Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

10 Gedung Paling Tinggi di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk?

by Kartika Ratnasari on 18 Desember, 2017

gedung tinggi - CekAja.com

Untuk menciptakan kebanggaan, beberapa negara berlomba-lomba membangun gedung tinggi, bahkan mengalahkan rekor gedung tertinggi yang pernah ada sebelumnya.

Perasaan apa yang muncul dalam diri kita ketika membayangkan berdiri di sebuah gedung dengan ketinggian lebih dari 500 meter? Ketinggian bisa memunculkan sensasi berbeda-beda pada setiap orang.

Ada yang terpesona, ada pula yang dibuat takut karenanya. Namun tak dapat dibantah lagi, keindahan pemandangan yang selama ini hanya dilihat dari satu sisi, bisa dinikmati seluruhnya melalui ketinggian. Kita bisa mewujudkan sensasi tersebut dengan lakukan perjalanan wisata ke gedung-gedung tertinggi di dunia.

Berbagai negara membangun gedung tinggi sebagai tanda kebanggaan

Bukan hanya soal pemandangan, berdirinya gedung-gedung tinggi di berbagai negara merefleksikan pentingnya keberadaan negara tersebut di mata dunia. Tak heran banyak negara yang membuat gedung-gedung tinggi karena alasan kebanggaan, atau ingin menjadi ikon dunia.

Begitu pula dengan Indonesia. Sebagai jantung perekonomian negara, Jakarta punya berderet gedung tinggi yang menjulang. Namun adakah dari beberapa gedung tertinggi di Indonesia masuk menjadi bagian dari gedung tertinggi di dunia?

Jawabannya, mari kita lihat daftar beberapa gedung tertinggi di dunia yang sudah selesai dibangun dan dibuka untuk umum berikut ini:

1. International Commerce Center, Hong Kong

Gedung yang berada di Hong Kong ini memiliki ketinggian 415 meter atau setara dengan 1.588 kaki. Perlu waktu 6 tahun untuk menyelesaikan pembangunan gedung dengan 108 lantai ini.

Selesai pada tahun 2010, International Commerce Center berhasil masuk ke dalam daftar gedung tertinggi dunia urutan ke-empat pada waktu itu, meski sekarang sudah tergeser posisinya.

Ketinggian International Commerce Center bahkan mengalahkan World Trade Center di Amerika yang telah runtuh karena serangan teroris. Penyewa gedung ini pun dari kelas atas seperti Ritz-Carlton Hotel, dan beberapa restoran bintang lima.

2. Shanghai World Financial Center, Tiongkok

Shanghai World Financial Center selesai dibangun pada tahun 2008. Gedung dengan 1,614 kaki ini terletak di kawasan Pudong yang dipenuhi gedung-gedung pencakar langit, dan dikenal senagai pusat keuangan dan perdagangan internasional. Gedung ini dinobatkan sebagai gedung pencakar langit terbaik sepanjang tahun oleh para arsitek.

(Baca juga: 20 Tempat Wisata Keren yang Wajib Jadi Resolusi Liburan)

Bukan tanpa alasan, gedung ini memang dirancang khusus dengan bingkai diagonal untuk mengurangi bengkokan dan tekanan dari alat berat, dan orang-orang yang berada di dalam gedung. Sama seperti gedung pencakar langit lainnya, Shanghai World Financial Center juga diisi dengan pusat perbelanjaan, hotel, dan restoran bintang lima.

3. Taipei 101, Taiwan

Berlokasi di Taiwan, gedung ini disebut sebagai gedung pencakar langit paling maju di dunia. Gedung tinggi dengan 101 lantai ini menjadi ikon Taiwan modern dan berhasil dinobatkan sebagai bangunan tertinggi di dunia pada tahun 2004.

Bukan hanya unggul karena ketinggiannya, Taipei 101 juga memiliki lift dengan kecepatan maksimum 63km per jam. Artinya untuk mencapai lantai 89, hanya perlu waktu  waktu 39 detik. Ditambah lagi, gedung dengan 1.670 kaki ini mempunyai alat canggih yang bisa menstabilkan gedung dari hantaman gempa bumi dan angin topan.

4. CTF Finance Center, Tiongkok

Memiliki ketinggian hingga 1.740 kaki, gedung ini merupakan salah satu dari Menara kembar Guangzhou yang menghadap ke Pearl River, tempat ikonik di kota Guangzhou.

Gedung tinggi ini selesai di bangun pada tahun 2010 dan telah digunakan untuk berbagai hal seperti menjadi tempat untuk konferensi penting, obeservatorium, pusat perbelanjaan, dan gedung perkantoran. Di lantai paling atas yaitu lantai 112, terdapat dek observasi.

5. One World Trade Center, Amerika Serikat

Setelah terjadi serangan teroris 11 September di World Trade Center, gedung ini kemudian dibangun kembali dengan ketinggian 1.776 kaki.

Terletak di pusat metropolitan, New York, One World Trade Center menjadi gedung paling tinggi di belahan bumi bagian barat. Gedung ini dibangun oleh perusahaan arsitektur yang sama, yaitu Skidmore, Owis & Merrill.

6. Lotte World Tower, Korea Selatan

Lotte World Tower termasuk salah satu gedung tinggi baru yang masuk dalam daftar gedung tertinggi dunia. Sebab, pembangunan gedung ini baru selesai sepenuhnya pada Maret 2016 lalu. Meski demikian, gedung ini berhasil dinobatkan sebagai gedung tertinggi nomor 5 di dunia untuk saat ini.

Dibutuhkan waktu hingga 13 tahun persiapan dan perencanaan sebelum gedung ini benar-benar dibangun, sampai akhinya perencanaan pembangunannya disetujui oleh pemerintah pada 2010. Bangunan ini memiliki 123 lantai, 6 di antaranya berada di bawah tanah.

(Baca juga: 8 Alasan Wisata Raja Ampat Papua Wajib Jadi Tujuan Liburan 2018)

Widget TRV Insurance

7. Ping An Finance Center, Tiongkok

Terdiri dari 115 lantai, gedung ini berlokasi di Shenzen, Provinsi Guandong. Bangunan dengan 1.965 kaki ini berisi kantor, pusat perbelanjaan, pusat konferensi, dan hotel bintang lima. Selain ketinggiannya, Ping An Finance Center dikenal dengan lift canggihnya yang mampu mencapai kecepatan hingga 10 mil per detik.

8. Abraj Al-Bait Clock Tower, Arab Saudi

Abraj Al-Bait yang berlokasi di Mekah, Saudi Arabia ini terdiri dari 120 lantai. Gedung ini lebih dikenal dengan nama Mecca Royal Hotel Clock Tower. Terletak di selatan pintu masuk Masjidil Haram, Abraj Al-Bait memiliki tujuh Menara, dengan Menara tertingginya yaitu Hotel Tower yang khsuus digunakan untuk apartemen.

Di bawah Menara tertingginya, terdapat pusat perbelanjaan, ruang konferensi, dan fasilitas-fasilitas yang lain seperti ruang beribadah yang sanggup menampung hingga 10.000 orang. Dikerjakan mulai tahun 2004, butuh 8 tahun untuk menyelesaikan pembangunan gedung ini.

9. Shanghai Tower, Tiongkok

Shanghai Tower yang memiliki 121 lantai ini merupakan gedung tertinggi kedua di dunia. Pembangunan Shanghai Tower dimulai pada tahun 2006 dan membutuhkan delapan tahun kerja sebelum akhirnya selesai pada Maret 2014. Total biaya pembangunannya mencapai 4,2 miliar dolar.

Bangunan setinggi 2.073 kaki ini dirancang untuk dijadikan hotel dan kantor. Shanghai Tower memiliki 1.100 tempat parkir dan 320 kamar hotel.

10. Burj Khalifa

Burj Khalifa awalnya lebih dikenal sebagai Burj Dubai dan menjadi gedung paling tinggi di dunia. Dengan ketinggian 2.712 kaki, gedung ini memiliki 163 lantai. Saking tingginya, saat Ramadan terdapat perbedaan waktu berbuka puasa di setiap lantai.

Gedung ini memiliki perancang yang sama dengan One World Trade Center yaitu Owings, Skidmore dan Merrill of Chicago.

(Baca juga: Mau Karier Kamu Mengkilap di Tahun 2018? Ini Resolusi yang Harus Dibuat)

Bangunan ini merupakan proyek pemerintah Uni Emirat Arab untuk mengalihkan ekonomi negara dari yang awalnya hanya minyak, berekspansi ke sektor pariwisata. Selain menjadi gedung paling tinggi, Burj Khalifa juga memiliki lift tercepat dengan kecepatan 60km/jam.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami