena posisi ini banyak dilakukan oleh pasangan suami istri, yang sedang menjalankan program hamil bayi kembar.

Selain membuat istri menjadi lebih nyaman, posisi misionaris juga dapat mempercepat jalan sperma dalam menemukan sel telur.

Dengan begitu, maka kemungkinan terjadinya pembuahan sel telur oleh sperma akan semakin besar.

(Baca Juga: Cara Mengatasi Pegal-pegal saat Hamil)

  • Posisi doggy style

Berikutnya ada doggy style. Ini merupakan salah satu posisi seks yang dapat meningkatkan peluang hamil bayi kembar.

Karena, dengan melakukan posisi ini, nantinya leher rahim wanita akan lebih dekat dengan sel sperma, yang masuk dan mencari sel telur.

  • Posisi side by side

Selain dua posisi di atas, kamu juga bisa mencoba posisi side by side untuk meningkatkan peluang hamil bayi kembar.

Buat kamu yang belum tahu posisi side by side, ini merupakan posisi yang mengharuskan suami dan istri saling bersebelahan.

Kemudian sang istri dapat mengambil posisi membungkuk ke depan, dan sang suami melakukan penetrasi dari belakang.

Dengan melakukan posisi tersebut, peluang untuk bisa hamil bayi kembar dipercaya akan semakin besar.

  • Posisi standing position

Posisi terakhir yang bisa dilakukan suami istri untuk bisa hamil bayi kembar adalah posisi standing position.

Sesuai dengan namanya, ini dilakukan dalam posisi berdiri. Di mana, posisi ini dapat memberikan penetrasi yang dalam.

Selain itu, posisi standing position ini pun secara tidak langsung sangat menguntungkan sperma, karena dapat masuk ke dalam sel telur dengan mudah.

Bagaimana Cara Program Hamil Bayi Kembar?

Jika pada pembahasan sebelumnya, kamu sudah mengetahui posisi apa saja yang dapat menunjang program hamil bayi kembar, maka kali ini kamu akan mengetahui cara yang patut dilakukan saat program hamil bayi kembar.

Karena untuk bisa hamil dan memiliki bayi kembar, ada beberapa cara yang harus kamu lakukan, di antaranya seperti:

1. Mengetahui riwayat keluarga

Cara program hamil bayi kembar yang perlu kamu lakukan pertama adalah ketahui terlebih dahulu riwayat keluarga.

Sebab, jika dilihat dari riwayat keluarga, kamu memiliki gen keturunan kembar, maka hal itu dapat memudahkanmu untuk bisa hamil bayi kembar.

Namun, apabila kamu tidak memiliki keturunan kembar, maka kamu perlu berusaha lebih keras, dan melakukan beberapa cara program hamil bayi kembar.

2. Menaikkan bobot tubuh

Selain mengetahui riwayat keluarga, menaikkan bobot tubuh juga menjadi salah satu cara program hamil bayi kembar yang patut kamu lakukan.

Pasalnya, sebuah penelitian mengatakan bahwa kenaikan berat badan dapat memperbesar peluang, untuk bisa hamil bayi kembar, karena kesuburan di area reproduksi pun ikut bertambah.

Sebagai contoh, wanita dengan Body Mass Index (BMI) 30, akan memiliki peluang hamil bayi kembar yang lebih besar, dibandingkan wanita dengan bobot tubuh yang kecil.

Dan uniknya, hal tersebut juga berlaku pada wanita berbadan tinggi, yang memiliki peluang hamil bayi kembar lebih besar, dibandingkan wanita berbadan pendek.

3. Mengonsumsi banyak makanan yang mengandung asam folat

Seperti yang diketahui, jenis makanan yang mengandung asam folat sebenarnya sangat banyak, di antaranya seperti bayam, alpukat, brokoli dan asparagus.

Semua makanan tersebut bisa kamu konsumsi secara rutin, sebagai salah satu rangkaian dari cara program hamil bayi kembar.

Karena, makanan yang mengandung asam folat dapat meningkatkan hormon yang membantu perkembangan sel telur menjadi lebih sehat, serta pelepasan sel telur yang lebih subur.

Dengan begitu, mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat secara rutin, dapat meningkatkan potensi seseorang untuk bisa hamil anak kembar.

4. Hamil di usia pertengahan 30 tahun

Meski terkenal sangat rawan, namun hamil di usia pertengahan 30 menjadi cara program hamil bayi kembar yang bisa dilakukan, untuk kamu yang sangat menginginkan anak kembar.

Karena sejatinya, semakin tua usia wanita, maka semakin besar juga potensi seorang wanita hamil anak kembar.

Hal itu tentu disebabkan oleh, tubuh wanita yang berada di usia pertengahan 30, akan lebih sering melakukan pelepasan sel telur dari satu sel telur, selama ovulasi bertambah.

Inilah yang sebenarnya menjadi jawaban, mengapa 17 persen wanita di usia 45 tahun masih bisa melahirkan bayi kembar.

5. Mengonsumsi lebih banyak makanan atau minuman olahan susu

Siapa sangka, kalau ternyata mengonsumsi lebih banyak makanan atau minuman olahan susu dapat meningkatkan peluang hamil bayi kembar?

Ya, semakin banyak mengonsumsi makanan atau minuman olahan susu, seperti yogurt dan keju, nyatanya secara efektif mampu meningkatkan kesuburan wanita.

Sehingga, tidak heran apabila ini dijadikan sebagai salah satu cara program hamil bayi kembar yang patut dilakukan oleh wanita, untuk mendapatkan bayi kembar.

6. Menaikkan intensitas bercinta

Di urutan keenam ada menaikkan intensitas bercinta. Cara program hamil bayi kembar yang satu ini sudah pasti wajib kamu lakukan.

Hanya saja, untuk bisa hamil bayi kembar, kamu perlu mengetahui posisi bercinta yang tepat, yang dapat meningkatkan potensi hamil bayi kembar, salah satunya yaitu misionaris.

7. Melakukan pengecekan sperma perempuan

Nyatanya, tidak hanya laki-laki saja yang perlu melakukan pengecekan sperma, tetapi perempuan pun juga harus melakukannya.

Pengecekan sperma perempuan, umumnya dilakukan sebagai salah satu cara program hamil bayi kembar. Karena, sperma perempuan memiliki pergerakan berenang yang lebih lambat, dibandingkan sperma laki-laki.

Meskipun begitu, namun sperma perempuan memiliki kemampuan bertahan hidup yang lebih lama, yaitu sekitar 72 hari, jika dibandingkan dengan laki-laki yang hanya mampu bertahan selama 24 jam.

8. Konsumsi lebih banyak ubi

Jika disuruh untuk mengonsumsi ubi lebih banyak sebagai cara program hamil bayi kembar, mungkin sebagian besar wanita akan suka.

Sebab, ubi tidak hanya mampu menyehatkan tubuh, tetapi juga membantu menyuburkan area reproduksi tubuh, dari senyawa yang dikandungnya. Kamu bisa mengonsumsi ubi dalam berbagai bentuk olahan.

Namun, akan lebih baik jika kamu mengonsumsi ubi yang hanya dibersihkan bagian kulitnya, lalu diolah dengan cara direbus atau dikukus hingga matang.

Setelah itu, kamu bisa langsung mengonsumsinya begitu saja, termasuk dengan kulit ubi itu sendiri.

9. Mulai konsumsi makanan asam sebelum tanggal ovulasi

Cara program hamil bayi kembar lainnya yang bisa kamu lakukan adalah mengonsumsi makanan asam, khususnya sebelum tanggal ovulasi.

Agar tidak terlewat, kamu bisa menandai terlebih dahulu kapan tanggal terjadinya ovulasi. Karena, makanan asam diketahui dapat membantu menciptakan suasana kondusif untuk sperma perempuan.

Sehingga, sperma perempuan nantinya dapat hidup atau bertahan lebih lama dari biasanya. Jika sudah begitu, maka peluang untuk bisa hamil bayi kembar pun semakin besar.

10. Menggunakan metode bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF)

Cara program hamil bayi kembar yang terakhir adalah dengan metode bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF). Cara ini biasanya ditempuh oleh pasangan yang tidak memiliki garis keturunan kembar.

Karena dengan menggunakan metode ini, kemungkinan terjadinya kehamilan bayi kembar berada di kisaran 1 di antara 5 kehamilan.

Pasalnya, selama menjalani program bayi tabung ini, rahim ibu akan ditanami lebih dari satu embrio.

Yang mana, hal tersebut dapat memberikan peluang dan harapan yang lebih besar, untuk mendapatkan anak kembar.

Makanan yang Dapat Menaikkan Peluang Hamil Bayi Kembar

Untuk menunjang peluang hamil bayi kembar, kamu tidak hanya perlu mengetahui apa saja cara yang harus dilakukan saat program kehamilan, melainkan kamu juga perlu memperhatikan asupan makanan dan minumannya.

Sebab, untuk menaikkan peluang hamil bayi kembar, ada baiknya kamu mengonsumsi beberapa makanan dan minuman seperti berikut ini.

  • Ubi
  • Daging
  • Singkong
  • Inti nanas
  • Makanan olahan susu
  • Makanan yang mengandung protein tinggi, seperti kedelai, tahu dan gandum utuh
  • Makanan yang mengandung asam folat, seperti brokoli, alpukat, bayam, asparagus
  • Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian.

(Baca Juga: Tips Aman Berpuasa saat Hamil)

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam program hamil bayi kembar. Semua cara tersebut, tentunya membantu meningkatkan peluang hamil bayi kembar, terlebih jika kamu dan pasangan tidak memiliki keturunan kembar.

Namun selain melakukan beberapa cara, kamu juga perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang mampu meningkatkan peluang hamil bayi kembar.

Sebab dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut, peluang hamil bayi kembar tidak hanya meningkat, tetapi juga tubuh akan menjadi lebih sehat dan bugar.

Dengan demikian, maka risiko untuk terkena berbagai jenis bakteri dan virus penyakit pun menjadi berkurang.

Meski begitu, namun kamu tetap perlu menjaga kesehatan tubuh selama masa program kehamilan bayi kembar.

Kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan, untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal.

Karena seperti yang diketahui, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga nantinya jika terjadi sesuatu, kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan besarnya biaya pengobatan yang harus ditanggung.

Oleh karena itu, buat kamu yang hingga saat ini belum memiliki asuransi kesehatan, bisa langsung mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan perlindungan kesehatan yang maksimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani