10 Film Kartun Generasi 90’an Ini Bikin Kamu Nostalgia!

6 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Jika berbicara tentang film generasi 90’an, rasanya itu akan membawamu kembali pada kenangan indah masa kecil. Apalagi, kebanyakan dari film kartun tersebut kini sudah tidak lagi ditayangkan di TV.

Sehingga, jika kamu ingin kembali menontonnya, kamu harus menggunakan aplikasi tertentu untuk bisa menonton film kartun generasi 90’an tersebut.

Daftar film kartun generasi 90’an pun sangat banyak, di antaranya yang paling berkesan dan tayang setiap Minggu pagi, yaitu Shinchan, Hamtaro, P-Man, Ninja Hattori, Captain Tsubasa dan Doraemon.

Namun selain yang disebutkan tersebut, masih ada banyak film kartun generasi 90’an lainnya, yang akan diulas secara lengkap pada artikel kali ini, khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Daftar Film Kartun Generasi 90’an

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, kalau kali ini CekAja.com akan mengajak generasi 90’an untuk bernostalgia ke Minggu pagi masa kecil mu, dengan mengingat beberapa film kartun generasi 90’an yang di antaranya, yaitu:

1. Shinchan

Siapa sih di antara kamu yang tidak tahu kartun Shinchan? Sebagai salah satu film kartun generasi 90’an terpopuler ini, Shinchan menghadirkan kartun yang bercerita tentang kehidupan sehari-harinya yang jenaka.

Shinchan sendiri merupakan nama salah satu tokoh anak kecil, yang memiliki tingkah usil dan terkadang menyebalkan.

Meski begitu, namun tingkah konyolnya tersebut mampu membuat kamu gemas, senyum-senyum, bahkan tertawa sendiri.

Kamu akan mengetahui kartun Shinchan, apabila kamu sudah melihat tokoh anak kecil dengan kaos warna merah dan celana kuning andalannya. Di Indonesia sendiri, kartun ini pernah tayang sekitar tahun 2000-an.

2. Sailor Moon

Film kartun generasi 90’an berikutnya, yaitu Sailor Moon. Anime atau film kartun yang bercerita tentang para prajurit bulan pemberantas kejahatan di muka bumi ini, dahulunya menjadi salah satu kartun anak-anak terbaik.

Dan menariknya, Sailor Moon hingga saat ini masih menjadi film kartun terbaik, meskipun sudah tidak tayang lagi di stasiun TV.

Sailor Moon sendiri memiliki satu tokoh utama yang sangat ikonik, yaitu Usagi Tsukino. Disebut sangat ikonik, karena ini memiliki ciri khas yang terletak pada rambut kuningnya yang dikuncir dua.

Meski Usagi Tsukino memiliki sifat yang masih anak-anak, namun ia mampu berubah menjadi karakter yang sangat tangguh, khususnya ketika sedang memberantas kejahatan.

Film kartun ini juga memiliki satu kalimat yang sangat terkenal hingga saat ini, yaitu “Dengan kekuatan bulan, aku akan menghukummu.”

(Baca Juga: 10 Film Kartun Terbaik untuk Anak)

3. Hamtaro

Salah satu film kartun generasi 90’an yang juga sangat melegenda, yaitu Hamtaro. Sesuai dengan namanya, film kartun ini berkisah tentang petualangan seekor hamster yang lucu dan menggemaskan, bernama Hamtaro.

Di setiap episode-nya, ada saja tingkah laku Hamtaro yang tidak terduga dan dilakukan bersama teman-temannya.

Ketika masih disiarkan di televisi, Hamtaro biasanya tayang setiap Minggu pagi, pukul 07.30 WIB.

Kamu bisa tahu apakah kartun ini sudah tayang atau belum, ketika mendengar penggalan lirik lagu seperti “Hamtaro tidur di mana saja, apa yang paling dia senangi, biji bunga matahari.”

4. P-Man

Film kartun generasi 90’an yang keempat, yaitu P-Man. Film kartun yang satu ini berkisah tentang seorang superhero dari luar planet, bernama Bird-man.

Superhero tersebut menugaskan seorang anak kelas 4 SD, bernama Mitsuo menjadi superhero untuk melindungi bumi, dengan julukan P-Man.

Sebelum menjalankan tugasnya, Mitsuo harus menggunakan jubah dan topeng terlebih dahulu, untuk kemudian berubah menjadi P-Man.

Mitsuo sendiri memiliki robot yang dapat berubah menjadi kembarannya, yang akan menggantikan tugas Mitsuo ketika ia sedang bersekolah.

Dan pada saat menjalankan tugasnya sebagai P-Man, Mitsuo dibantu oleh Bobby, P-Girl dan Fat-Man.

5. Ninja Hattori

Selain empat film kartun di atas, Ninja Hattori juga menjadi salah satu film kartun generasi 90’an yang banyak ditonton.

Jika berbicara tentang film kartun Ninja Hattori, kamu pasti ingat dengan kisah petualangan Kinichi yang selalu dibuat susah dan direpotkan oleh Kimimaki dan kucingnya.

Namun untungnya, Kinichi bertemu dengan Ninja Hattori, Shishimaru dan Shinzo yang selalu siap dan bersedia untuk membantunya.

Film kartun generasi 90’an ini, dahulunya pernah ditayangkan di RCTI dan Indosiar sejak 1997-2003.

6. Dragon Ball

Dragon Ball merupakan film kartun generasi 90’an, yang banyak ditonton oleh anak-anak laki-laki masa itu.

Sebelum melakukan aktivitas di hari Minggu, biasanya mereka menyempatkan menonton film kartun yang satu ini dahulu.

Film kartun ini bercerita tentang Son Goku, tokoh utama Dragon Ball beserta teman-temannya yaitu Bulma, Master Roshi dan Krillin yang berusaha mengumpulkan tujuh bola Naga.

Tujuh bola tersebut sangat dicari-cari, karena mampu mengabulkan permintaan. Sehingga, di mana pun bola itu berada, Son Goku dan teman-temannya akan selalu mencari dan menemukannya.

Pencarian bola Naga itulah, yang menjadi awal perjalanan atau petualangan Son Goku dan teman-temannya, dalam film kartun Dragon Ball.

7. Captain Tsubasa

Pada dasarnya, film kartun generasi 90’an ini adalah film kartun yang ditujukan untuk anak-anak laki-laki.

Namun nyatanya, banyak anak-anak perempuan yang juga suka menonton film kartun ini, ya Captain Tsubasa.

Captain Tsubasa sendiri merupakan film kartun yang berhasil membuat banyak anak laki-laki, memiliki cita-cita menjadi pemain sepakbola.

Hal tersebut dikarenakan, film kartun ini bercerita tentang kisah Captain Tsubasa yang selalu memenangkan pertandingan sepakbola, dengan tendangan spektakulernya yang bikin semua orang yang melihatnya terperangah.

8. Chibi Maruko Chan

Hayo, siapa di antara kamu yang tidak tahu film kartun generasi 90’an Chibi Maruko Chan? Rasanya, kenangan masa kecil kamu kurang lengkap jika tidak tahu film kartun yang satu ini.

Pasalnya, Chibi Maruko Chan merupakan kartun komedi yang bercerita tentang kehidupan sehari-hari anak SD, bernama Maruko.

Maruko sendiri divisualisasikan dalam bentuk anak SD perempuan yang mungil, dengan pipi gembul kemerahan, yang membuatnya terlihat sangat menggemaskan.

Satu fakta menarik yang dimiliki film kartun generasi 90’an satu ini, yaitu kisahnya yang diangkat setiap episode-nya merupakan kisah nyata dari pengarangnya itu sendiri. Bagaimana, benar-benar sangat unik, bukan?

9. Digimon Adventure

Di urutan kesembilan ada Digimon Adventure, yang menjadi bagian dari daftar film kartun generasi 90’an.

Digimon adventure sendiri, merupakan salah satu anime Jepang paling populer dan favoritnya anak-anak.

Hal itu karena, film kartun ini berkisah tentang tujuh anak terpilih, yang memiliki Digimon dengan bentuk dan sifat yang berbeda.

Nah, jenis-jenis digimonnya sendiri ada Patamon, Agumon, Tentomon dan Gabumon. Dari semua jenis Digimon tersebut, mana yang jadi favoritmu?

10. Doraemon

Film kartun generasi 90’an yang terakhir, yaitu Doraemon. Kartun yang satu ini, sepertinya sudah sangat melekat di hati masyarakat dunia, termasuk Indonesia.

Pasalnya, kartun ini tidak hanya menarik perhatian anak-anak saja, tetapi juga disukai oleh kalangan remaja dan dewasa.

Doramon pun bisa dikatakan hingga saat ini masih bersinar. Hal itu terlihat dari rilisnya film Doraemon yang berjudul ‘Stand by Me Doraemon’ pada 2014, yang kemudian akan dilanjutkan di sekuel berikutnya dengan judul ‘Stand by Me Doraemon 2’ yang direncanakan rilis pada 20 November 2020.

(Baca Juga: Rekomendasi Film Terbaik di Disney+ Hotstar)

Nah, beberapa film kartun generasi 90’an sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Semua film kartun tersebut mungkin sudah tidak tayang di TV, namun kamu bisa tetap menontonnya di YouTube atau beberapa aplikasi streaming film, seperti Viu dan Netflix.

Namun, agar kamu menonton dengan puas dan tidak terganggu iklan, sebaiknya kamu berlangganan terlebih dahulu.

Hanya saja, untuk bisa berlangganan kamu perlu membayar sejumlah biaya. Agar lebih mudah dan hemat, kamu bisa membayar biaya berlangganan tersebut menggunakan kartu kredit.

Kamu bisa langsung mendaftarkan nomor kartu kredit mu, lalu nantinya aplikasi streaming film tersebut akan secara otomatis menarik uang dari kartu kredit mu. Bagaimana, sangat mudah bukan?

Kamu pun nantinya bisa membayar tagihan kartu kredit dengan cara dicicil. Sehingga, kamu tidak akan terbebani dengan besarnya tagihan yang harus dibayarkan.

Maka dari itu, buat kamu yang hingga saat ini belum memiliki kartu kredit, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani