Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

10 Hewan Terpintar di Dunia, Ada yang Pintar Mengingat hingga Meramal

by Estrin Vanadianti Lestari on 4 Desember, 2019

Tahukah kamu, bahwa kepintaran atau kecerdasan tidak hanya dimiliki oleh manusia saja. Beberapa hewan yang ada di dunia ini juga memiliki kepintaran yang luar biasa. Meski tak sehebat manusia, namun kepintaran mereka patut diakui lo. Sebut saja salah satu hewan terpintar di dunia yakni lumba-lumba, yang dikenal sangat simpati kepada sesama bahkan manusia. Namun, apakah hanya lumba-lumba yang memiliki predikat hewan terpintar di dunia binatang?

Nyatanya, masih ada hewan-hewan yang memiliki kepintaran yang luar biasa lo. Bahkan banyak yang tidak menduga bahwa hewan-hewan tersebut juga memiliki kepintaran yang bisa membuat siapapun terpukau. Namun, kecerdasan dari hewan terpintar di dunia ini juga beragam.

Mulai dari bisa melarikan diri tanpa jejak, mengingat wajah manusia, bahkan bisa menaruh dendam, kabur, meramal pertandingan, hingga memakai kepintaran untuk membunuh manusia. Wah, kira-kira hewan apa saja ya, yang dimaksud?

10 Hewan Terpintar di Dunia

Daripada asal menebak, yuk simak 10 hewan terpintar di dunia, berikut ini:

1. Lumba-lumba

Lumba-lumba - 10 Hewan Terpintar di Dunia Ada yang Pintar Mengingat hingga Meramal

Hewan terpintar di dunia yang pertama adalah lumba-lumba. Mamalia air itu memiliki kemampuan untuk mengenali diri mereka sendiri. Hal tersebut dibuktikan melalui sebuah tes yang dilakukan ilmuwan melalui cermin.

Dalam tes tersebut terlihat lumba-lumba berhasil mengenali dirinya. Menariknya, banyak hewan lain yang tidak lulus tes ini, dan menganggap bahwa bayangan mereka di cermin adalah hewan asing.

Bahkan ada yang sampai melarikan diri, dan mencoba untuk melawan bayangan mereka sendiri.

(Baca juga: Ingin Bisnis Ternak? 5 Hewan Ini Pilihannya)
2. Gurita

Gurita - 10 Hewan Terpintar di Dunia Ada yang Pintar Mengingat hingga Meramal

Hewan terpintar di dunia yang kedua adalah gurita. Hewan yang juga hidup di laut lepas ini juga memiliki kepintaran yang luar biasa.

Bahkan, untuk hewan dalam kategori invertebrata atau hewan tanpa tulang belakang, gurita merupakan hewan terpintar. Gurita bergerak dengan sangat lincah dan mampu meloloskan diri meski dalam akuarium sekalipun.

Masih ingat Paul si peramal? Ya, Paul yang merupakan hewan gurita yang mampu meramalkan pemenang Piala Dunia yang dilangsungkan pada tahun 2010 silam. Karena hal itu Paul diberi julukan sebagai ‘Paul si Gurita Bintang Cerdas’.

Gurita juga dikenal sebagai hewan yang memiliki rasa penasaran tinggi, dan bisa menyelesaikan sebuah permainan puzzle lo. Untuk melindungi diri dari ancaman di laut, gurita sering menggunakan batok kelapa sebagai tamengnya.

3. Anjing

Anjing - 10 Hewan Terpintar di Dunia Ada yang Pintar Mengingat hingga Meramal

Hewan terpintar di dunia berikutnya adalah anjing. Seperti yang kita tahu, anjing memang sangat memahami perilaku sosial manusia.

Sehingga anjing akan sangat mudah mengingat sesuatu, melakukan sesuatu, dan banyak hal lainnya yang bisa dilakukan saat anjing hidup berdampingan bersama manusia. 

Anjing juga bisa dibilang sebagai hewan yang mampu mempelajari perintah manusia dengan cepat. Selain itu, anggapan bahwa anjing masuk dalam kategori cerdas karena anjing mampu memahami bagaimana harus bersikap, hingga mampu mengenali objek.

4. Simpanse

Simpanse - 10 Hewan Terpintar di Dunia Ada yang Pintar Mengingat hingga Meramal

Hewan terpintar di dunia selanjutnya adalah simpanse. Dikenal dengan ‘saudara terdekat’ manusia, mereka juga memiliki hampir 99% DNA yang sama. Tidak hanya DNA, bahkan untuk kemampuan berpikir dan kerja otak, mereka juga mendapatkannya.

Sebut saja seperti kemampuan mengingat, karena mereka menggunakan jenis memori fotografi, yang bisa memungkinkan diri mereka dalam melihat sebuah gambar dan mengingatnya.

5. Gagak

Gagak - 10 Hewan Terpintar di Dunia Ada yang Pintar Mengingat hingga Meramal

Selanjutnya ada burung gagak, yang juga disebut sebagai salah satu hewan terpintar di dunia. Burung yang diyakini sebagai pembawa kabar duka itu itu mampu berpikir seperti manusia yang berusia sekitar 7 tahun.

Ingatan burung gagak juga sangat baik, mulai dari mengingat dimana mereka menyimpan atau meletakkan objek, hingga mengincar mangsa. Tidak hanya itu, para ilmuwan pun pernah melakukan penelitian yang bisa membuktikan bahwa pemikiran burung gagak, bisa sama baiknya dengan manusia dalam memecahkan suatu masalah.

Dan berikut adalah contoh teka-teki yang harus dipecahkan, yang diberikan ke gagak dan manusia. Teka-teki tersebut berbunyi seperti ini: Sebuah mainan mengapung di atas air, yang ditaruh dalam sebuah gelas yang tinggi.

Karena terlalu sempit untuk digapai oleh tangan manusia dan parung burung gagak, lalu manusia dan gagak beradu ide agar mainan tersebut bisa diambil.

Hasilnya, manusia yang memiliki usia sekitar 8 tahun, benar-benar bingung dan sama sekali tidak menemukan cara untuk mendapatkan mainan tersebut.

Akan tetapi berbeda dengan burung gagak yang tidak merasa kesulitas sama sekali. Karena burung gagak dengan kecerdasannya membawa kerikil-kerikil batu dan memasukannya ke dalam gelas, sehingga air pun naik, dan mainan bisa digapai dengan mudah olehnya. Bagaimana, apa kamu punya pemikiran yang sama dengan si gagak?

6. Lebah

Lebah - 10 Hewan Terpintar di Dunia Ada yang Pintar Mengingat hingga Meramal

Hewan terpintar di dunia yang memiliki tubuh kecil ini adalah lebah. Hidup berkoloni, ternyata lebah memiliki kemampuan berpikir yang cerdas lo.

Pasalnya, lebah akan memberi tahu ke kelompok lebah lain dengan cara ‘berdansa’ ketika sumber ada makanan. Tidak hanya itu, lebah ternyata juga pandai menghitung.

Di dalam dunia lebah, warna biru itu artinya penambahan dan warna kuning adalah pengurangan.

7. Gajah

Gajah - 10 Hewan Terpintar di Dunia Ada yang Pintar Mengingat hingga Meramal

Hewan terpintar di dunia berikutnya adalah gajah. Hewan yang memiliki tubuh besar ini ternyata juga sangat cerdas, dan hal tersebut telah dibuktikan oleh banyak peneliti.

Seekor gajah ternyata bisa memahami perbedaan antar bahasa, suara seorang pria, wanita, atau anak yang sedang bicara. Para ahli telah mencoba sebuah penelitian, menggunakan rekaman suara.

Dimana di dalam rekaman tersebut terdapat suara kelompok manusia yang sedang memburu gajah, dan suara manusia yang sedang tidak memburu. Dari rekaman tersebut, gajah merasa takut ketika mendengar suara kelompok yang sedang memburu terutama suara laki-laki, dan mengubah posisi mereka, ketika mendengar suara manusia tanpa melakukan pemburuan.

8. Kuda

Kuda - 10 Hewan Terpintar di Dunia Ada yang Pintar Mengingat hingga Meramal

Hewan terpintar di dunia selanjutnya adalah kuda. Hewan yang sering diasosiasikan sebagai kegagahan itu merupakan hewan yang dikagumi dan diapresiasi manusia.

Bahkan, kecerdasannya juga diakui, karena kuda bisa memahami berbagai simbol, sinyal, serta mampu berkomunikasi dalam berbagai cara. Kuda juga mampu belajar dengan cepat dalam sebuah pelatihan.

(Baca juga: Mau Pelihara Hewan Ini Butuh Perencanaan Keuangan Karena Biayanya Besar)
9. Semut

Semut - 10 Hewan Terpintar di Dunia Ada yang Pintar Mengingat hingga Meramal

Meski memiliki tubuh yang sangat kecil, semut ternyata termasuk golongan salah satu hewan terpintar di dunia jika mereka berkumpul bersama koloni. Sehingga, jika dia hanya sendiri mungkin tetap saja tidak akan berdaya.

Akan tetapi, jika berkumpul, semut bisa sangat efisien dalam melakukan dan membagi tugas untuk mengerjakan sesuatu. Tidak hanya itu, semut cenderung memiliki ukuran otak yang lebih besar daripada serangga lainnya.

Bahkan, ratusan semut jenis tertentu jika berkumpul, bisa membunuh seorang manusia lo.

10. Kakatua

Kakatua - 10 Hewan Terpintar di Dunia Ada yang Pintar Mengingat hingga Meramal

Tidak hanya gagak, burung kakatua ternyata juga termasuk hewan terpintar di dunia. Biasa hidup di wilayah tropis dan hangat, burung kakatua juga mampu menirukan perkataan manusia.

Tidak hanya meniru, kakatua juga bisa menjawab pertanyaan yang diajukan manusia. Namun, kemampuan tersebut tentunya diperlukan pelatihan terlebih dahulu.

Nah itu dia beberapa hewan terpintar di dunia yang mungkin baru kamu ketahui, setelah membaca artikel ini.

Tidak hanya bisa ditemukan di alam bebas, beberapa hewan tersebut juga bisa dipelihara. Bahkan, kamu juga bisa memeliharanya, mungkin sebagai teman, tenaga bantuan, atau sebagai penghibur semata.

Namun, untuk bisa menjadikan mereka hewan yang pintar, tentunya harus ada pemilik yang sabar mengajari hal-hal yang baik terhadap mereka, biaya perawatannya juga tidaklah murah.

Kamu bisa membawanya ke pet shop secara rutin, dan jangan lupa gunakan kartu kredit untuk mendapatkan keuntungan lebih hingga diskon, dari merchant pet shop terdekat.

Yuk, ajukan segera kartu kredit melalui situs Cekaja.com. Ajukan juga kartu kredit BRI World Access, yang banyak memberikan kamu keuntungan di mana pun kamu berada, termasuk di luar negeri.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk