Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

10 Film Netflix yang Tayang Gratis di YouTube, Bikin Nambah Ilmu!

by Ayunindya Annistri on 28 Mei, 2020

Tepat satu bulan yang lalu, Netflix merilis beberapa film dokumenter di YouTube. Hal ini guna membantu proses belajar mengajar sekaligus membuat masyarakat dunia tetap betah meski hanya di rumah saja. Dan berikut daftar film Netflix yang tayang gratis di YouTube.

10 Film Netflix yang Tayang Gratis di YouTube

Film Dokumenter Jadi Film yang Dipenuhi Realita dan Fakta

Membahas tentang film dokumenter Netflix yang tayang gratis di YouTube, enggak afdal rasanya bila kamu tidak mengetahui lebih detail mengenai arti dari film dokumenter itu sendiri. Meski genre tersebut jarang sekali tayang di bioskop, bukan berarti film dokumenter tak memiliki kualitas yang bagus.

Bagi sebagian ahli perfilman, genre dokumenter justru menjadi sebuah karya ‘sakral’ yang mana produksi dokumenter dianggap lebih sulit ketimbang film fiksi pada umumnya.

Sebab, sang sutradara harus mampu menjunjung realita dari film yang dibuat. Belum lagi, anggapan penonton, yang membuat si sutradara juga harus bisa meyakinkan penonton bahwa karyanya tersebut murni berdasarkan fakta yang ada.

Seperti namanya, film dokumenter adalah sebuah film dari hasil dokumentasi suatu kehidupan berdasarkan kenyataan dan fakta. Artinya, tidak ada cerita fiktif di sepanjang adegan agar film terkesan menarik.

Di dalam film dokumenter, kamu akan sangat jarang melihat unsur hiburan seperti yang ada pada film fiksi. Karena nilai utama dari genre ini adalah pesan yang ingin disampaikan secara tak langsung ke penonton.

Temanya pun beragam, dan tak jarang menampilkan potret kelam kehidupan suatu negara atau bahkan sindiran bagi manusia yang bersikap acuh pada bumi.

Tapi enggak melulu tentang itu saja loh, masih ada juga film dokumenter yang mengangkat tema edukasi sebagai pokok bahasannya, seperti beberapa film Netflix yang tayang gratis di YouTube ini.

(Baca Juga: 5 Film Terbaru Netflix 2020 untuk Menghilangkan Bosan)
Deretan Film Netflix yang Tayang Gratis di YouTube
1. Babies

 

Babies termasuk salah satu film Netflix yang tayang gratis di YouTube. Film dokumenter ini melibatkan setidaknya 15 keluarga yang memiliki bayi dari berbagai negara.

Pesan utamanya sendiri ialah tentang bagaimana para bayi belajar akan kehidupan di tahun pertama mereka, mulai dari awal dilahirkan hingga saat belajar berjalan.

Serial yang tayang pada 17 April 2020 ini dibagi menjadi 5 episode dengan durasi berbeda, yaitu Babies Love (47:50), Babies Sleep (48:46), Babies First Steps (49:11), Babies Crawling (52:12), dan Babies First Words (50:42).

2. Abstract: The Art of Design

Selanjutnya ada film Abstract: The Art of Design yang menampilkan kreatifitas dari para desainer dunia. Film Netflix yang tayang gratis di YouTube ini juga memperlihatkan bagaimana dunia kerja yang sebenarnya untuk bidang desainer, hingga cerita hidup pada masing-masing toko dalam serial dokumenter tersebut.

Seperti halnya film Babies, Abstract: The Art of Design ini terbagi menjadi 8 episode yang mana masing-masingnya menceritakan tentang para desainer.

Mulai dari Abstract: The Art of Designer (Christoph Niemann: Illustration), Abstract: The Art of Designer (Paula Scher: Graphic Design), Abstract: The Art of Designer (Bjarke Ingels: Architecture), Abstract: The Art of Designer (Tinker Hatfield: Footwear), Abstract: The Art of Designer (Es Devlin: Stage Design), Abstract: The Art of Designer (Ilse Crawford: Interior Design), Abstract: The Art of Designer (Platon: Photography), hingga Abstract: The Art of Designer (Ralph Gilles: Automotive).

3. 13th

Ini merupakan film dokumenter garapan sutradara kondang, Ava DuVernay yang sukses menuai pujian dari para kritikus dunia sekaligus mendapatkan berbagai nominasi untuk kategori ‘Best Documentary’, diantaranya dari ajang Alliance of Women Film Journalists EDA Awards, African-American Film Critics Association Awards, dan Critics Choice Documentary Awards.

Film 13th ini mengangkat isu tentang Amandemen ke-13 Konstitusi Amerika Serikat yang melarang perbudakan dalam sistem pengadilan pidana AS.

Dengan dukungan cuplikan arsip serta wawancara eksklusif bersama para aktivis, sejarawan maupun mantan narapidana, DuVernay selaku sutradara memperlihatkan bagaimana kengerian kriminalisasi dan kesenjangan ras kala itu.

4. Knock Down the House

;

Film Netflix yang tayang gratis di YouTube berikutnya adalah Knock Down the House. Film ini mengisahkan tentang empat perempuan hebat yang bertarung dalam memperebutkan kursi kongres 2018, yaitu Alexandria Ocasio-Cortez (distrik ke-14 New York), Paula Jean Swearengin (distrik Virginia Barat), Cori Brush (distrik ke-1 Missouri), dan Amy Vilela (distrik ke-4 Nevada).

Lewat film dokumenter ini, kamu bisa mempelajari bagaimana cara para kandidat tersebut berkampanye. Sebab di Amerika sendiri, pemilihan anggota Kongres tak kalah penting dari pemilihan presiden, karena perananannya menyangkut pembuatan aturan perundang-undangan.

(Baca Juga: Cara dan Syarat Berlangganan Netflix Beserta Harga Paket Terbaru 2020)
5. Our Planet

Serial dokumenter Our Planet adalah serial milik Netflix yang sukses menarik banyak viewers bahkan hingga mencapai 1,2 miliar penonton pada episode Our Planet ‘Forests’.

Ini merupakan dokumenter yang mengangkat tema keindahan alam serta pengaruh perubahan iklim pada kehidupan. Uniknya, serial dokumenter yang terbagi menjadi 8 babak ini, ternyata diproduksi di 50 negara berbeda.

6. The White Helmets

The White Helmets adalah film dokumenter Netflix yang disutradarai oleh Orlando von Einsiedel dan Joanna Natasegara sebagai produser utama. Film dengan durasi kurang lebih 40 menit ini mengisahkan tentang para pekerja sukarelawan yang membantu korban dari serangan udara saat perang di Aleppo, Suriah dan Turki pada awal 2016 lalu.

7. Chasing Coral

Jika film Our Planet bercerita tentang keindahan alam, maka Chasing Coral adalah sebuah film dokumenter bawah laut yang patut kamu tonton karena alur ceritanya yang memukau.

Film Netflix yang tayang gratis di YouTube ini mengisahkan tentang sebuah tim yang terdiri dari seorang pengiklan, ahli biologi kelautan, kutu buku, dan perancang kamera ternama dalam menciptakan kamera selang waktu pertama, untuk merekam peristiwa pemutihan terumbu karang yang tengah berlangsung saat itu juga.

8. Zion

Kalau film Netflix yang tayang gratis di YouTube ini sih wajib kamu tonton karena alur ceritanya yang menginspirasi. Dengan mengambil latar hidup Zion Clark, seorang pegulat yang terlahir tanpa kaki ini berhasil meraih penghargaan IDA Documentary Award untuk kategori ‘Best Short’ pada 2018 lalu.

9. Explained

Explained adalah serial dokumenter dengan total 7 episode yang mana pihak Netflix melakukan kolaborasi bersama Vox Media Studios dan Vox saat menggarapnya. Film dokumenter yang tayang gratis di YouTube ini mengambil tema tentang peristiwa terkini maupun tren sosial di masyarakat.

Setiap episodenya menampilkan topik yang berbeda, mulai dari lintas politik, sains, sejarah, dan budaya pop. Selain itu juga diperlihatkan cuplikan wawancara dengan beberapa ahli yang berwenang di masing-masing episode.  

10. Period. End of Sentence.

Terakhir, film Netflix yang tayang gratis di YouTube adalah Period. End of Sentence. Ini adalah film dokumenter yang mengangkat tentang kehidupan para perempuan di pedesaan India dan stigma mengenai menstruasi yang masih dianggap tabu. Misalnya saja saat hendak memasuki kuil, yang mana seorang wanita diwajibkan untuk tetap bersih dan tidak dalam keadaan menstruasi karena hal ini dianggap kotor.

Karena anggapan tersebut pula, para wanita di sana akhirnya menciptakan sebuah inovasi berupa pembalut murah dengan mesin baru. Hal ini juga dianggap sebagai cara bagi mereka untuk meningkatkan perekonomian secara independen.

Nah itulah deretan film Netflix yang tayang gratis di YouTube. Kalau kamu masih ingin menonton film lainnya dari platform streaming favorit anak milenial ini, kamu bisa langsung berlangganan loh dan gunakan kartu kredit sebagai metode pembayaran bulanannya.

Belum memiliki kartu kredit? Gak masalah! Kamu bisa mengajukannya secara online tanpa persyaratan yang ribet di CekAja.com. Bahkan kalau masih bingung akan pilihannya, lakukan saja dulu perbandingan di sini. Yuk, tunggu apalagi? Segera akses fitur ‘Kartu Kredit’ di CekAja biar bisa nonton di Netflix sepuasnya.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau