Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

10 Film yang Bakal Menambah Ilmu Bisnis jika Ditonton

by Ariesta on 11 July, 2016

tips karier untuk pria _ investasi - CekAja.com

Film bisa menjadi sarana terbaik untuk memperoleh pelajaran hidup. Biografi orang terkenal yang diangkat ke film, atau film fiksi sekalipun sering menyelipkan pesan moral yang cenderung mudah ditangkap oleh penontonnya.

Dunia bisnis dan segala intrik di dalamnya rupanya jadi salah satu tema favorit para sineas Hollywood. Karenanya ada banyak film yang mengisahkan tentang Iika liku pengusaha yang tentunya dibumbui berbagai macam persoalan. Dan sejumlah film tersebut  wajib ditonton oleh kamu yang berprofesi sebagai pengusaha. Berikut ini daftar film tersebut:

#1

The Godfather

Film yang disutradarai oleh Francis Ford Coppola ini merupakan salah satu film terbaik yang diadaptasi dari novel yang ditulis Mario Puzo. The Godfather bercerita tentang sebuah bisnis keluarga skala kecil yang menjadi organisasi kriminal terbesar di New York. Godfather dan anaknya Michael Corleone adalah otak di balik kesuksesan bisnis hitam tersebut. Film ini memberikanmu wawasan mengenai apa yang dibutuhkan untuk menjadi pebisnis keluarga di Amerika.

#2

Trading Places

Apa yang terjadi saat si miskin dan si kaya bertukar peran? Sebuah eksperimen sosial yang dilakukan Mortimer dan Randolph Duke, pemilik firma broker komoditas, membuktikan bahwa bertukar peran dalam kehidupan nyata bisa menjadi hal yang menarik. Di saat hidup mereka mulai berubah, keduanya dihadapkan pada pertanyaan: apa yang paling penting dalam hidup ini? Teman dan cinta, atau uang dan kekuasaan? (Baca juga: Daftar Film Terkenal yang Mengisahkan tentang Orang Kaya)

#3

Pursuit of Happyness

Film berdasarkan kisah nyata ini mengisahkan seorang pria yang menggantungkan hidupnya pada produk kesehatan yang tidak bisa ia jual. Akhirnya ia harus kehilangan rumah, istri, dan seluruh hartanya. Pada saat yang sama dia harus membesarkan putranya seorang diri. Penonton akan menyaksikan tekad seorang pria untuk menjadi sukses meski dalam kondisi harus menggelandang di jalanan sekalipun.

#4

Catch Me If You Can

Masih berdasarkan kisah nyata yang sebenarnya sulit dipercaya. Bayangkan saja, seorang pemuda sukses menyamar sebagai pilot, pengacara, hingga dokter demi mendapatkan keuntungan pribadi. Yang menarik dari film ini adalah bagaimana Frank Abegnale Jr dengan segala trik dan tipu daya mampu meyakinkan orang lain. Caranya mengendalikan situasi saat tertekan pun sangat mengesankan. Tak peduli legal atau tidak, bisnis adalah bisnis, dan Frank telah melakukan yang terbaik yang bisa dilakukan.

#5

Wolf of Wall Street

Ini adalah kisah seorang pria yang asalnya bukan siapa-siapa menjadi seorang sosok yang paling disegani di dunia saham. Jordan Belfort dengan kemampuan komunikasinya yang lihai mencapai kesuksesan seperti tak ada rintangan. Film ini menggambarkan lingkungan kerja dan budaya di Wall Street serta karakter seorang pemimpin yang bisa membawa perusahaannya maju pesat (minus korupsi yang dia lakukan tentunya).

#6

The Social Network

‘Kamu tidak mendapatkan 500 juta teman tanpa memiliki sedikit musuh’. Inilah kutipan populer dari film The Social Network yang mengisahkan perjalanan bos Facebook, Mark Zuckerberg. Mark adalah mahasiswa Harvard dengan segudang potensi yang akhirnya memutuskan drop out demi startup yang dibangunnya. Film ini mengisahkan Iika-liku Mark dalam menggarap Facebook, media sosial nomor satu di dunia. Sayangnya, Kesuksesannya membuat Zuckerberg harus kehilangan teman-teman dekat. Namun Mark Zuckerberg yang asli membantah bahwa cerita di film ini benar-benar terjadi dalam hidupnya.

#7

Pirates of Silicon Valley

Ada dua nama besar dalam dunia teknologi, apalagi kalau bukan Microsoft dan Apple. Pirates of Silicon Valley merupakan film dokumenter yang mengangkat kompetisi dan perjalanan kedua perusahaaan tersebut. Kamu yang sedang membangun startup wajib menyaksikan film dokumenter ini.

#8

Blow

Film lain  yang berdasarkan kisah nyata. Namun apa yang dilakukan sang tokoh utama benar-benar ilegal. Blow mengisahkan tentang George Jung yang berprofesi sebagai bandar kokain. Kabarnya dialah yang menguasai 85% pasar kokain di tahun 1970. Tentu saja bisnis haram ini membuat George sukses. Dan bukan itu saja, dia bahkan tidak pernah dipenjara. (Baca juga: Selain My Stupid Bos, Inilah Lima Film yang Bercerita Bos Menyebalkan)

#9

Glengarry Glen Ross

Dalam dunia real estate Chicago yang bergerak pesat, memenangkan kompetisi demi mendapatkan insentif merupakan hal yang harus dilakukan demi menunjukkan siapa yang terbaik. Oleh karenanya, para sales sangat bernafsu untuk memenangkan hadiah berupa Cadillac El Dorado atau seperangkat pisau steak. Jika tidak, mereka akan dipecat. Dengan tuntutan yang begitu besar, mereka akan melakukan apapun untuk mendapatkan penjualan. Film ini merupakan pelajaran bagi kamu yang ingin menguasai bidang sales.

#10

The Game

Nicholas Van Orton (dimainkan oleh Michael Douglas) adalah seorang bankir asal Francisco yang hidupnya hanya berkisar di dunia bisnis sehingga membuatnya kesepian. Saudaranya, Conrad, lalu memberikannya hadiah yang akan mengubah perspektifnya dalam memandang dunia dan caranya menjalani hidup. Saat hal buruk terjadi, dia mulai bertanya-tanya tentang hakikat kehidupan. Apakah bisnis, kesuksesan dan uang, atau bagaimana menjalani hidup itu sendiri?

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami