Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

10 Cat Rumah Terbaik dengan Berbagai Formula Canggih

by Estrin Vanadianti Lestari on 10 Juli, 2020

Tidak hanya asal memberi warna pada dinding, cat rumah terbaik tentunya harus memiliki kualitas bahan yang bagus, serta pilihan warna yang menawan. Untuk bisa mencapai keindahan pada rumah kamu, cat terbaik juga harus bisa menjaga kondisi warnanya, agar tidak pudar dan kondisi dinding agar tidak berjamur. 

10 cat rumah terbaik dengan berbagai formulasi canggih

Pasalnya, bagi kebanyakan orang, cat rumah terbaik harus bisa melindungi rumah, bahkan hingga bertahun-tahun. Sehingga, penting bagi kamu untuk mengetahui indikator dari sebuah produk cat, terlebih jika hanya dilihat dengan kasat mata, semua cat pasti akan terlihat sama. 

Nah, sebelum membeli, sepertinya kamu wajib mengetahui ciri-ciri cat rumah terbaik yang awet berikut ini deh. Meski, awam dengan bahan-bahan cat, setidaknya kamu bisa memilih, mana produk cat terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kamu.  

Ciri-ciri Cat Rumah Terbaik dan Tahan Lama
  • Berasal dari merek terkenal

Ciri cat rumah terbaik biasanya berasal dari merek produk cat terkenal. Dengan memilih merek yang memiliki reputasi baik, itu artinya merek cat tersebut sudah banyak digunakan orang dan memiliki hasil yang memuaskan. 

Merek cat dinding terbaik juga biasanya sering didengar, karena kerap muncul di iklan televisi, hingga billboard di pinggir jalan.  

(Baca Juga: Tips Memilih Asuransi Rumah Kontrakan)
  • Tahan lama/awet dan berjangka panjang

Ciri selanjutnya tentu tahan lama dan berdampak baik untuk jangka panjang. Pasalnya, dengan begitu kamu juga akan menghemat banyak waktu dan uang. 

Cat rumah abal-abal, akan memberi warna yang tidak awet dan tidak melindungi dinding. Sehingga, warna bisa cepat pudar dan dinding lekas rusak dan berjamur.

Bahan Propylene Vinyl Acrylic (PVaC) lah yang membuat cat dinding, agar tidak mudah luntur.  

  • Tahan cuaca yang ekstrim

Selain awet dari segi warna, cat rumah terbaik juga harus bisa melindungi dinding rumah dari berbagai cuaca yang ekstrim. Seperti panas terik, hujan, angin, asap, dan lain-lain.

Untuk tipe cat yang bisa tahan cuaca ekstrim seperti ini, biasa kamu harus memilih jenis cat dengan formula Spotless dan water proof. Dimana formula ini akan membuat dinding kamu tahan segala noda, mulai dari noda cair, hingga asap, bahkan coretan. 

  • Tahan lumut dan jamur

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, cat rumah terbaik harus bisa melindungi, seperti dari lumut dan jamur. Cat tembok abal-abal, akan menyerap air dan rembes ke dalam dinding, sehingga bisa menyebabkan tumbuhnya lumut dan jamur. 

  • Pengaplikasian cat mudah

Ciri cat rumah terbaik selanjutnya adalah pengaplikasian cat sangat mudah. Pasalnya, ada beberapa produk cat yang sulit untuk diaplikasikan, sehingga kamu terpaksa untuk memanggil tukang cat, karena mereka lebih berpengalam dan memiliki peralatan mengecat yang lengkap. 

Namun, dengan pengaplikasian cat yang mudah, bisa membuat kamu lebih hemat dari biaya pengerjaan. Bahkan, kamu bisa mengecat rumah sendiri dengan kuas, tanpa bantuan tukang. 

  • Harganya mahal

Untuk ciri yang satu ini, tentu sangat mempengaruhi kualitas. Dimana cat rumah terbaik, pasti memiliki harga yang mahal, bahkan harganya bisa dua kali lipat. 

Namun, harga yang mahal akan menjamin keawetan dan perlindungan, dengan bahan-bahan premium. Memilih cat yang harganya dua kali lipat lebih mahal, juga bisa berdampak baik untuk jangka panjang. 

Jadi, kamu tidak sering ganti-ganti cat dan mengulang pengecatan dari awal. Buang-buang tenaga, waktu, dan uang bukan? 

Nah, jika kamu sudah mengetahui ciri-ciri dari cat rumah terbaik, kini saatnya ketahui rekomendasi 10 merek cat terbaik, yang bisa jadi pilihan. Yuk simak di sini.

10 Cat Rumah Terbaik
1. Nippon Paint Spotless Plus

Nippon Paint Spotless Plus - 10 Cat Rumah Terbaik dengan Berbagai Formula Canggih

Cat rumah terbaik yang pertama adalah Nippon Paint Spotless Plus. Menjadi merek cat dinding ternama, produk Nippon Paint Spotless Plus ini juga merupakan cat interior premium, yang mampu melindungi dinding dari bakteri. 

Dilengkapi dengan teknologi Silver-Ion, produk Nippon Paint yang satu ini mampu mencegah pertumbuhan bakteri MRSA, E.coli, dan staphylococcus aureus. Jadi, tak perlu khawatir terserang penyakit asma, flu dan diare. 

Selain itu, formula Spotless Plus dan teknologi Stain Guard-nya juga mampu mencegah segala noda cair melekat pada dinding. Jika kotor, kamu bisa membersihkannya dengan kain lap basah.

– Harga: Sekitar Rp195.000 (2,5 liter)

2. Decolith

Decolith - 10 Cat Rumah Terbaik dengan Berbagai Formula Canggih

Merek cat rumah terbaik yang selanjutnya adalah Decolith. Produk cat yang satu ini, bisa digunakan buat kamu yang sering menemukan cat dinding yang pudar, mengapur/rontok, hingga bisa menempel ke baju dan kulit ketika bersandar. 

Nah, jika kamu punya masalah dinding di atas, segera beralih ke cat Decolith ini. Pernah mendapatkan penghargaan Satria Brand Award, cat rumah terbaik ini juga ramah lingkungan, bebas timbal dan merkuri. 

– Harga: Sekitar Rp108.000 (5 kg)

– Hasil akhir: Matte

3. Nippon Paint Vinilex

Nippon Paint Vinilex - 10 Cat Rumah Terbaik dengan Berbagai Formula Canggih

Jika produk Nippon Paint Spotless Plus, memiliki keunggulan utama anti bakteri dan anti noda, berbeda dengan produk Nippon Paint Vinilex. Dimana cat rumah terbaik ini mampu tahan disikat hingga 1.200 kali, sehingga sudah pasti awet.  

Selain tahan lama, Nippon Paint Vinilex juga memiliki keunggulan anti jamur, anti pudar, tahan lama, kuat, mudah kering, dan mudah diaplikasikan. Nah, produk cat ini bisa kamu jadikan pilihan sebagai salah satu produk berkualitas tinggi.

– Harga: Sekitar Rp115.000 (5 kg)

4. Aquaproof

Aquaproof - 10 Cat Rumah Terbaik dengan Berbagai Formula Canggih

Seperti namanya, cat rumah terbaik yang satu ini memiliki keunggulan utama yakni elastis, daya lekat kuat, kedap air, tahan leleh, dan tentunya tahan lama. Sehingga, cat Aquaproof sangat cocok buat kamu, yang memiliki masalah kebocoran atau dinding rembes.

Terlebih, di Indonesia sering mengalami cuaca ekstrim, mulai dari musim panas hingga musim hujan. Tidak mau kan, cat dinding rumah kamu cepat rusak dan kusam? Maka dari itu, kamu peru produk cat seperti Aquaproof. 

– Harga: Sekitar Rp175.000 (4 kg)

5. Lenkote Sunguard Acrylic Emulsion

Lenkote Sunguard Acrylic Emulsion - 10 Cat Rumah Terbaik dengan Berbagai Formula Canggih

Cat rumah terbaik yang satu ini, biasa digunakan untuk mengecat bagian dinding luar. Adapun keunggulan utama dari cat Lenkote Sunguard Acrylic Emulsion ini mampu mencegah pertumbuhan lumut dan dinding bisa dicuci dengan air, tanpa membuat catnya luntur. 

– Harga: Sekitar Rp242.000 (2,5 liter)

– Hasil akhir: Semi gloss

6. Dulux EasyClean

Dulux EasyClean - 10 Cat Rumah Terbaik dengan Berbagai Formula Canggih

Si kecil sering coret-coret dinding dan membuat dinding jadi kotor? Tenang, kondisi dinding akan baik-baik saja jika kamu menggunakan cat rumah terbaik dari Dulux EasyClean. 

Cat tembok ini sangat cocok digunakan untuk mengecat dinding kamar anak, sehingga anak bisa bebas bermain dan berkreasi, bahkan dengan dinding sekalipun. Dengan teknologi KidProof Technology membuat cat tahan terhadap noda atau coretan krayon. 

Selain tahan noda dan mudah dibersihkan, cat Dulux EasyClean juga bisa melindungi kamu dan anak-anak dari kuman dan bakteri di dinding. 

– Harga: Sekitar Rp185.000 (2,5 liter)

– Hasil akhir: Mid sheen

7. No Drop Tinting

No Drop Tinting - 10 Cat Rumah Terbaik dengan Berbagai Formula Canggih

Hampir sama dengan Aquaproof, cat rumah terbaik dari No Drop Tinting ini, juga memiliki keunggulan anti bocor. Pasalnya, jika dinding kamu memiliki masalah retak-retak halus, yang memungkinkan rembes, maka kamu perlu cat No Drop Tinting. 

Dengan pilihan warna yang beragam, membuat dekorasi rumah kamu lebih menawan dan terlindungi. 

– Harga: Sekitar Rp180.000 (4 kg)

– Hasil akhir: Semi gloss

8. Jotun Jotaplast

Jotun Jotaplast - 10 Cat Rumah Terbaik dengan Berbagai Formula Canggih

Cat rumah terbaik dari Jotun Jotaplast, memiliki keunggulan bebas bahan kimia berbahaya. Pasalnya, produk cat yang satu ini, sangat ramah lingkungan, bahkan sudah bersertifikat Singapore Green Label, jadi sudah pasti aman. 

Cat rumah ini juga memiliki partikel yang rapat, sehingga bisa menutup bagian dinding  dengan sempurna. Bahannya yang ringan, membuat cat ini juga mudah diaplikasikan. Mengecat pun bukan suatu hal yang melelahkan, tetapi menyenangkan!

– Harga: Sekitar Rp120.000 (5kg)

9. Dulux Catylac Interior

Dulux Catylac Interior - 10 Cat Rumah Terbaik dengan Berbagai Formula Canggih

Buat kamu yang lagi mencari warna-warna cerah menakjubkan, seperti wajib buat pakai cat rumah terbaik dari Dulux Catylac Interior. Dengan teknologi Chroma-Brite, membuat warna-warna yang dihasilkan menjadi terpancar.

Untuk bahan yang digunakan cat ini juga aman, karena zat pewarna di cat ini, tidak mengandung bahan tambahan seperti timbal dan merkuri. 

– Harga: Sekitar Rp 118.000 (5 kg)

– Hasil akhir: Matte

(Baca Juga: Pilihan Asuransi Terbaik untuk Properti)
10. Avitex

Avitex - 10 Cat Rumah Terbaik dengan Berbagai Formula Canggih

Nah, buat kamu yang ingin warna tembok merasa dan tertutup sempurna,, bisa gunakan cat rumah terbaik dari Avitex. Di sini, Avitex memiliki keunggulan, dimana ia bisa menutup dinding dengan sempurna, bahkan hanya dalam beberapa sapuan. 

Warna yang ditawarkan juga beragam dan bagus. Di sisi lain, cat dinding ini juga tidak mudah pudar, meski dinding sudah berusia tahunan. 

– Harga: Sekitar Rp145.000 (5 kg)

– Hasil akhir: Matte

Nah, itu dia beberapa rekomendasi produk cat rumah terbaik, untuk hasil yang berkualitas. Terlebih, untuk keperluan rumah memang harus memilih produk premium agar bisa tahan lama dan berjangka panjang. 

Jadi, sudah menentukan pilihan cat yang akan dibeli? Agar tidak bingung, pastikan kamu membeli cat rumah sesuai dengan kebutuhannya, misalnya untuk menghalau kebocoran, untuk kesehatan anak dan keluarga dan lain-lain. 

Nah, kalau untuk pembeliannya, kamu bisa membeli di mana saja, baik di toko bangunan atau di toko online sekalipun. Jangan lupa, lakukan pembayarannya menggunakan kartu kredit. 

Selain praktis karena bersifat cashless, menggunakan kartu kredit juga bisa memberikanmu banyak keuntungan. Mulai dari diskon, cashback, hingga rewards. Apalagi, jika kamu berbelanja sekaligus dengan kebutuhan rumah lainnya. 

Yuk, segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, terutama kartu kredit khusus belanja agar praktis dan menguntungkan, hanya di CekAja.com!

 

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk