Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

10 Makanan Khas Nusantara yang Hanya Ada Saat Ramadhan

by JTO on 6 Juli, 2015

makanan tradisional

Saat Ramadan tiba, banyak pedagang dadakan yang menjajakan berbagai menu makanan khas bulan puasa yang dijual untuk berbuka. Biasanya mereka menjajakan es buah, kolak, kurma, asinan, atau manisan kolang kaling. Namun, Indonesia yang begitu kaya akan kuliner lezat juga kerap memiliki sajian khas saat bulan puasa.

Makanan-makanan tersebut hadir secara khusus di bulan penuh rahmat ini. Berikut adalah 10 makanan khas daerah yang hanya dapat ditemui saat Ramadan yang tersebar dari sejumlah wilayah di nusantara, beberapa diantaranya mungkin Anda pernah mencicipinya.

Es Timun Suri

Minuman berbahan dasar timun suri dan juga sirup ini bakal banyak Anda dijumpai jelang waktu berbuka puasa. Perpaduan antara kelembutan timun sari, manisnya sirup buah dan juga dinginnya es batu bakal menyegarkan dahaga setelah sehari penuh berpuasa.

Buah timun suri sendiri bukanlah jenis buah yang memiliki masa panen tertentu. Buah ini malah bisa panen setiap saat, namun karena tingginya permintaan akan buah yang kaya akan provitamin A dan vitamin C ini berada pada saat puasa, membuat timun suri menjadi buah yang hanya dapat ditemui kala Ramadan.

Mie Glosor

Bagi Anda yang belum pernah tinggal di wilayah Bogor dan sekitarnya, tentu belum pernah mendengar jenis makanan ini. Mie yang sekilas mirip dengan mie kuning ini menjadi santapan laris pada saat berbuka puasa di wilayah Bogor.

Meski begitu terdapat perbedaan kentara antara mie glosor dengan mie kuning. Jika mie kuning hanya menggunakan tepung terigu dan juga telur dalam proses pembuatannya, mie glosor menggunakan tepung sagu dan juga kunyit. Untuk dapat menikmatinya anda dapat menambahkan sambal kacang dan gorengan berupa bakwan ataupun tempe sebagai pendampingnya.

Sate Susu

Makanan yang berasal dari Bali ini juga baru akan ramai pada saat puasa saja. Meskipun kondisi Demografis Bali didominasi oleh pemeluk agama Hindu, bukan berarti ciri khas makanan pada saat Ramadan tidak ada, bagi Anda yang pernah berkunjung ke Pulau Dewata pada saat Ramadan tentlah pernah merasakan sate yang berbahan dasar daging susu sapi ini.

Khasiatnya yang dapat menambah stamina dan juga tenaga yang cukup menjadikannya makanan yang sangat pas untuk berbuka puasa.

Ketan Bintul

Makanan berbahan dasar ketan yang dulu disajikan hanya untuk para raja Banten ini sekarang menjadi makanan populer di bulan puasa. Ketan Bintul merupakan nasi ketan yang dihaluskan dan diberi topping serundeng.

Sebagai pendampingnya sering kali dijumpai gulai daging yang jika dipadukan bakal memperkuat cita rasa nasi ketan itu sendiri. jika Anda sedang berada diwlayah Serang, tidak ada salahnya berburu makanan ini untuk dapat mencicipi bagaimana nikmatnya masakan raja-raja dahulu.

Kicak

Yogyakarta memang terkenal dengan cita rasa makanan manis dan gurihnya. Selain gudeg yang sudah mendunia, di Yogyakarta juga terdapat makanan khas bernama Kinca. Dulunya makanan ini disajikan dengan bahan dasar parutan singkong yang dimasak dan dicampur dengan beragam bumbu.

Sekarang Kinca menggunakan bahan dasar beras ketan yang dicampur kelapa parut dan potongan buah nangka sebagai pelengkap. Rasa manis dan aroma wangi dari buah nangka akan menambah selera Anda ketika berbuka.

Pakat

jenis makanan yang berbahan dasar rotan muda ini merupakan makanan khas masyarakat Tapanuli. Selama bulan Ramadan, Anda akan dapat mudah menemuinya di sekitaran kota Medan yang disajikan bersama masakan lain untuk berbuka puasa.

Rotan yang dimaksud disini bukanlah rotan yang biasa digunakan untuk menganyam. Rotan yang lazim dikonsumsi masyarakat Tapanuli ini adalah rotan muda yang proses masaknya dibakar diatastunggu selama kurang lebih satu jam. Setelah masak, daging rotan dibubuhi santan untuk menambah kelezatannya.

Gulai Kakuwah

Di daerah Jakarta dan sekitarnya berbuka puasa dengan makanan berbahan dasar ikan merupakan hal yang tidak biasa. Namun berbda dengan di daerah Bengkulu, masyarakat di sana terbiasa berbuka puasa dengan menu berbahan dasar ikan tenggiri, gemolo atau kurau.

Ikan tersebut lalu diolah menjadi gulai ikan. Namun yang berbeda adalah gulai yang disajikan tidaklah berkuah seperti pada umumnya, melainkan disajikan “nyemek” alias sedikit kuah.

Bangka Kopyor

Makanan khas asal Gresik ini menjadi salah satu menu favorit saat berbuka puasa. Dengan memadukan bubur nangka dan kelapa kopyor yang disajikan dalam keadaan dingin bakal membuat buka puasa Anda menjadi lebih nikmat. Bagi Anda yang saat ini berada di wilayah Manyar tentu dapat merasakan segarnya panganan tersebut.

Harga yang dipatok untuk setiap menunya juga bervariasi mulai dari Rp3.000 hingga Rp5.000 per porsi. Dengan bahan dasar tepung terigu, buah kelapa, pisang, nangka, santan kelapa serta roti tawar membuatnya menjadi makanan bercita rasa tinggi namun murah.

Sotong Pangkong

Dari namanya sendiri Anda pasti sudah bisa menebak bahan dasar makanan khas Pontianak ini. Ya, dengan menyajikan sotong atau cumi sebagai bahan utamanya, makananan ringan ini in selalu menjadi buruan utama masyarakat Pontianak jelang berbuka puasa.

Proses pembuatannya sendiri cukup unik, yakni dengan memukul-mukul cumi kering yang sudah dibakar dengan palu agar menjadi lebih pipih. Meskipun tergolong sederhana, jangan meremehkan, rasa yang diberikan dari sotong ini sangatlah gurih, jadi dapat membangkitkan selera makan Anda.

Es Pisang Hijau

Makanan asal Makassar ini juga akan menjadi salah satu menu favorit berbuka puasa. Buah pisang  raja yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau ini sudah menjelma menjadi barang yang amat ditunggu para penikmat kuliner.

Perpaduan antara gurihnya bubur sumsum cair dan manisnya sirup dan juga pisang hijaunya membuat sensasi berbuka Anda menjadi lebih menarik.

Melihat banyaknya jenis makanan yang dapat laku terjual pada saat puasa, tidak ada salahnya Anda menjajal peruntungan untuk berbisnis di kala Ramadan. JIka Anda membutuhkan modal untuk berbisnis kecil-kecilan, Anda dapat mulai mengajukan formulir untuk mendapatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari beragam lembaga perbankan melalui CekAja.com. Melalui hal ini, tabungan anda tidak perlu tergerus untuk memulai bisnis dan yang pasti Anda dapat menemukan KTA yang memilki bunga paling menarik.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami