Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

10 Kota Favorit Wisatawan Dunia 2015

by Arfan Wiraguna on 7 Juli, 2015

Dengan menawarkan banyak sekali atraksi turis yang menarik—dari mulai sisi klasik hingga modern—London dan Bangkok berhasil menduduki peringkat teratas sebagai tujuan wisata yang paling sering dikunjungi selama lima tahun berturut-turut.

Menariknya, kota-kota di Asia masih mendominasi tempat tujuan favorit para wisawatan. Dari 10 negara teratas tujuan wisata yang paling sering dikunjungi, ada lima kota di Asia masuk diantaranya, yaitu Bangkok, Singapura, Kuala Lumpur, Seoul, dan HongKong. Itulah hasil dari studi tahunan MasterCard, yakni MasterCard Global Destination Cities Index yang dirilis oleh MasterCard awal Juli lalu.

Bertahan selama lima tahun berturut-turut, London dan Bangkok masih menduduki peringkat teratas dalam indeks ini. Kedua kota ini bahkan terus bersaing untuk posisi puncak, mengingat jumlah pengunjung Bangkok yang terus meningkat setelah pulih dari kerusuhan pada 2014.

Dengan 18,24 juta pengunjung internasional per malam, Bangkok semakin mendekati kota yang menduduki peringkat teratas, yaitu London, dengan 18,82 juta pengunjung internasional per malam. Bangkok sebenarnya masih memiliki kemampuan tumbuh yang belum optimal, salah satu alasannya adalah terjadinya kerusuhan di kota tersebut pada tahun 2014 yang menurunkan minat para pelancong untuk berkunjung ke sana.

“Pariwisata telah tumbuh menjadi sumber pendapatan dan lapangan kerja yang penting bagi banyak negara di Asia. Hal ini mencerminkan daya tarik negara-negara di Asia yang terus berkembang, dan hal ini dimotori oleh negara-negara yang berkembang pesat, yakni ASEAN, China dan India,” kata Presiden MasterCard untuk Asia Tenggara, Matthew Driver, dalam keterangannya pada rilis tersebut. 

(Baca juga: 3 Cara Hemat Pertimbangkan Destinasi Liburan Ketika Dolar Naik)

“Seiring dengan persaingan negara-negara dalam menarik wisatawan dan memberikan pengalaman terbaik kepada para pengunjung, hal ini diyakini akan menjadi kunci bagi pemerintah dan departemen pariwisata setempat untuk turut berinvestasi dalam perkembangan infrastruktur sebuah kota dan juga menjaga dan melindungi warisan sejarah, mulai dari monumen hingga acara kebudayaan, yang membuat kota tersebut menjadi lebih unik. Melalui cara ini, Asia akan mampu mempertahankan dan membangun sebuah kota yang dinamis, menarik  dan mendunia, serta dengan cepat akan menjadi sebuah paten, dikenal, dan menarik orang-orang ke wilayah tersebut,” tambahnya.

Asia mendominasi, namun kurang variasi

Berdasarkan studi tahunan MasterCard tersebut, kota-kota di Asia masih mendominasi tujuan populer para wisatawan dengan menguasai setengah dari 10 negara teratas destinasi liburan yang paling sering dikunjungi. Selain Bangkok, kota-kota Asia lainnya, yaitu Singapura, Kuala Lumpur, Seoul dan Hong Kong, berada di peringkat tujuh, delapan, sembilan dan sepuluh.

“Berlawanan dengan pertumbuhan ekonomi global yang melemah dan laju ekspor yang lesu, sektor pariwisata memberikan dorongan kuat untuk meningkatkan pendapatan dan penciptaan lapangan kerja di kawasan Asia Pasifik,” ungkap Chief Economist and Chair of the Academic Advisory di MasterCard Center untuk Pertumbuhan Inklusif Dr. Yuwa Hedrick-Wong.

“Lebih dari itu, tujuh dari sepuluh kota tujuan dengan pertumbuhan tercepat di dunia berada di Asia Pasifik, dan hal ini mengindikasikan tingkat pertumbuhan yang kuat dan berkelanjutan untuk tahun-tahun mendatang,” tambahnya.

Namun dijelaskan dalam rilis tersebut, kurang beragamnya daerah asal para wisatawan tersebut dapat menimbulkan risiko di masa mendatang. Sebagai contoh, para wisatawan yang berkunjung ke Bangkok, Singapura dan Kuala Lumpur sebagian besar berasal dari wilayah Asia Pasifik.

(Baca juga: Tujuan Liburan Hemat ke Luar Asia di Bawah Rp1 Juta Per Hari)

Menurut rilis tersebut, memiliki daerah asal para wisatawan yang lebih bervariasi artinya, tingkat ketahanan ekonomi didalam jangka panjang pada setiap guncangan ekonomi global yang akan timbul dapat menjadi lebih baik, sehingga tingkat pertumbuhannya bisa tetap kuat.

Di bawah ini merupakan kota-kota dengan peringkat teratas dari hasil studi mengenai perkiraan jumlah pengunjung internasional per malam tersebut:

Daftar Kota di Dunia yang Paling Banyak Diminati Wisatawan 2015

[table]

Kota , Jumlah Pengunjung

1. London, 18.82 juta

2. Bangkok, 18.24 juta

3. Paris, 16.06 juta

4. Dubai, 14.26 juta

5. Istanbul, 12.56 juta

6. New York, 12.27 juta

7. Singapura, 11.88 juta

8. Kuala Lumpur, 11.12 juta

9. Seoul, 10.35 juta

10. Hong Kong, 8.66 juta

[/table]Sumber: MasterCard Global Destination Cities Index 2015

Saat ini pada tahun kelima, Indeks Destinasi Global MasterCard 2015 (MasterCard Global Destination Cities Index) memberikan gambaran dan peringkat dari 132 kota terpenting di dunia.
MasterCard Index of Global Destination Cities mengurutkan dalam segi jumlah kedatangan pengunjung internasional dan pengeluaran dari pengunjung di kota tujuan, dan memberikan perkiraan pertumbuhan pengunjung dan penumpang untuk 2015. (Baca juga: 5 Bandara Terbaik di Dunia)

Data publik yang digunakan untuk memperoleh jumlah pengunjung kedatangan internasional dan pengeluaran mereka di setiap 132 kota tujuan, menggunakan algoritma khusus, dengan perhatian khusus untuk menghilangkan efek penghubung (hub) dari kota tujuan seperti Singapura, Amsterdam, dan Frankfurt. Indeks dan laporan-laporan ini tidak berdasarkan jumlah atau data transaksional MasterCard.

Dapatkan perlindungan berbagai risiko perjalanan mudik Lebaran di sini.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.