Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

10 Kota dengan Internet Tercepat di Dunia!

by Ayunindya Annistri on 3 Desember, 2019

Kehadiran internet saat ini seolah telah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian orang. Bahkan tidak sedikit dari kita tentu merasa bosan saat berada di suatu tempat tanpa adanya internet atau tempat dengan koneksi internet yang lelet. Padahal ketersediaan internet yang cepat menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para penggunanya.

Begitupun saat berkunjung ke suatu kota, kamu tentu bakal mencari tempat yang menyediakan layanan internet dengan kualitas koneksi yang memadai. Karena memang di era modern ini, setiap orang membutuhkan internet untuk mengakses informasi dari berbagai penjuru dunia.

Menyikapi revolusi digital tersebut, beberapa kota kini mendukung kemajuan internet dengan menyediakan fasilitas wifi gratis yang kualitas koneksinya memadai.

Sehingga di manapun kamu berada, tak perlu merasa takut tidak bisa browsing untuk sekedar update status di Facebook atau Instagram. Nah, kira-kira apa sajakah kota dengan internet tercepat di dunia? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Seoul

Seoul

Sebagai pusat kota Korea Selatan, Seoul berhasil menempati peringkat pertama dalam daftar kota dengan internet tercepat di dunia. Merujuk pada pembahasan Tirto.id tahun 2017 lalu, kecepatan internet di Seoul bisa empat kali lipat dari Indonesia, di mana untuk memgunduh dokumen sebesar 1 gigabita hanya memerlukan waktu sekitar 5,5 menit saja.

Jika berkunjung ke Seoul, kamu enggak perlu khawatir lagi akan keberadaan internet. Karena kota dengan internet tercepat di dunia ini telah menyediakan 10 ribu lebih hotspot gratis dengan kecepatan rata-rata 26 Mbps yang tersedia di seluruh fasilitas umum.

2. Vienna

Vienna

Predikat kota dengan internet tercepat di dunia juga diraih oleh Vienna yang merupakan kota terbesar di Austria. Dilansir dari laman Merdeka.com, kota ini memiliki koneksi internet yang jauh lebih cepat, sekitar 21,7 Mbps jika dibandingkan dengan New York. Sehingga para pengguna layanan data 4G LTE enggak perlu khawatir lagi akan leletnya mengakses internet.

Bahkan menurut kabar yang beredar, pemerintah Austria bakal menjadikan kota ini sebagai kota pintar dalam bidang teknologi, yang mana di tahun 2020 nanti kecepatan internet akan diupayakan sudah mencapai 100 Mbps.

(Baca Juga: Dubai, Ini 5 Hal yang Kamu Tidak Tahu Tentangnya!)
3. Praha

Praha

Praha juga dikenal sebagai kota dengan internet tercepat di dunia. Kota ini merupakan ibu kota Ceko yang dikenal sebagai salah satu negara dengan internet tercepat se-Eropa. Bahkan kabarnya, kecepatan mengunduh dokumen apapun di kota Praha bisa mencapai 21,63 Mbps.

Jika kamu ingin menggunakan layanan internet sepuasnya di Praha, kamu bisa mendatangi café atau hotel yang tergolong ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Karena sebetulnya, layanan internet di sana tidak disediakan secara cuma-cuma. Jadi, kamu harus membayar sejumlah tagihan yang dikenakan saat ingin menggunakan internet.

4. Singapura

Singapura

Sebagai negara maju, Singapura tidak hanya memerhatikan kemajuan di bidang ekonomi saja, melainkan pula teknologi. Hal ini bisa kamu rasakan sejak pertama kali tiba di Changi Airport, yang mana kamu bisa menikmati akses internet bebas 24 jam dengan kecepatan rata-rata 20,2 Mbps.

5. Hongkong

Hongkong

Hongkong pun nampaknya harus masuk ke dalam daftar kota dengan internet tercepat di dunia. Mengingat rata-rata kecepetan untuk mengakses internet di sana sekitar 19,9 Mbps.

Kota ini juga dikenal memiliki banyak tempat hotspot gratis loh, kira-kira ada lebih dari 12 ribu tempat. Namun untuk menggunakan layanan internet di Hongkong, terlebih dahulu kamu harus membeli nomor resmi yang hanya dijual di sana.

6. Tokyo

Tokyo

Selanjutnya kota dengan internet tercepat di dunia adalah Tokyo. Kecepatan internet di kota tersebut pastinya bakal membuat kamu puas, yang mana rata-rata kecepatannya ialah 19,6 Mbps dengan biaya sebesar Rp 500 ribu setiap bulan.

7. Gimcheon

Gimcheon

Tidak hanya Seoul saja yang dikenal memiliki koneksi internet memadai, di provinsi Gyeongsang Utara juga terdapat kota dengan internet tercepat di dunia yaitu Gimcheon.

Kota ini memiliki koneksi internet yang cepat, yaitu sekitar 18,5 Mbps. Selain itu, kota ini juga memiliki sarana transportasi kereta yang canggih dan menyalani keberangkatan ke kota Busan serta Seoul.

8. Brussel

Brussel

Brussel merupakan ibu kota Belgia yang terkenal akan provider internetnya yaitu Orange. Provider tersebut menawarkan paket internet tercepat tanpa adanya batasan kuota. Jadi, saat berkunjung ke kota dengan internet tercepat di dunia ini, kamu enggak perlu khawatir lagi akan kehabisan kuota secara tiba-tiba, karena di sana kamu bisa membeli paket unlimited yang harganya cukup terjangkau dengan kecepatan rata-rata 16,2 Mbps.

9. Chattanooga

Chattanooga

Negara Tennessee mempunyai banyak kota besar dengan koneksi internet tercepat, salah satunya adalah Chattanooga. Kota ini termasuk pula sebagai kota terbesar keempat yang memiliki perusahaan internet pertama dengan kemampuan kecepatan mengunduh dokumen hingga 1.000 Mbps.

Namun seiring dengan kecepatan internet yang dimiliki kota Chattanooga, untuk menggunakan layanan tersebut pun penduduk setempat harus mengeluarkan uang sekitar Rp948 ribu setiap bulannya.

10. Bristol

Bristol

Kota dengan internet tercepat berikutnya adalah Bristol. Kota ini termasuk dalam pusat administratif Inggris Barat Daya dengan koneksi internet sebesar 1.000 Mbps.

Salah satu provider ternama yaitu BVU merupakan satu di antara provider besar di Bristol yang menyediakan layanan internet tercepat. Untuk menggunakan layanan ini, perusahaan BVU mematok harga sekitar Rp 4 juta setiap bulannya.

Memang sih terkesan mahal, namun pihak perusahaan tersebut menjamin bahwa setiap pelanggan bakal merasa puas akan layanan internet yang disediakan.

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau