10 Jurusan Paling Favorit di Universitas Udayana Bidang Saintek dan Soshum

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Penerimaan mahasiswa baru tahun angkatan 2020/2021 sudah dibuka sejak bulan Desember 2019. Untuk kamu yang ingin kuliah di Bali dan masuk Universitas Udayana (UNUD), yuk simak jurusan paling favorit di Universitas Udayana Bidang Saintek dan Soshum berikut ini.

jurusan paling favorit di universitas udayana bidang saintek dan soshum

Jurusan Paling Favorit di Universitas Udayana Bidang Saintek

Saintek sendiri merupakan jurusan yang mempelajari tentang Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi. Maka dari itu, Saintek menjadi jurusan favorit yang banyak diincar calon mahasiswa.

Akreditasi dari setiap jurusan bidang Saintek UNUD baik, yaitu berada pada rentang A dan B. Tidak hanya itu, prospek kerja dari jurusan Saintek bagus dan memiliki peluang yang besar. Hal tersebut karena tenaga kerja dari lulusan ini sangat dibutuhkan.

Untuk informasi lengkapnya, yuk simak daftar jurusan paling favorit di Universitas Udayana Bidang Saintek berikut.

1. Pendidikan Dokter

Pendidikan Dokter menduduki peringkat satu sebagai jurusan paling favorit di Universitas Udayana bidang Saintek. Jurusan ini masih menjadi primadona di UNUD.

Meskipun menerima sedikit mahasiswa, namun ribuan orang tak gentar untuk tetap mendaftarkan diri ke jurusan paling bergengsi yang satu ini.

Penggunaan jas lab putih, tingkat kesulitan dan ketatnya seleksi yang tinggi serta prospek kerja yang bagus, membuat jurusan ini menjadi jurusan bergengsi.

Kamu akan mempelajari beberapa hal dalam jurusan ini, di antaranya cara kerja tubuh manusia, cara mempertahankan dan mengembalikan ketidakseimbangan serta gangguan fungsi tubuh kembali normal, dan sebagainya.

Untuk prospek kerja jurusan Pendidikan Dokter sudah terlihat jelas, yaitu sebagai dokter. Namun ada beberapa tahap yang perlu dilalui untuk bisa menjadi seorang dokter dan melakukan praktik mandiri, di antaranya :

  • 4 tahun melakukan pendidikan sarjana kedokteran
  • 1,5 tahun menjalani program profesi dokter hingga diresmikan menjadi seorang dokter (mengikuti ujian sertifikasi dan wisuda dokter)
  • 1 tahun internship
  • Mendapatkan STR (Surat Tanda Registrasi)
  • Dokter praktik mandiri

Akreditasi : A

Kuota Penerimaan : 50 kursi

Passing Grade : 55.0%

2. Teknik Sipil

Jurusan paling favorit di Universitas Udayana bidang Saintek kedua yaitu Teknik Sipil. Jurusan ini sangat populer di kalangan siswa SMA jurusan IPA, karena setiap tahunnya dibanjiri oleh ribuan pendaftar. Terlebih di Universitas Udayana sendiri, jurusan ini menjadi jurusan papan atas.

Tidak heran, karena prospek kerja yang ditawarkan sangat bagus dan cukup menjanjikan. Kamu bisa bekerja sebagai manajer arsitektur dan insinyur, konsultan perusahaan, developer, hingga surveyor pemetaan dengan gaji yang fantastis. Bagaimana, sangat menggiurkan bukan?

Di jurusan Teknik Sipil kamu akan mempelajari beberapa hal, seperti konstruksi bangunan, ilmu rancang pada gedung, merancang sebuah infrastruktur yang aman, kuat, kokoh dan berkelanjutan, perancangan geometric jalan, dan sebagainya.

Akreditasi : A

Kuota Penerimaan : 36 kursi

Passing Grade : 32.1%

3. Farmasi

Farmasi menjadi jurusan yang juga banyak diincar oleh siswa SMA jurusan IPA. Passing grade jurusan ini juga bersaing ketat dengan jurusan Saintek lainnya, seperti Teknik Informatika.

Beberapa materi yang akan kamu pelajari di jurusan ini di antaranya yaitu pelayanan farmasi, biofarmasetika, farmakologi molekular, mikrobiologi farmasi dan sebagainya. Sekadar informasi, Universitas Udayana menjadi salah satu universitas terbaik untuk jurusan farmasi, lho!

Prospek kerja yang ditawarkan jurusan ini juga cukup beragam dan bagus, seperti apoteker, PNS di kementerian kesehatan, puskesmas, BPOM, menjadi tenaga pengajar sebagai guru atau dosen hingga pengusaha.

Akreditasi : A

Kuota Penerimaan : 20 kursi

Passing Grade : 44.5%

4. Ilmu Komputer/Teknik Informatika

Jurusan paling favorit Universitas Udayana bidang saintek keempat adalah Ilmu Komputer/Teknik Informatika. Jurusan tersebut merupakan bagian dari FMIPA Universitas Udayana.

Ilmu Komputer/Teknik Informatika menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati. Hal tersebut dapat terlihat dari tingginya animo siswa SMA jurusan IPA yang ingin mendaftar di jurusan ini.

Tidak hanya itu, prospek kerja dari bidang Ilmu Komputer/Teknik Informatika juga luas. Di mana kamu bisa bekerja sebagai programmer, teknisi jaringan dan database administrator, teknisi komputer, pengajar IT dan sebagainya.

Jika masuk ke jurusan Ilmu Komputer/Teknik Informatika kamu akan mempelajari beberapa hal, diantaranya pemrograman, sistem operasi, organisasi sistem komputer, praktik struktur data, dan sebagainya.

Akreditasi : B

Kuota Penerimaan : 24 kursi

Passing Grade : 40.9%

5. Kedokteran Gigi

Jurusan paling favorit di Universitas Udayana bidang Saintek terakhir adalah Kedokteran Gigi. Jurusan ini akan sedikit berbeda dengan Pendidikan Kedokteran biasa, karena akan lebih dalam membahas tentang kesehatan dan struktur gigi.

Dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari beberapa hal seperti ilmu kedokteran gigi dasar dan klinik, mulai dari anatomi, fisiologi dan histologi tubuh manusia, biokimia, dan sebagainya.

Prospek kerja dari jurusan ini pun cukup luas, kamu bisa bergabung di rumah sakit swasta atau pemerintah sebagai tenaga dokter. Tidak hanya itu, kamu juga bisa jadi spesialis, peneliti, dosen ahli hingga membuka praktik dokter gigi sendiri.

Akreditasi : B

Kuota Penerimaan : 10 kursi

Passing Grade : 43.30%

(Baca Juga: 15 Universitas Terbaik di Dunia, Indonesia Termasuk?)

Jurusan Paling Favorit di Universitas Bidang Soshum

Sebelumnya kamu sudah mengetahui jurusan paling favorit di Universitas Udayana bidang Saintek. Kini saatnya kamu mengetahui jurusan paling favorit di bidang Soshum.

Sejatinya, bidang Soshum merupakan jurusan yang mempelajari tentang ilmu sosial dan humaniora. Kamu akan belajar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan manusia. Seperti belajar manajemen, komunikasi, pariwisata dan sebagainya.

1. Manajemen

Jurusan paling favorit di Universitas Udayana bidang Soshum yang pertama adalah Manajemen. Animo masyarakat untuk mendaftar di jurusan ini cukup tinggi. Hal tersebut dikarenakan tenaga kerja di bidang manajemen sangat dibutuhkan perusahaan.

Meskipun dianggap sebagai jurusan yang biasa saja, namun untuk bisa masuk ke jurusan manajemen cukup sulit, lho! Kamu harus bersaing dengan ratusan pendaftar lainnya.

Prospek kerja untuk jurusan manajemen sangat banyak, kamu bisa bekerja sebagai konsultan bisnis, konsultan perbankan, tenaga pengajar manajemen, manajer SDM, manajer pemasaran, manajer keuangan dan lainnya.

Kamu akan mempelajari beberapa hal jika masuk ke jurusan ini, di antaranya pengantar ekonomi makro, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen SDM, perilaku konsumen, komunikasi bisnis, statistika ekonomi & bisnis, dan sebagainya.

Pastikan kamu memiliki kemampuan yang mendalam ya, karena kemampuan tersebut merupakan modal kamu untuk menghadapi persaingan industri yang semakin ketat.

Akreditasi : A

Kuota Penerimaan : 60 kursi

Passing Grade : 40.3%

2. Akuntansi

Akuntansi menjadi jurusan paling favorit di Universitas Udayana bidang Soshum selanjutnya. Tidak kalah dengan jurusan yang lain, akuntansi memiliki peminat yang cukup tinggi. Hal tersebut terlihat dari passing grade yang dimiliki akuntansi cukup besar.

Dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari hal-hal mengenai ekonomi makro, ekonomi mikro, matematika ekonomi, ekonomi koperasi, kewirausahaan, dan materi-materi ekonomi lainnya.

Untuk prospek kerja jurusan akuntansi sendiri cukup beragam, kamu bisa bekerja sebagai akuntan publik, auditor, perencana keuangan, hingga bekerja di Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Akreditasi : A

Kuota Penerimaan : 60 kursi

Passing Grade : 40.1%

3. Ilmu Hukum

Jurusan Ilmu Hukum tidak pernah luput dari perhatian masyarakat. Meskipun jurusan ini terbilang jurusan yang “mainstream”, namun tetap saja Ilmu Hukum selalu menjadi jurusan yang diincar oleh para pendaftar, khususnya siswa SMA jurusan IPS.

Universitas Udayana menyediakan jurusan Ilmu Hukum yang berkualitas. Beberapa materi akan kamu pelajari di sini, di antaranya seperti antropologi hukum, asas-asas hukum adat, etika dan tanggung jawab profesi hukum, dan lainnya.

Peluang kerjanya pun luas, kamu bisa bekerja sebagai notaris, jaksa, hakim, pengacara ataupun staff legal di sebuah perusahaan.

Akreditasi : A

Kuota Penerimaan : 104 kursi

Passing Grade : 36.0%

4. Destinasi Pariwisata

Destinasi Pariwisata juga menjadi jurusan paling favorit di Universitas Udayana. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari keilmuan pariwisata secara menyeluruh, baik dalam aspek teori maupun praktik.

Tidak hanya itu, kamu juga akan mempelajari tentang perjalanan wisata, cara guiding, membuat paket tour dan sebagainya. Jurusan ini diharapkan dapat mencetak tenaga kerja sebagai konsultan pariwisata, wedding organizer,staff di Kementerian Pariwisata Indonesia, dan lainnya.

Akreditasi : A

Kuota Penerimaan : 20 kursi

Passing Grade : 29.2%

5. Administrasi Negara

Jurusan Administrasi Negara akan mempelajari tentang sistem dan hukum administrasi negara, statistik sosial, demografi, manajemen, sumber daya manusia, administrasi pemerintah daerah, dan lain sebagainya.

Lulusan dari Administrasi Negara dapat bekerja di pemerintahan sebagai aparat pemerintah, asisten peneliti, staff legislatif pusat dan daerah, aktivis LSM, anggota partai politik dan lain sebagainya.

Akreditasi : B

Kuota Penerimaan : 14 kursi

Passing Grade : 29.8%

(Baca Juga: Mau Kuliah? Cek Dulu Rata-rata Biaya Universitas Saat Ini)

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Udayana

Ada beberapa jalur yang bisa kamu coba untuk masuk ke Universitas Udayana. Seperti yang dilansir website unud.ac.id, universitas tersebut membuka tiga jalur penerimaan mahasiswa baru tahun 2020/2021, di antaranya yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN dan jalur Mandiri.

Namun, tahun ini ada beberapa peraturan baru yang diterapkan, seperti pemeringkatan siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang dilakukan oleh setiap sekolah. Tidak hanya itu, akreditasi sekolah juga menentukan kuota jumlah siswa yang masuk pemeringkatan.

Sekolah dengan akreditasi A akan mendapat kuota sebanyak 40%, akreditasi B mendapat kuota sebanyak 25% dan akreditasi C beserta akreditasi lainnya akan mendapat kuota sebanyak 5% untuk setiap pelajar terbaiknya. Informasi lengkapnya kamu bisa mengecek langsung ke website resmi Universitas Udayana di www.unud.ac.id.

Nah, 10 jurusan paling favorit di Universitas Udayana bidang Saintek dan Soshum sudah dipaparkan di atas. Bagaimana, apakah jurusan yang kamu inginkan di Universitas Udayana masuk ke dalam daftar jurusan paling favorit di atas?

Kamu tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan, karena kamu bisa mendapatkannya dengan mengajukan KTA di CekAja.com. Ajukan sekarang, yuk!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani