Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

10 Film yang Ajarkan Arti dan Cara Kumpulkan Uang

by JTO on 24 April, 2015

Bukan sekedar cerita, beberapa film ini mengajarkan tentang arti uang. Bagaimana sebuah uang bisa membuat seseorang melakukan segalanya, mengejar impian, bahkan mewujudkan kebahagiaan.

Selalu menghargai uang dan berhemat adalah hal wajib yang mesti dilakukan setiap orang. Apapun alasannya, semua orang punya satu tujuan saat berusaha menyimpan lebih banyak uang. Hal itu pula yang digambarkan dan di ajarkan pada 10 film ini. Apa saja film-film tersebut?

The Godfather

God Father Movie

Berbicara tentang masalah uang, kita tidak bisa meningggalkan film klasik yang sangat legendaris ini. Mungkin muncul pertanyaan, di mana sebenarnya letak pembelajaran tentang uang di film ini? Pertanyaan itu sangat masuk akal bagi yang belum menonton. Bagi yang sudah, pertanyaannya pasti hanya basa-basi isi waktu.

Ingat, film yang dimainkan bintang legendaris Marlon Brando ini berbicara tentang perjalanan hidup mafia terkenal bernama Al Capone. Di situ digambarkan bahwa uang berbicara, dan semua ada untuk benda yang bernama uang tersebut. Kita memang tidak bisa mendapatkan pelajaran cara berhemat dari film ini. Tapi, faktanya adalah; jika memiliki uang, kita bisa memiliki lebih dari apa pun yang diinginkan. Uang tidak bicara, tapi memiliki pengaruh. Benda tersebut menjadi faktor penentu. Di mana kita harus memutuskan untuk menghabiskan hidup dengan uang yang banyak. (Baca juga: Kamu Masih Merintis Karier? Ini Pelajaran Berharga dari Atlet Indonesia di Olimpiade 2016)

Big Fish

Big-fish-movie-poster - CekAja.com

Mengisahkan tentang Edward Bloom, seorang veteran perang yang mengejar cinta dan meraih kesuksesan dengan menjalani berbagai karir dan bisnis, film ini sangat direkomendasikan untuk di tonton. Cukup apik dengan prolog di sepanjang film, kita diajarkan melalui cerita kegigihan seseorang yang cukup visioner dalam merencanakan masa depan finansialnya. Mulai dari keberhasilan Edward menjadi tenaga sales dengan penjualan terbanyak, seorang investor properti, dan membangun bisnis, hingga rela berbagi untuk masyarakat. Uang, digambarkan dalam film ini sebagai sesuatu yang mudah di dapatkan dengan kegigihan dan kerja keras.

Confessions of a Shopaholic

Confessions_of_a_Shopaholic

Tagihan terus datang dan kegiatan belanja tida bisa berhenti. Rebecca Bloomwood digambarkan sebagai seseorang yang tidak mampu untuk melakukan hobi berbelanjanya tersebut, hingga ia akhirnya membenarkan dan walau dirinya telah berada di situasi genting. Pesan dalam film ini adalah, kita tidak bisa menghabiskan semuanya. Segala sesuatu wajib disimpan sebagian. Bila tidak, kita akan akan berakhir pada cerita menyedihkan, dan akhirnya tidak bisa keluar dari situasi sulit tersebut. (Baca juga: 5 Wanita Terkaya dari 5 Benua yang Bisa Anda Tiru Ilmunya)

 

Wall Street

220px-Wall_Street_film

Mau menonton yang versi lama atau versi baru, film ini jelas mengajarkan kita tentang pentingnya uang. Kita diajak untuk belajar tentang keserakahan dan apa yang dapat dilakukan untuk seseorang bila semua terkait dengan uang. Sedikit pelajaran hidup yang digambarkan dalam film ini adalah bagaimana seorang pria, dengan berbagai konflik yang ada, akhirnya menjadi kaya raya.

Shawshank Redemption

220px-ShawshankRedemptionMoviePoster

Ketika seorang pria dipenjara karena tuduhan palsu tindak kejahatan yang dilakukannya, film seperti ini menarik kita ke dalam cerita. Semua tentnag bagaimana cara melarikan diri dari penjara dan merencanakan masa depan. Pelajarannya, kita tidak pernah tahu apa pun tentang masa depan. Kita pun tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, dan selalu harus siap untuk kejadian tidak terduga, khususnya bagi segala harta yang dimiliki.

The Pursuit of Happyness

220px-Poster-pursuithappyness

Berbicara tentang perjuangan hidup, film yang diangkat dari kisah nyata ini sangat penuh inspirasi. Kisahnya bercerita tentang seorang pria yang kehilangan tempat tinggal, dan harus hidup dengan anaknya selama kurang lebih satu tahun. Diperankan oleh Will Smith, kita sangat diajarkan tnetnag pentingnya merencanakan masa depan. Pasalnya, Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Kesulitan keuangan yang digambarkan tokoh dalam film ini menunjukkan kepada dunia tentang pentingnya miliki simpanan uang dan merencanakan keuangan untuk kepastian di masa depan.

Jerry MacGuire

220px-Jerry_Maguire_movie_poster

Kisah Kenny Chesney yang jatuh cinta dengan Renee Zellweger menggambarkan bahwa seseorang yang kita cintai lebih penting dibanding uang. Pada saat yang sama pada film ini, kita juga diajarkan tentang kewajiban memiliki uang untuk menjaga hari dalam hidup. Contohnya membeli tempat tinggal dan kebutuhan makan. Kita semua harus bekerja untuk mencari nafkah. Namun waktu yang dihabiskan bersama keluarga lebih penting dibanding uang yang dihabiskan untuk keluarga. Jadi, ada pelajaran untuk menciptakan tabungan di sini.

Clueless

Clueless

Film ini sangat mengajarkan kita tentang makna uang. Menggambarkan kehidupan remaja di salah satu lingkungan paling elit di dunia, pelajaran yang ditunjukkan adalah kita tidak bisa selalu menggunakan uang untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Misalnya ketika seorang tokoh film tersebut gagal saat membuat izin mengemudi. Penggambarannya, kita bisa membuat hidup lebih menyenangkan dengan banyak uang. Namun, kerja keras sangat dibutuhkan untuk mendapatkan segala sesuatu yang ingin di miliki. (Baca juga: 8 Hal Sepele yang Bisa Bikin Uang Terkuras)

 

The Santa Claus

The_Santa_Clause

Meskipun film ini tidak ada hubungannya langsung dengan uang, namun ada pelajaran kecil dan penting yang digambarkan pada film ini. Misalnya saat karakter dalam film ini yang diperankan oleh Tim Allen menjadi seseorang yang cukup penting dalam pekerjaannya dan berhasil membuat uang banyak.

Namun, ia sadar hal itu sangat bertolak belakang pada hal lain dalam hidupnya. Tim pun rela menjadi Santa Claus dan mengutamakan anaknya dari hal apa pun di seluruh dunia. Pelajarannya, ada hal yang lebih penting dibanding uang. Tabungan penting, penghasilan penting; tapi keluarga adalah pihak yang paling penting.

It’s a Wonderful Life

Its_A_Wonderful_Life_Movie_Poster

Dianggap sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa, kita diajak untuk menonton bagaimana sebuah perjalanan liburan mengajarkan sesuatu pelajaran berharga. Karena, menurut film ini salah satu cara terbaik untuk menggunakan uang kita adalah dengan memberikannya kepada orang lain? Entah dengan menyumbang atau dengan menghabiskan dengan orang yang Anda cintai, semua adalah cara terbaik untuk menemukan kebahagiaan.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.