Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

10 Kisah Orang Sukses yang Menginspirasi untuk Mengubah Nasib

by Riri Anggraheni Eka Rimandasari on 5 April, 2016

orang sukses_investasi - CekAja.com

Membaca judul di atas mungkin sudah terbersit dalam pikiranmu beberapa nama populer yang sukses dan merintis dari bawah.

Kisah orang sukses yang mulai dari nol dan harus melewati jalan panjang dan berliku sebelum akhirnya meraih kesuksesan yang bisa menjadi inspirasi bagi siapapun yang ingin menjajal dunia bisnis atau bidang lainnya bahkan mengubah pemikiran untuk ‘memperbaiki nasib’ kan.

Nah, berikut ini ada 10 kisah orang sukses, 5 di antaranya merupakan kisah orang sukses kelas dunia dan 5 lainnya adalah kisah orang sukses di tingkat nasional. Kesemuanya tentu perlu kamu ketahui dan dijadikan inspirasi. Selamat menyimak!

5 Kisah Orang Sukses Dunia yang Bermula dari Hidup Miskin
1. Rajkumar Gupta

Rajkumar Gupta adalah pendiri dari Mukti Group. Dia juga adalah perintis dan pembuat konsep untuk arsitektur modern Kolkota. Terlahir di keluarga miskin, Rajkumar berhasil mendapatkan pekerjaan full-time di perusahaan kecil dengan gaji Rp. 150.000,-/bulan.

Dia kemudian pindah ke perusahaan lain dan bekerja disana selama 5 hingga 6 tahun, mulai dari dasar dan belajar trik berdagang sampai akhirnya Rajkumar sanggup membuka bisnisnya sendiri.  Setelah itu, Rajkumar menyewa sebuah rumah kecil satu kamar dimana Ia dan keluarganya bisa tidur meski harus bersesak-sesakan. Namun, hal ini tidak menghentikan dia untuk berbuat baik demi orang lain.

Karena inilah namanya menjadi dikenal banyak orang sehingga mereka tahu bahwa Rajkumar adalah orang yang jujur. Selain itu, ketika mereka mendengar bahwa Rajkumar sedang pitching bisnis, mereka tidak ragu-ragu untuk menanamkan investasi padanya.

2. Francois Pinault

Pinault sekarang adalah konglomerat di bidang fashion, tetapi pada satu waktu, dia harus berhenti sekolah karena tidak tahan dibully oleh teman-temannya yang mengejek kemiskinannya. Dia secara perlahan akhirnya memiliki rumah mode high-end nya sendiri termasuk Gucci, Stella McCartney, Alexander McQeen, dan Yves Saint Laurent.

Sebagai seorang pengusaha, Pinault dikenal untuk dikarenakan taktik ‘predator’nya, yang meliputi pembelian perusahaan-perusahaan kecil dengan harga yang murah ketika pasarnya sedang jatuh.

3. Ashish Thakkar

Ashish Thakkar baru berusia 12 tahun ketika dia dan keluarganya berhasil melarikan diri dari genosida Rwanda yang terjadi di tahun 1994. Setelah berlindung bersama dengan 1200 orang lainnya di sebuah hotel, mereka akhirnya dapat terbang keluar dari negaranya menuju Uganda.

Orang tua Ashish kehilangan semua harta yang mereka tabung selama puluhan tahun. Di umur 15 tahun, Ashish mendapatkan keuntungan pertamanya saat dia berhasil menjual sebuah komputer ke keluarga temannya. Dia lalu meminjam uang dari bank untuk mengimpor floppy disks dan produk komputer lainnya dari Dubai. Inilah awal dari perusahaan Mara Group.

Lama kelamaan dia membuka kantor sendiri di Dubai dan menjual produknya ke perusahaan-perusahaan di seluruh Afrika. Sejak saat itu Mara Group terus bertumbuh dan sekarang bisnisnya merangkup infrastruktur telekomunikasi, kemasan, hotel, pusat konferensi dan pusat perbelanjaan, pabrik kertas dan ribuan hektar tanah pertanian.

4. Steve Jobs

Sosok di balik semua gadget kesayangan kamu sekarang, kesuksesan Steve Jobs tidak datang semalam. Bahkan masa lalunya cukup menyedihkan. Steve lahir tanpa orang tua, lalu dia diadopsi oleh sebuah keluarga yang kurang mampu. Steve tidak pernah menamatkan kuliahnya, namun sebisa mungkin dia meraih pengetahuan sebanyak-banyaknya dari kelas yang dia ikuti.

Steve juga sering tidur di lantai kamar temannya, mengumpulkan botol Coca-Cola untuk ditukar dengan uang, dan makan gratis seminggu sekali di kuil lokal. Pada tahun 1978, Steve memulai awal perusahaan Apple Computers dengan Steve Wolzniak di garasi orang tuanya. Meski tidak mempunyai uang, Steve punya visi dan ide inovatif untuk mengubah dunia. Steve adalah alasan utama perusahaan Apple begitu sukses saat ini.

5. John Paul DeJoria

Di masa mudanya, John bekerja sebagai pengantar koran, petugas kebersihan dan sopir truk demi bisa makan. Selain itu, John juga terlibat dengan geng-geng jalanan di Los Angeles. Bahkan John terpaksa harus tidur di mobilnya ketika pada suatu hari saat dia sedang bekerja di perusahaan perawatan rambut, dia memutuskan untuk bermitra dengan salah satu penata rambut di perusahaan tersebut untuk membuat perusahaannya sendiri yang sekarang bernama Paul Mitchell.

Mereka berdua meminjam uang sebesar Rp. 30 juta (setelah inflasi) dan mulai menjual prodik shampoo nya sendiri dari rumah ke rumah. Sekarang Paul Mitchell mendapatkan pendapatan sebesar Rp. 13 triliun per tahunnya.

5 Kisah Orang Sukses Di Negeri Indonesia yang Menginspirasi
1. Bob Sadino

Kamu sudah pasti familiar dengan sosok yang satu ini, bukan? Bambang Mustari Sadino termasuk salah satu pengusaha sukses yang sempat mengalami jatuh-bangun sebelum akhirnya menorehkan kesuksesan besar. Setelah sekitar sembilan tahun menjadi pegawai, Bob memutuskan untuk berhenti dan banting setir menjadi pengusaha. Usaha pertama yang dirintisnya adalah bisnis penyewaan mobil, dengan hanya bermodalkan satu mobil Mercedes yang ia sopiri sendiri.

Namun karena musibah kecelakaan yang menimpanya saat mengemudikan mobil yang disewakannya itu, bisnis itupun berhenti di tengah jalan. Tidak putus semangat, ia kemudian beralih profesi sebagai buruh bangunan yang dibayar dengan upah harian. Saat menjadi kuli tersebut, ia melihat adanya peluang bisnis yang lain, bisnis ternak ayam dan telur ayam negeri.

Dengan modal pinjaman tetangganya, akhirnya Bob mulai menjalankan bisnis tersebut. Awalnya, Bob menawarkan sendiri dagangannya dari rumah ke rumah di wilayah sekitar tempat tinggalnya, terutama kepada para ekspatriat, di bilangan Kemang, Jakarta Selatan.  Bisnis telurnya tersebut akhirnya berbuah manis dan ia mengembangkan sayap dengan menjual daging dan sayuran hidoponik.

Berkat keuletannya, bisnis tersebut sukses dan ia pun mendirikan Kem-Chicks, supermarket ternama yang menjual berbagai macam produk peternakan dan pertanian. Meski sudah sukses, ia tetap tampil sederhana dan kerap kali melayani sendiri para pelanggannya seperti keluarganya sendiri.

2. Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan RI di bawah Presiden Jokowi ini adalah seorang pengusaha yang terkenal tegas. Ia merintis bisnisnya di bidang perikanan dan kemudian maskapai penerbangan dari nol. Setelah memilih untuk berhenti sekolah sebelum lulus SMA, ia memulai usahanya sebagai pedagang pakaian dan bed cover.

Setelah melihat potensi wilayah tempat tinggalnya, Pangandaran, sebagai penghasil ikan, Susi lantas memanfaatkannya sebagai peluang bisnis dan beralih ke usaha perikanan. Dengan modal hanya Rp750 ribu hasil dari menjual perhiasannya, ia mulai membeli ikan dari tempat pelelangan dan memasarkannya ke sejumlah restoran.

Setelah sempat tersendat, bisnis Susi akhirnya berhasil menguasai bursa pelelangan ikan di Pangandaran dan bahkan kemudian merambah ke ekspor ikan dan lobster. Bisnis maskapai penerbangannya juga berawal dari bisnis perikanan tersebut.

Untuk mengatasi masalah pengiriman ikan yang lambat apabila lewat darat atau laut, Susi membeli sebuah pesawat dari pinjaman bank untuk pengangkutan produk lautnya, yang kemudian berkembang menjadi armada maskapai penerbangan Susi Air yang melayani rute pedalaman dan carter.

3. Gibran Rakabuming

Selain kedua tokoh populer di atas, kamu juga tentu tahu tokoh yang satu ini. Putra dari Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming. Gibran adalah pemilik sebuah bisnis di bidang catering dan wedding organizer dengan nama Chili Pari.

Gibran memilih untuk merintis usaha sendiri tanpa campur tangan ayahnya. Ia memulai usahanya dengan mengajukan pinjaman ke bank untuk modal. Meski sempat ditolak beberapa kali, akhirnya ia mendapatkan persetujuan dari salah satu bank dan dengan modal pinjaman tersebut ia pun memulai Chili Pari dengan melayani pesanan partai kecil.

Berkat kemampuan dan keuletannya sendiri, sekarang Chili Pari sudah banyak menangani order besar dengan jumlah tamu hingga ribuan orang dan usaha Gibran pun semakin berkembang.

4. Reza Nurhilman

Kamu penggemar keripik singkong Maicih? Reza Nurhilman adalah nama pemuda yang berada di belakang produk keripik singkong ekstra pedas yang populer itu. Reza memulai bisnis keripik singkong ini pada pertengahan 2010 seorang diri saat berusia 23 tahun dengan modal awal 15 juta rupiah. Untuk bisnisnya ini, ia menggandeng satu produsen keripik lokal di Bandung.

Reza mengawali bisnisnya ini dengan melakukan pemasaran sederhana, yakni melalui platform media sosial, Twitter, sebelum mengembangkan sayap dengan menerapkan sistem keagenan yang menggunakan istilah Jenderal agar produknya bisa menggapai konsumen yang lebih luas.

Pemuda kelahiran Bandung 28 tahun yang lalu ini mengaku kunci kesuksesannya terletak pada cara berpikirnya yangout of the box, yaitu dengan tidak membuka toko seperti kebanyakan penjual sehingga membuat produknya eksklusif.  Melalui Twitter, para jenderal memberitahu informasi lokasi penjualan setiap harinya. Baru setengah tahun saja, omzet Maicih bisa mencapai Rp7 miliar per bulan.

5. Nicholas Kurniawan

Nama Nicholas Kurniawan mungkin belum terlalu familiar di telinga Anda, namun saat ini di usianya yang masih sangat belia, 20 tahun, ia sudah sukses menjadi eksportir ikan hias termuda di Indonesia. Semua berawal dari kondisi keluarganya yang terpuruk dan terlilit utang, dan Nicholas pun berniat untuk mengubah nasibnya.

Sempat mencoba berbagai bisnis mulai dari asuransi, makanan, MLM, dan mainan, jatuh bangun dan bahkan sempat tidak naik  kelas saat kelas 2 SMA, ia mulai bangkit kembali dan mencoba peruntungannya dengan menjual ikan hias secara online melalui situs Kaskus. Meski sempat beberapa kali ditipu oleh calon pembeli, bisnis ikan hias Nicholas kini sudah menjangkau luar negeri dan dalam sebulan omzetnya bisa mencapai lebih dari Rp100 juta.

Memulai karier maupun bisnis usaha memang perlu kerja keras, ketekunan, doa dan hal baik lainnya. Berbagai sikap positif yang dimiliki ke 10 orang sukses di atas tentu bisa kamu jadikan inspirasi. Kisah orang sukses di atas juga bisa kamu pertimbangkan dan pahami lebih banyak sebagai motivasi langkah awal memulai tujuan karir ataupun bisnis kamu. Semoga sukses seperti mereka dan semangat!

Tentang Penulis