Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

10 Klaim Asuransi Perjalanan Teraneh dan Terunik

by Ariesta on 16 Februari, 2016

Risiko pasti selalu ada meski liburan sudah direncanakan sedetail mungkin. Jangan sampai liburan yang sudah kamu tunggu-tunggu jadi berantakan karena berbagai masalah yang tak diundang. Masalah yang paling sering menimpa para traveler di antara lain ketinggalan pesawat, dicopet, atau kehilangan bagasi. Dan salah satu meminimalisir kerugian adalah dengan membekali diri dengan asuransi perjalanan.

Asuransi perjalanan memang tidak mencegah masalah. Tapi kalau kamu membaca klaim asuransi perjalanan teraneh dan terunik yang pernah terjadi  berikut ini, kamu pasti setuju kalau mendaftar asuransi perjalanan lebih banyak untungnya daripada ruginya.

Kehilangan gigi palsu

Banyak dari kita yang mudah merasa mual saat naik kapal laut atau pesawat terbang. Apalagi jika kapal laut oleng akibat dihantam ombak tinggi dan angin kencang. Seorang turis manula pernah kehilangan gigi palsu, bekal makan, dan harus muntah-muntah akibat kapal yang ditumpanginya oleng di Teluk Biscay Pantai Barat Prancis. Karena gigi palsunya tidak ditemukan, ia pun mengklaim asuransi perjalanan atas kasus ‘kehilangan bagasi’.

Tersihir gadis-gadis berbikini

Perusahaan asuransi perjalanan membayar kompensasi kepada pria yang berjalan lurus tanpa menoleh saat menuju shelter bus di Athena Yunani. Yang unik, pria tersebut berjalan lurus karena tershir sekelompok gadis berbikini. Akibatnya, hidungnya patah akibat menabrak shelter bus.

(Baca juga: Ini Keuntungan Memiliki Asuransi Perjalanan)

Mengubur kamera di pasir pantai

Liburan ke pantai tidak komplet tanpa bermain mengubur tubuh orangtua di dalam pasir. Sayangnya, dua bocah di Cornwall Inggris malah mengubur video kamera milik orangtua di saat kedua orangtua mereka berenang. Maksud dari dua bocah tersebut sebenarnya agar kamera mereka tidak hanyut terbawa ombak.

Tentu saja saat ditanya, mereka tidak ingat di mana kamera tersebut dikubur. Untungnya asuransi perjalanan mau mengganti kerugian dan membayar kompensasi sebesar 600 Euro (Rp 8.943.852).

Disengat kalajengking

Selama traveling, dompet memang hal krusial yang harus selalu berada di tempat aman. Namun seorang pria ceroboh asal Inggris tak sengaja menjatuhkan dompetnya ke selokan saat sedang berlibur ke Israel. Meski demikian, klaim yang ia ajukan bukan karena kehilangan kartu kredit atau uang tunai, tetapi untuk perawatan rumah sakit.

Rupanya saat sedang merogoh selokan untuk mencari dompet, tangannya disengat kalajengking. Untungnya asuransi perjalanan mengabulkan klaimnya.

Ketiban buah kelapa

Seorang traveler wanita di Sri Lanka sedang duduk santai sambil membaca buku di bawah pohon kelapa saat buah kelapa jatuh tepat menghantam kepalanya. Berat kelapa tersebut dua kilogram dan tinggi pohon 30 meter.

Artinya, buah kelapa tersebut jatuh dengan kecepatan 53 mil/jam sebelum menghantam tengkorak sang traveler malang.  Ia langsung dilarikan ke rumah sakit dan seluruh biaya perawatan sebesat 400 Euro (Rp5.962.568) ditanggung oleh asuransi perjalanan.

Kehilangan buah kelapa

Masih gara-gara buah kelapa, seorang traveler asal Inggris frustrasi karena dua buah kelapa yang dia beli sepulang dari liburan ke negara tropis tidak terangkut pesawat. Saking frustrasinya, ia pun mengajukan klaim sebesar 1.000 Euro (Rp14.906.420).

Klaim ini terbilang berani karena harga asli buah kelapa tak sampai satu euro. Selain itu membawa buah kelapa ke bagasi jelas ilegal. Hasilnya bisa ditebak, klaimnya tidak dikabulkan oleh pihak asuransi perjalanan.

Gaun pengantin terbakar

Pesta pernikahan pasangan Inggris di Pantai Barat India yang seharusnya berjalan indah jadi berantakan akibat gaun mempelai pengantin wanita terbakar. Penyebabnya karena ia berdiri terlalu dekat dengan tungku Barbeque.

Sang suami yang panik berusaha menyelematkan pengantinnya dengan menggendong lalu melemparkannya ke laut. Untung saja asuransi perjalanan mau memberikan ganti rugi atas bencana ini.

Dicuri monyet

Jauh di hutan hujan Malaysia, pasangan yang sedang berbulan madu menemukan pakaian mereka telah dicuri sekelompok monyet saat baru kembali ke pondok tempat mereka menginap. Rupanya si pencuri merobek-robek dan menyebarkan serpihan pakaian di hutan seperti meninggalkan jejak. Asuransi perjalan membayar kompensasi atas kerugian ini.

Paspor dimakan oleh domba

Sebaiknya kamu harus ekstra hati-hati saat berlibur di alam liar. Karena bahaya tidak selalu datang dari pencuri, tapi dari hewan-hewan setempat. Sebuah keluarga yang sedang berlibur di Black Forest Jerman lupa menutup pintu pondok tempat mereka menginap saat hendak pergi menjelajah hutan.

Saat kembali, merek menemukan dompet dan paspor mereka tengah dikunyah oleh seekor domba. Tak hanya itu, sang domba juga menyantap sandwich yang disiapkan untuk makan siang. Namun sayangnya, klaim keluarga ini untuk mendapatkan paspor dan dompet baru ditolak pihak asuransi perjalanan.

(Baca juga: 5 Alasan Kenapa Klaim Asuransi Perjalanan Ditolak)

Diseruduk banteng

Seorang backpacker asal Inggris terkena amukan banteng di Kerala India. Tidak dijelaskan apakah awalnya di memprovokasi hewat tersebut atau tidak. Meski demikian, dia tetap menerima kompensasi sebesar 2.800 Euro (Rp41.737.977) untuk biaya perawatan rumah sakit.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis