Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

10 Makanan Penenang Pikiran dan Hati Bermanfaat Lawan Stres

by Vera Khairifah on 20 November, 2019

Banyaknya aktivitas terkadang membuat kita stres dan terlalu memikirkan banyak hal di saat bersamaan. Kondisi ini bisa memicu berbagai penyakit dalam jangka waktu tertentu. Hilangkan stres yang kamu rasakan dengan makanan penenang pikiran dan hati berikut ini.

10 Makanan Penenang Pikiran dan Hati Bermanfaat Lawan Stres

1. Susu

Susu - 10 Makanan Penenang Pikiran dan Hati Bermanfaat Lawan Stres

Makanan penenang pikiran dan hati yang pertama adalah susu. Sumber protein mengandung zat asam amino triptofan yang membantu merelaksasi tubuh dan pikiran. Suasana hati akan semakin baik setelahnya, serta membuat tidur lebih nyenyak.

Agar efeknya lebih terasa cepat, disarankan mengonsumsi susu hangat sebelum tidur di malam hari.

2. Cokelat

Cokelat - 10 Makanan Penenang Pikiran dan Hati Bermanfaat Lawan Stres

Seperti yang kita ketahui, cokelat merupakan salah satu makanan penenang pikiran. Dengan mengonsumsi cokelat murni, mood akan terasa lebih baik karena mendorong hormon serotonin sebagai anti-depresi. Serta meningkatkan level endorfin sebagai pemberi rasa nyaman ke dalam otak.

3. Teh Hijau

Teh Hijau - 10 Makanan Penenang Pikiran dan Hati Bermanfaat Lawan Stres

Teh hijau mengandung asam amino theanine yang berfungsi menghilangkan rasa cemas. Kadar theanine pada teh hijau lebih tinggi jika dibandingkan dengan teh biasa.

Disarankan untuk meminum teh hijau enam hingga delapan cangkir sehari untuk merasakan manfaat dari makanan penenang pikiran ini.

4. Madu

Madu - 10 Makanan Penenang Pikiran dan Hati Bermanfaat Lawan Stres

Sama dengan susu, madu juga mengandung triptofan yang merelaksasi tubuh. Madu bisa kamu jadikan sebagai pengganti gula pasir untuk berbagai makanan dan minuman. Sebab rasa manis pada madu terbilang alami, dan tidak memberi efek buruk untuk kesehatan.

5. Es Krim

Es Krim - 10 Makanan Penenang Pikiran dan Hati Bermanfaat Lawan Stres

Ternyata, mengonsumsi makanan dingin seperti es krim menimbulkan efek rasa bahagia di otak. Peneliti membuktikan bahwa es krim adalah salah satu makanan penenang pikiran. Perasaan senang ini akan menghalau segala stres yang sebelumnya dirasakan, sehingga pikiran lebih tenang.

(Baca Juga: Cara Berhenti Merokok dan Meningkatkan Stamina yang Benar untuk Perokok Aktif)
6. Kacang Almond dan Kedelai

Kacang Almond dan Kedelai - 10 Makanan Penenang Pikiran dan Hati Bermanfaat Lawan Stres

Kedua kacang ini menjadi sumber protein nabati yang kaya vitamin. Selain itu, vitamin, B, magnesium dan kalsium membuat almond dan kedelai menghilangkan stres di dalam tubuh dan pikiran. Kadar lemak yang rendah juga membuatnya cocok dijadikan sebagai cemilan.

7. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau - 10 Makanan Penenang Pikiran dan Hati Bermanfaat Lawan Stres

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, bayam dan asparagus sangat baik untuk menenangkan pikiran. Sebab, terdapat kandungan asam folat dan antioksidan, vitamin B yang bisa meredakan stres, sindrom panik, rasa gelisah hingga depresi.

8. Buah-buahan

Buah-buahan - 10 Makanan Penenang Pikiran dan Hati Bermanfaat Lawan Stres

Buah-buahan memang dikenal kaya akan vitamin baik. Namun, beberapa di antaranya juga mampu menangkal radikal bebas yang membuat pikiran tak tenang.

Coba lah untuk mengonsumsi kelapa (baik daging buah maupun airnya), jeruk, alpukat dan pisang. Kandungan serat, antioksidan, lemak tak jenuh, potasium dan sensasi rasa segar membantumu menghilangkan stres.

9. Ikan Tuna dan Salmon

Ikan Tuna dan Salmon - 10 Makanan Penenang Pikiran dan Hati Bermanfaat Lawan Stres

Ikan tuna dan salmon memiliki omega 3 yang mengurangi inflamasi dan memperlancar aliran darah. Hal ini baik untuk mencegah terjadinya stres kronis. Makanan penenang pikiran ini sebaiknya dikonsumsi tiga kali dalam seminggu.

10. Gandum

Gandum - 10 Makanan Penenang Pikiran dan Hati Bermanfaat Lawan Stres

Gandum sebagai kelompok biji-bijian dengan karbohidrat kompleks ternyata juga masuk ke dalam makanan penenang pikiran dan hati. Buktinya, gandum mampu meningkatkan produksi serotonin di dalam otak. Tak hanya itu, gandum juga menstabilkan tekanan darah.

Sajian Makanan Penenang Pikiran

Dari kesepuluh makanan penenang pikiran dan hati ini, kamu bisa mengombinasikannya menjadi sajian makanan enak berikut:

  • Smoothie bowl, yang terdiri dari campuran susu dengan buah-buahan yang dihaluskan. Kemudian diberi topping buah potong, biji gandum atau granola.
  • Sereal, yakni sereal gandum rasa cokelat yang bisa dikonsumsi dengan susu hangat.
  • Green tea ice cream, yakni es krim rasa the hijau yang kini banyak dijual di berbagai kafe dan restoran.
  • Salad, potongan banyak sayuran hijau dengan topping atau bumbu.
  • Roti gandum dengan selai madu.
  • Jus buah dingin.
Konsumsi di Pagi Hari

Menurut ahli gizi dari Amerika Serikat Anthony William, makanan penuh nutrisi lebih baik dikonsumsi di pagi hari. Tepatnya saat kondisi perut masih kosong. Ini karena tubuh menerima nutrisi lebih optimal serta mencernanya lebih baik saat pagi hari. Jadi, pastikan kamu tidak salah memilih waktu, ya.

Lindungi kesehatan jiwamu dengan berbagai pilihan asuransi yang bisa diajukan secara mudah melalui CekAja sekarang juga.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast