10 Jembatan Paling Populer di Indonesia, dari Pasupati hingga Martadipura

6 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani pada

Tahukah kamu, kalau ternyata jembatan paling populer di Indonesia ada sangat banyak. Bahkan, beberapa jembatan ini menjadi landmark dari kota atau provinsi tempat jembatan ini berada.

Keberadaan jembatan pun kini tidak hanya sebagai penghubung antar dua wilayah saja. Tetapi, beberapa jembatan yang dikenal sebagai jembatan paling populer di Indonesia pun kerap kali dijadikan sebagai destinasi wisata.

Lantas, apa saja jembatan yang menjadi jembatan paling populer di Indonesia tersebut? Yuk, simak bersama-sama ulasan lengkapnya berikut ini!

10 Jembatan Paling Populer di Indonesia

1. Jembatan Pasupati

Lokasi: Jl. Layang Pasupati, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116

Jembatan paling populer di Indonesia yang pertama, yaitu Jembatan Pasupati. Berlokasi di Kota Bandung, jembatan ini membentang dengan panjang lebih dari 2 km.

Dan sesuai dengan namanya, jembatan yang menjadi ikon Kota Bandung ini juga menjadi penghubung antara jalan Pasteur dan jalan Suropati.

Pada dasarnya, pemerintah Bandung membangun jembatan ini sebagai langkah mengatasi kemacetan Bandung yang saat itu sangat parah.

Namun ternyata, sejak diresmikan pada 26 Juni 2005 hingga saat ini, jembatan Pasupati menjadi salah satu jembatan ikonik, yang sering dijadikan sebagai lokasi shooting film maupun video klip.

2. Jembatan Nasional Suramadu

Lokasi: Jalan Tol Suramadu, Tambak Wedi, Kenjeran, Kota SBY, Jawa Timur 60126

Berikutnya ada Jembatan Nasional Suramadu, yang menjadi jembatan paling populer di Indonesia.

Jembatan yang diresmikan pada 2009 ini, dibangun dengan tujuan untuk mempercepat pembangunan ekonomi di Pulau Madura.

Tujuan tersebut nyatanya tidak hanya menjadi harapan saja, sebab jembatan yang terbentang sepanjang 5 km ini banyak dilewati wisatawan, karena menghubungkan Surabaya dengan Madura.

Selain itu, jembatan ini juga banyak dikunjungi wisatawan, karena menjadi jembatan terpanjang sekaligus paling populer di Indonesia.

(Baca Juga: 5 Jembatan Terpanjang di Dunia)

3. Jembatan Ampera

Lokasi: Jemb. Ampera, Kota Palembang, Sumatera Selatan

Siapa sih di antara kamu yang tidak tahu Jembatan Ampera? Terletak di Kota Palembang, jembatan ini menjadi ikon dari Kota Palembang itu sendiri, serta menjadi salah satu landmark paling populer di Palembang.

Buat kamu yang belum tahu, Jembatan Ampera sejatinya sudah dibangun sejak zaman penjajahan Jepang. Dahulunya, jembatan ini disebut dengan Jembatan Bung Karno.

Namun seiring berjalannya waktu, jembatan yang terbentang di atas Sungai Musi ini lebih dikenal dengan nama Jembatan Ampera.

4. Jembatan Merah Putih

Lokasi: Hative Kecil, Sirimau, Kota Ambon, Maluku

Di urutan keempat ada Jembatan Merah Putih, yang menjadi salah satu jembatan paling populer di Indonesia.

Bagaimana tidak, jembatan yang juga dikenal dengan nama Jembatan Kabel Pancang ini, pasalnya menjadi salah satu jembatan yang diresmikan secara langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo pada 4 April 2016.

Jembatan yang terbentang sepanjang 1 km ini, membentangi Teluk Dalam, Kota Ambon dengan menghubungkan Desa Rumah Tiga (Poka) Kecamatan Sirimau pada sisi utara dan Desa Hative Kecil di Kecamatan Teluk Ambon pada sisi selatan.

5. Jembatan Kapuas Tayan

Lokasi: Jalan Poros, Balai Belungai, Kec. Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat 78563

Siapa sangka, kalau Jembatan Kapuas Tayan ternyata menjadi salah satu jembatan paling populer di Indonesia.

Memiliki panjang 1 km dan tinggi 13 meter, jembatan ini menjadi jembatan terpanjang di Indonesia setelah Jembatan Suramadu.

Jembatan yang menjadi bagian dari Jalan Trans Kalimantan ini, merupakan penghubung antara Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

Menariknya, jembatan ini pun memiliki desain yang sangat megah dan menawan. Sehingga, tidak heran apabila jembatan ini disebut sebagai salah satu jembatan paling populer di Indonesia.

6. Jembatan Barito

Lokasi: Jl. Trans Kalimantan, Marabahan Baru, Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan 70582

Jembatan Barito merupakan jembatan ikonik yang terletak Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Disebut sebagai Jembatan Barito, karena jembatan ini terbentang di atas Sungai Barito.

Tidak hanya itu, jembatan ini pun menghubungkan Kecamatan Anjir Muara dan Kecamatan Alalak di Kalimantan Selatan.

Salah satu keunikan yang dimiliki jembatan ini, yaitu keberadaannya yang terletak di tengah-tengah pulau, yang bernama Pulau Bakut.

Selain menjadi jembatan paling populer di Indonesia, Jembatan Barito juga menjadi jembatan gantung terpanjang di Indonesia.

7. Jembatan Mahkota II

Lokasi: Jl. Sungai Mahakam, Simpang Pasir, Bontang Bar., Kota Bontang, Kalimantan Timur 75325

Selain enam jembatan di atas, Jembatan Mahkota II juga menjadi jembatan paling populer di Indonesia.

Terletak di Kota Bontang, jembatan yang terbentang dengan panjang sekitar 1 km ini, memiliki struktur dan tampilan yang sangat megah.

Hal itu terlihat dari penggunaan hiasan lampu-lampu, yang membuatnya terlihat semakin menawan dan indah, ketika dilihat saat malam hari.

Jembatan ini juga tidak hanya menjadi jembatan paling populer di Indonesia. Tetapi juga menjadi jembatan terpanjang yang ada di Kalimantan Timur, dan menjadi salah satu landmark terpopuler di Samarinda.

8. Jembatan Barelang

Lokasi: Jl. Trans Barelang, Galang, Kepulauan Riau 29481

Jembatan paling populer di Indonesia lainnya yang perlu kamu ketahui, yaitu Jembatan Barelang. Perlu diketahui, nama Barelang ini pada dasarnya merupakan singkatan dari Batam, Rempang dan Galang.

Terbentang sepanjang 54 km, jembatan ini menghubungkan beberapa pulau yang ada di Provinsi Kepulauan Riau, seperti Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru.

Jembatan yang menjadi ikon Kota Batam dan landmark Pulau Batam ini, merupakan jembatan yang diprakarsai oleh mantan Presiden RI ke-3, yaitu BJ Habibie.

Fakta menariknya, jembatan ini merupakan pilot project berteknologi tinggi, yang hanya melibatkan ratusan insinyur Indonesia, tanpa bantuan atau campur tangan pihak luar negeri.

9. Jembatan Kutai Kartanegara

Lokasi: Jl. Sungai Mahakam, Timbau, Kota, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur 75325

Di urutan kesembilan ada Jembatan Kutai Kartanegara, yang menjadi salah satu jembatan paling populer di Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan, jembatan yang terbentang di atas Sungai Mahakam ini, menjadi penghubung antara Kota Tenggarong dengan Kecamatan Tenggarong Seberang menuju Kota Samarinda.

Meski terbentang sepanjang 710 meter, namun sekitar 270 meter bagian jembatan terbentang bebas tanpa penyangga.

Pada 26 November 2011, Jembatan Kutai Kartanegara sempat ambruk. Kemudian jembatan ini diperbaiki dan dibangun kembali pada 2013, dan dibuka secara resmi untuk umum pada 8 Desember 2015.

10. Jembatan Martadipura

Lokasi: Jemb. Martadipura, Muhuran, Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

Jembatan paling populer di Indonesia yang terakhir, yaitu Jembatan Martadipura. Jembatan yang terletak di Kutai Kartanegara ini, menghubungkan lima kecamatan Kota Bangun.

Yang mana, lima kecamatan tersebut selama ini tidak memiliki akses jalur darat yang baik dan mudah.

Sehingga, dibangunnya Jembatan Martadipura menjadi satu-satunya akses yang sangat membantu aktivitas masyarakat setempat, karena mudah dilalui.

Jembatan Martadipura juga menjadi jembatan paling populer di Indonesia, yang memiliki lengkung terpanjang di Indonesia.

(Baca Juga: 10 Sungai Terpanjang di Indonesia)

Itulah 10 jembatan paling populer di Indonesia yang sudah kamu ketahui. Semua jembatan tersebut tentunya sudah dibuka untuk umum, sehingga bisa dikunjungi oleh siapapun dan wisatawan manapun kapan saja.

Jika di antara kamu tertarik untuk berkunjung ke salah satu jembatan paling populer di Indonesia ini, kamu bisa langsung mempersiapkan segala kebutuhan perjalanan wisata, seperti tiket transportasi, penginapan dan lain sebagainya.

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan dan melakukan cek kesehatan dulu sebelum bepergian. Hal itu penting dilakukan, mengingat saat ini pandemi Covid-19 di Indonesia belum usai.

Dengan begitu, melakukan cek kesehatan dan memastikan bahwa tubuh dalam keadaan baik-baik saja sangat penting.

Apalagi, kini surat keterangan Rapid Test sangat dibutuhkan, dan menjadi syarat yang harus dipenuhi ketika ingin melakukan perjalanan wisata.

Itu menjadi bukti kalau tubuh kita berada dalam keadaan baik-baik saja, dan terbebas dari virus Covid-19.

Meski begitu, namun tidak ada salahnya juga kamu juga turut melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Dengan demikian, apabila ketika dalam perjalanan wisata kamu sakit atau mengalami sebuah kecelakaan, kamu bisa segera memeriksakannya ke dokter tanpa khawatir dengan besarnya biaya pengobatan.

Karena, semua biaya tersebut nantinya akan ditanggung oleh asuransi kesehatan, dan kamu pun tidak perlu lagi pusing memikirkan besarnya biaya yang harus dibayarkan.

Maka dari itu, keberadaan asuransi kesehatan sangat diperlukan. Dan buat kamu yang hingga saat ini belum memiliki asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatanmu sekarang juga dan dapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani