10 Jenis Bukaan Pintu Mobil yang Keren dan Ikonik

Tak hanya satu, ternyata terdapat beberapa jenis bukaan pintu mobil yang ada saat ini lho dan sepertinya perlu untuk kamu ketahui.

Jenis Bukaan Pintu Mobil

Ketika berbicara tentang mobil, memang seolah tak akan ada habisnya. Selain bentuk tubuhnya yang beragam, mobil juga umumnya hadir dengan jenis desain pintu yang beraneka ragam.

(Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil MPV)

Penasaran apa sajakah itu? Nah, di dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang beberapa jenis bukaan pintu mobil yang ada di dunia. Yuk kita simak bersama!

Jenis Bukaan Pintu Mobil

Dilansir dari berbagai sumber, setidaknya saat ini terdapat 10 jenis bukaan pintu mobil yang bisa kamu jumpai, yaitu adalah:

1. Conventional Doors

Conventional - Jenis Bukaan Pintu Mobil yang Keren dan Ikonik

Jenis bukaan pintu mobil yang pertama akan kita bahas, tak lain adalah pintu konvensional, yang tentunya dimiliki oleh sebagian besar mobil-mobil yang sering kita jumpai di jalanan saat ini.

Seperti pintu pada umumnya, mekanisme jenis bukaan pintu mobil satu ini juga dengan cara didorong maupun ditarik, seperti pintu-pintu yang terdapat di rumah.

Mayoritas mobil memang dikenal menggunakan jenis pintu ini, karena pembuatannya yang relatif lebih mudah dan murah.

2. Sliding Doors

Sliding Doors - Jenis Bukaan Pintu Mobil yang Keren dan Ikonik

Jenis bukaan pintu mobil selanjutnya adalah sliding doors atau pintu geser. Meskipun tidak terlalu banyak seperti pintu konvensional, namun beberapa mobil yang dipasarkan di Indonesia juga sudah mulai ada yang menggunakan pintu geser ini.

Seperti namanya, pintu ini memiliki mekanisme digeser secara horizontal. Karena ruang masuk dan ruang keluar yang lebih besar, jenis bukaan pintu mobil satu ini umumnya digunakan untuk mobil-mobil yang juga memiliki ukuran besar atau daya tampung penumpang yang cukup banyak, seperti mobil van, minivan, dan bus.

Dilansir dari kumparan.com, mobil penumpang pertama yang menggunakan pintu ini adalah Kaiser Darrin pada tahun 1954.

Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, pintu geser sudah mulai disematkan oleh beberapa segmen MPV, seperti Toyota Sienta, Kia Sedona, Nissan Elgrand, dan mobil-mobil sejenisnya.

3. Dihedral Doors

Dihedral Doors - Jenis Bukaan Pintu Mobil yang Keren dan Ikonik

Jenis bukaan pintu mobil selanjutnya adalah dihedral doors, yang banyak ditemui di mobil-mobil buatan Koenigsegg.

Secara sistematis, dihedral doors dapat membuka pintunya dengan cara membuka ke samping, kemudian ke atas, hingga pintu dapat memutar engselnya mencapai 90 derajat.

Meskipun memiliki cara membuka pintu yang unik, penumpang justru dapat keluar dan masuk ke dalam mobil dengan ruang yang lebih luas.

Dihedral doors ini dapat dikatakan merupakan penemuan terbaru di dalam industri otomotif mobil.

Beberapa model yang menggunakan jenis bukaan pintu mobil satu ini adalah Koenigsegg Agera R, Agera RS, CC8S, CCR, dan Regera.

4. Scissor Doors

Scissor Doors - Jenis Bukaan Pintu Mobil yang Keren dan Ikonik

Scissor Doors merupakan jenis bukaan pintu mobil yang jika dilihat sekilas, serupa dengan Dihedral Doors.

Gaya membuka dari mobil ini adalah dengan cara vertikal ke atas, dengan gerakan buka-tutup yang layak seperti gunting.

Pintu gunting pertama ditemukan pada tahun 1968, dan disematkan pada Alfa Romeo Carabo. Memiliki estetika yang tinggi namun juga praktis, saat ini scissors doors lebih banyak digunakan oleh mobil-mobil mewah, seperti Ferrari, Lamborghini, dan McLaren.

Selain scissor door, model ini juga memiliki nama lainnya, yaitu wing doors, beetle-wing doors, switchblade doors, turtle doors, swing-up doors, Lambo doors, dan Lamborghini doors.

5. Suicide Doors

Suicide Doors - Jenis Bukaan Pintu Mobil yang Keren dan Ikonik

Ketika melihatnya untuk pertama kali, mungkin jenis bukaan pintu mobil satu ini justru akan mengingatkan kita pada pintu mobil pada zaman dahulu.

Salah satu pabrikan yang sering menggunakan jenis pintu ini adalah Rolls-Royce. Dikarenakan hal itulah, suicide doors memang seringkali dikaitkan dengan model pintu mobil mewah.

Akan tetapi, ternyata ada alasan unik dibalik namanya lho. Jika diartikan di dalam Bahasa Indonesia, maka Suicide Doors dapat diartikan sebagai “Pintu Bunuh Diri”.

Nah, hal tersebut dikarenakan jenis bukaan pintu mobil satu ini dianggap tak nyaman bagi pengguna mobil pada saat itu.

Secara sistematis, pintu ini memang terbuka layaknya seperti pintu konvensional, yaitu dengan cara ditarik dan didorong.

Hanya saja, engsel pintu dari suicide doors ini justru berada di sisi belakang, dan bukan di depan seperti pintu pada umumnya.

Jenis ini dikenal pertama kali pada abad ke-20 ketika kereta kuda sudah menjadi kendaraan umum masyarakat.

6. Gullwing Doors

Gullwing Doors - Jenis Bukaan Pintu Mobil yang Keren dan Ikonik

Sesuai dengan namanya, gullwing doors merupakan jenis bukaan pintu mobil yang dapat terbuka dengan bentuk menyerupai sayap burung camar yang sedang mengepak.

Engsel pintu berada di atas mobil, dan pintu terbuka dengan cara ke atas. Karena pintu yang dapat terbuka sepenuhnya, maka penumpang pun memiliki ruang yang luas jika ingin masuk dan keluar mobil.

Selain gullwing, jenis pintu ini juga sering disebut sebagai falcon doors. Sementara itu, di Prancis justru dikenal dengan nama portes papillon.

Gullwing doors pertama kali dirancang pada tahun 1939 oleh seorang desainer otomotif terkenal pada saat itu, Jean Bugatti.

Nah, 15 tahun kemudian, lebih tepatnya pada tahun 1954, barulah Mercedes Benz meluncurkan 300SL (W194) dengan menggunakan desain pintu gullwing.

Setelah itu, mulai diikuti pula dengan C111 pada tahun 1970. Saat ini, jenis bukaan pintu mobil satu ini masih bisa kamu jumpai di mobil Tesla Model X 2010.

7. Butterfly Doors

Butterfly Doors - Jenis Bukaan Pintu Mobil yang Keren dan Ikonik

Jenis bukaan pintu mobil selanjutnya adalah Butterfly Doors, yang untuk sebagian masyarakat awam, sering disalah artikan sebagai scissor doors.

Padahal jika dilihat secara seksama, kamu bisa melihat perbedaannya. Apabila scissor doors terbuka dengan cara bergerak lurus ke atas, maka butterfly doors terbuka dengan cara melebar sedikit ke samping, baru kemudian mengayun ke atas.

Melihat hal tersebut, maka penumpang memiliki ruang lebih untuk keluar dan masuk mobil. Akan tetapi, jenis bukaan pintu mobil ini mungkin akan mengalami kesulitan ketika sedang berada di parkiran yang penuh dengan mobil lainnya.

Sebab, ruang di sisi kanan dan kiri mobil haruslah banyak, agar pintu dapat terbuka secara optimal.

Beberapa mobil yang menggunakan pintu jenis ini adalah Mercedes Benz SLR, BMW i8, Ferrari Enzo, Ferrari LaFerrari, BMS Z1, dan McLaren F1.

8. Swan Doors

Swan Doors - Jenis Bukaan Pintu Mobil yang Keren dan Ikonik

Jika dilihat sekilas, swan doors ini memang serupa dengan pintu yang ada pada umumnya, yaitu membuka ke samping.

Hanya saja yang membedakan adalah, engsel pintu sedikit lebih tinggi dan miring, dengan tujuan untuk menciptakan lebih banyak ruang untuk penumpang.

Sesuai dengan namanya, ketika pintu terbuka, maka mobil akan menyerupai seperti angsa yang anggun nan cantik.

Beberapa jenis mobil yang menggunakan jenis bukaan pintu mobil satu ini adalah Rapide, GTA Spano, Aston Martin DB9, dan Jaguar C-X 75.

9. Canopy Doors

Canopy Doors - Jenis Bukaan Pintu Mobil yang Keren dan Ikonik

Jenis bukaan pintu mobil selanjutnya adalah Canopy Doors. Di Indonesia itu sendiri, jenis bukaan pintu mobil satu ini terbilang begitu unik dan langka.

Secara sistematis, mobil yang menggunakan canopy doors akan terbuka ke atas dan membentuk kenopi.

Nah, karena pintunya yang terbuka ke atas, maka penumpang bisa dengan mudah melompat keluar tanpa harus mengkhawatirkan sisi kanan kiri mobil.

Hanya saja, pintu ini nampaknya akan memberikan masalah baru ketika kamu akan keluar dan masuk mobil pada saat kondisi cuaca ekstrim, seperti hujan.

Sebab, tak menutup kemungkinan air hujan justru dapat masuk ke dalam kabin mobil dan membasahi isinya.

10. Pintu Depan di Bagian Muka Mobil

Pintu Depan di Bagian Muka Mobil - Jenis Bukaan Pintu Mobil yang Keren dan Ikonik

Nah, jenis bukaan pintu mobil yang akan kita bahas terakhir adalah pintu yang terbuka di bagian buka mobil.

Sesuai dengan namanya, mobil yang memiliki jenis pintu ini hanya akan memiliki satu pintu saja, yang posisinya terletak di muka mobil.

Sehingga, jalur masuk dan keluarnya hanya dilakukan melalui sisi depan mobil saja. Unik banget ya!

Di Indonesia itu sendiri, jenis bukaan pintu mobil satu ini terbilang hampir tak pernah kita jumpai.

Sebab, diketahui bahwa sejauh ini, hanya ada satu mobil yang menggunakan tipe pintu ini, yaitu BMW Isetta 600 yang diproduksi pada tahun 1955 hingga 1962.

Jadi, itulah beberapa jenis bukaan pintu mobil yang ada saat ini. Perlu diketahui bahwa sebagus dan semahal apapun mobil yang kamu miliki, asuransi kendaraan tetap menjadi satu hal yang sangat penting untuk dimiliki, guna mencegah terjadinya kerugian finansial yang terlalu besar apabila terdapat suatu hal tak terduga yang terjadi pada mobil kesayangan kamu.

(Baca Juga: 10 Merk Mobil Mewah di Dunia)

Seiring berjalannya waktu, biaya reparasi mobil dapat dikatakan selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Sehingga, dana service dan reparasi mobil setidaknya perlu disiapkan sejak dini. Akan tetapi dengan menggunakan asuransi kendaraan, kamu tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut.

Sebab, sebagian biaya perbaikan mobil kamu akan dicover oleh pihak asuransi, yang tentunya membuat pengeluaran kamu menjadi lebih hemat.

Lantas, bagaimana jika belum memiliki asuransi kendaraan? Segera ajukan saja di CekAja.com! Di sini, kamu bisa memilih produk asuransi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi lho.

Ditambah lagi, kamu juga bisa melakukan pendaftaran melalui online, yang membuat proses pengajuan menjadi jauh lebih cepat dan praktis.

Dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan asuransi kendaraan pilihanmu segera, hanya di CekAja.com!