Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

10 Kunci Kebebasan Finansial ala Robert Kiyosaki

by JTO on 8 September, 2014

Merdeka Finansial - CekAja

Kita mungkin sudah tahu Robert Kiyosaki. Buku terbaik di dunia berjudul ‘Rich Dad Poor Dad’ yang ditulisnya mengulas semua kunci tentang kebebasan finansial yang wajib dimiliki setiap orang. Di artikel ini, CekAja berusaha mengulasnya kembali.

Kebebasan finansial adalah mimpi bagi setiap orang di dunia. Orang yang telah mencapai kebebasan finansial tidak lagi takut dengan krisis finansial yang bisa membuatnya miskin. Kebebasan finansial dicapai dengan mendapatkan pendapatan pasif yang melebihi biaya hidup dan gaya hidup sehari–hari.

Oleh karena itu banyak orang yang mencari guru – guru terbaik yang mengajarkan kebebasan finansial. Pengajar finansial terkemuka Robert Kiyosaki, dalam buku fenomenalnya berjudul Rich Dad Poor Dad mengungkap rahasia kebebasan finansial terbaik di dunia. Dari pengalamannya sebagai pengusaha, investor dan salah satu pakar finansial terkemuka di dunia, berikut adalah kunci kebebasan finansial dari Robert Kiyosaki :

  1. Ambil Tanggung Jawab Penuh

Pada poin ini, Kiyosaki mengungkapkan, setiap orang harus berani bertanggung jawab atas neraca keuangan mereka sendiri. Jadi, kita perlu bertanggung jawab atas setiap keputusan pembelian atau penjualan yang berpengaruh terhadap neraca keuangan. Kita harus sadar setiap keputusan yang diambil akan berpengaruh terhadap rencana keuangan di masa yang akan datang. Misalnya, saat kita membeli apartemen saat ini akan berbeda hasilnya di masa mendatang dibandingkan dengan membeli mobil sekarang.

  1. Kontrol Pengeluaran

Kita hidup di zaman dimana manusia sangat konsumtif. Tantangan yang besar untuk mengendalikan pengeluaran pada zaman konsumtif sekarang tetapi kita wajib untuk belajar mengendalikan pengeluaran agar mengurangi secara minimal untuk melakukan pinjaman, baik itu pinjaman KTA atau Kredit Tanpa Agunan, maupun Kredit Dengan Agunan. Kebiasan  untuk mengatur pengeluaran sangat berpengaruh terhadap neraca keuangan. Oleh karena itu, kita perlu berpikir berulang kali sebelum menghabiskan uang. Pada awalnya, kita akan merasa cukup berat tetapi lama – lama akan terbiasa mengendalikan pengeluaran yang pada akhirnya berdampak positif pada mimpi kebebasan finansial. (Baca jugaMau Bisnis Startup dan Dapatkan Investor? Sambangi 5 Tempat Ini)

  1. Anggaran Itu Sangat Penting

Membuat anggaran dan menghabiskan sesuai anggaran sangat penting untuk mencapai kebebasan finansial di masa yang akan datang. Anggaran akan memberikan batasan dalam mengelola pendapatan dan mengontrol pengeluaran. Apabila ingin mengontrol neraca keuangan, maka anggaran adalah alat untuk mencapai tujuan.

  1. Bayarlah Diri Sendiri

Maksud dari pernyataan diatas adalah kita perlu menabung sebagian uang. Tujuan dari menabung disini adalah untuk membuat kita semakin kaya dan mencegah kita menjadi lebih miskin. Lebih baik menabung daripada sibuk membayar cicilan kartu kredit atau cicilan pinjaman lainnya.  Hanya dengan menabung sekarang, kita bisa berinvestasi di masa yang akan datang.

  1. Jangan Pernah Berutang

Utang adalah salah satu alasan kekhawatiran orang terhadap kegagalan neraca keuangan. Utang akan menggerogoti impian. Berusahalah untuk bebas dari utang dan berusahalah untuk berkomitmen untuk hidup tanpa utang. Bebas utang merupakan salah satu syarat apabila kita ingin mencapai kebebasan finansial.

  1. Sediakan Dana Darurat

Dana darurat disini artinya uang yang cukup digunakan untuk menjalani hidup selama 3 bulan. Tujuan dari dana darurat yaitu untuk memastikan kita tidak berhutang ketika suatu kejadian yang tidak diinginkan terjadi. Dengan adanya dana darurat, kita juga akan lebih tenang dalam menjalani hidup. Cara terbaik untuk menyediakan dana darurat adalah membuka sebuah rekening baru dan mulailah menabung untuk menyimpan dana darurat. (Baca jugaApa Itu Suku Bunga Kredit dan Pengaruhnya pada Pinjaman?)

  1. Jangan Berhenti Belajar

Kita perlu terus menambah pengetahuan baru dalam  industri keuangan dan bagaimana industri tersebut bekerja. Kita perlu menambah pengetahuan finansial sebanyak – banyaknya. Kita bisa mulai dengan mempelajari satu topik terlebih dahulu misalnya anggaran rumah tangga. Kita bisa terus mempelajari setiap topik keuangan sehingga  bisa semakin pintar dalam mengelola keuangan.

  1. Miliki Tujuan Keuangan

Apabila tidak membuat rencana keuangan yang jelas maka kita susah untuk mencapai kebebasan finansial. Apabila kita ingin mempunyai bisnis yang besar maka mulailah untuk membuat perusahaan sendiri. Selain itu, apabila kita ingin menjadi investor maka belajarlah untuk memilih kesempatan investasi yang tepat dan ambil kesempatan itu secepatnya.

Hanya dengan rencana keuangan yang jelas maka kita bisa mengenali kemampuan terbaik. Rencana keuangan juga bermanfaat untuk membuat kita termotivasi menjalani hidup dan menjalankan hidup sesuai apa yang diimpikan. (Baca jugaPeran Bank Kustodian dan Manajer Investasi dalam Reksadana)

  1. Network Marketing

Network marketing membutuhkan biaya yang kecil untuk memulainya berbeda dengan bisnis yang membutuhkan investasi yang besar. Kita perlu menginvestasikan banyak uang dan waktu untuk membuat bisnis baru. Kita bisa memulai dengan network marekting untuk melatih kemampuan bisnis dan dasar langkah untuk berpindah dari karyawan biasa menjadi pengusaha besar. Network marketing adalah salah satu cara untuk mencapai kebebasan finansial. Network marketing akan terus memberikan pendapatan meskipun kita sedang tidur atau berkeliling dunia.

10Sederhanakan hidup 

Dunia semakin rumit dari hari ke hari dengan berbagai desakan untuk mendapatkan uang sebanyak – banyaknya. Kebutuhan akan uang akan mengganggu hidup sehingga pada akhirnya kehilangan semangat dan jatuh dalam kemiskinan. Oleh karena itu, kita perlu menyederhanakan hidup dengan berpikirlah terbuka dan hilangkanlah berbagai hambatan dalam pikiran.

Kunci dari kebebasan finansial sangat mudah yaitu dengan mengubah pendapatan tetap kita menjadi pendapatan pasif atau pendapatan portofolio. Dengan prinsip ini, kita akan mudah untuk mencapai kebebasan finansial.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami